Ketika berbicara mengenai menu sarapan di seluruh dunia, ada banyak cara untuk menikmati makanan pertama saat memulai hari. Dari minyak hati ikan Kod yang kaya akan Omega-3 di Islandia, Churros di Spanyol hingga roti jagung di Brasil, 15 menu sarapan internasional ini menawarkan pilihan yang berbeda untuk setiap selera. Lalu seperti apa menu sarapan di 15 negara ini? Simak selanjutnya disini.

Portugal

PASTeis de nata.jpg 

Minuman kopi dan susu adalah pilihan utama saat sarapan di Portugal. Uma mei de leite, campuran dari setengah kopi dan setengah susu, atau um galao, segelas kopi dengan banyak susu, adalah sesuatu yang tepat untuk memulai harimu.

Meskipun kebanyakkan orang Portugis memilih roti bakar atau roti sederhana di samping minuman mereka, pasangan yang pas saat menikmati segelas kopi adalah pasteis de nata, atau puff pastry dengan isian custard yang creamy. Camilan ini juga sangat digemari saat menikmati kopi di kafe pada pagi hari.

Islandia

Lysi iceland.jpg

Mulailah harimu dengan Lysi, minyak hati ikan kod dengan sumber asam lemak omega-3 yang berlimpah dan salah satu produk dari industri ikan di negara tersebut. Meskipun dipercaya ampuh untuk memerangi gangguan afektif musiman, di antara manfaat kesehatan lainnya, Lysi bukanlah satu-satunya pilihan sarapan di Islandia. Untuk hidangan pagi hari yang lebih lezat, nikmati semangkuk hafragrautur, oatmeal kental dengan topping kacang, kismis dan gula. Jangan lupa tambahkan skyr, produk susu kental seperti yogurt yang sebenarnya merupakan keju segar.

Mesir

Ful medames .jpg

Mesir memiliki menu sarapan yang cukup unik, yaitu Ful Medames. Makanan ini dibuat dari kacang fava rebus yang ditumbuk dengan berbagai macam rempah dan perasan jeruk lemon. Untuk menambah protein, telur rebus dan sayuran biasanya ditambahkan sebagai toping saat menikmati hidangan lezat dari benua Afrika ini.

Mexico

MEXICO.jpg

Masyarakat Meksiko pun bisa membuat keripik yang biasa dimakan sebagai kudapan, menjadi menu makan pagi yang sehat dalam Chilaquiles. Semangkuk keripik tortilla yang dimasak dengan saus, kemudian di atasnya ditambahkan keju, bawang bombay, dan telur. Jangan lupa untuk tambahkan kacang-kacangan dan irisan daging agar Cilaquiles-mu lebih nikmat dan bergizi.

Maroko

MAROKO.jpg

Selain teh mint, roti semolina selalu menjadi andalan orang Maroko saat menikmati hidangan sarapan di pagi hari. Baghrir adalah adonan bundar yang terbuat dari ragi yang tipis dan bertabur lubang kecil sehingga dinamakan “Panekuk seribu lubang” atau “crepes seribu lubang.” Selain sirup maple, roti semolina ini biasanya dinikmati dengan mentega dan madu.

Jepang

Japan.jpg

Jepang dikenal sebagai negara dengan ragam makanan unik dengan bahan yang alami. Sehingga masyarakat Jepang terus menjaga kesehatannya mulai dari sarapan yang biasa mereka konsumsi, yaitu sepiring nasi dengan sup miso. Selain itu, mereka juga menambahkan ikan panggang, telur, hingga natto (kacang kedelai yang difermentasi).

Jamaika

Jamaika.jpg

Mungkin perpaduan antara buah dan ikan tidak terlalu umum bagi orang Indonesia. Namun, hal inilah yang menjadi sarapan favorit masyarakat Jamaika hingga saat ini. Ackee and Saltfish merupakan tumisan dari Ackee, buah sejenis leci yang awalnya berasal dari Afrika Barat, ikan kod asin, dan rempah-rempah. Rasanya yang manis dan asin juga perlu ditambahkan sepiring nasi agar semakin lezat.

Israel

Israel.jpg

Israel yang berada di antara benua Asia dan Afrika ini memiliki menu sarapan yang terkenal di dunia, yaitu Shaksuka. Makanan penuh rempah ini terbuat dari telur yang direbus bersama tomat, bawang, dan bumbu lainnya sehingga rasanya cukup tajam. Jangan lupa untuk mengonsumsi roti pita untuk menambah karbohidrat dalam menu sarapanmu.

Pakistan

Pakistan.jpg

Aloo Paratha adalah pilihan utama ketika hendak sarapan di Pakistan. Hampir mirip dengan India, masyarakat Pakistan gemar menikmati roti sebelum memulai hari. Aloo Paratha terbuat dari adonan lembut yang diisi dengan kentang, kemudian dipanggang di wajan panas bersama mentega atau ghee. Mentega dan beragam jenis saus untuk celupan semakin menambah kenikmatan dari roti ini. Untuk menambah protein, kamu juga bisa menambahkan telur goreng saat menyantapnya.

Brasil

Brazil.jpg

Bagi kamu pecinta keju, makanan khas Brasil, pao de queijo atau gulungan keju panggang ini bisa menjadi pilihan menu sarapan favoritmu. Selain itu, menu makanan khas lainnya adalah bolo de fuba, kue roti jagung dengan tekstur lembut yang didapat dari keju Parmesan parut atau parutan kelapa. Bolo de fuba biasanya juga dihidangkan saat afternoon tea di sore hari.

Singapura

KAYA TOAST.jpg

Negeri Singa di barat laut Indonesia ini memiliki roti panggang yang nikmat untuk dinikmati sebelum bekerja, yaitu Kaya Toast. Roti panggang yang diolesi dengan selai srikaya dan di dalamnya diisi parutan kelapa, telur, serta daun pandan menciptakan rasa yang manis juga gurih. Karena mudah dibawa, Kaya Toast juga bisa menjadi bekal saat hendak berkeliling-keliling kota Singapura di pagi hari. Selain itu, Kaya Toast juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati teh atau kopimu di pagi hari.

Spanyol

Churros.jpg

Siapa yang tak kenal dengan Churros? Adonan donat goreng yang berbentuk seperti pipa ini sudah menjadi salah satu kudapan yang dipilih masyarakat Indonesia pada saat senggang. Namun di negara asalnya, Spanyol, Churros juga dijadikan menu sarapan, tak lupa ditambah pula saus cokelat hangat untuk dicelup.

Etiopia

ETIOPIA.jpg

Selain Indonesia, bubur masih menjadi pilihan utama masyarakat di beberapa negara, salah satunya adalah Etiopia. Negara yang terletak di benua Afrika ini mempunyai Ganfo, bubur yang terbuat dari gandum dan di atasnya ditambahkan niter kibbeh (mentega yang dicampur dengan bumbu) serta beberapa sendok yogurt.

Turki

Turkish.jpg

Turki memang tidak memiliki menu sarapan khusus seperti negara-negara lainnya. Namun beragam jenis makanan yang ditaruh dalam mangkuk-mangkuk kecil membuat Turki menjadi salah satu negara yang cocok masuk dalam daftar ini. Anda akan menemukan berbagai jenis keju, buah, zaitun, hingga roti tradisional seperti simit (roti bundar yang ditaburi dengan wijen) ketika makan pagi di negara ini.

Amerika Serikat

American Bfast.jpg

Amerika Serikat merupakan negara yang multikultural sehingga Anda bisa menemukan sarapan dengan berbagai jenis di penjuru negeri Paman Sam ini. Namun, makanan yang paling umum dihidangkan pada saat makan pagi adalah American Breakfast, yaitu sepiring telur (orak-arik hingga rebus), daging (bacon atau sosis), roti panggang dengan selai, hash brown, panekuk, dan sereal. Jangan lupa secangkir kopi hangat untuk semakin menambah energi sepanjang hari. Selain Amerikan Breakfast, kamu juga bisa menikmati sepiring waffle atau panekuk yang lezat dengan sentuhan manis dari sirup maple dan melted butter atau mentega yang dicairkan.

Baca juga: 6 Breakfast Ingredients That’ll Give You The Best Start To Your Day