Tanpa judul.jpgFoto.Dok:Netflix.com

Tahun 2022 ini penuh dengan film dokumenter berkualitas yang bisa disaksikan di layanan streaming berbasis langganan. Dari dokumenter yang mengangkat perjuangan Britney Spears membebaskan dirinya, hingga penyingkapan hubungan Ghislaine Maxwell dengan kekasihnya si predator, Jeffrey Epstein. Cek daftar di bawah ini, apa ada yang belum namun perlu kamu tonton segera?

1/5 Our Father, Netflix

1. Our Father.jpegFoto.Dok:Netflix.com

Berawal dari rasa penasaran karena tidak memiliki kemiripan fisik dengan ibu kandungnya, Jacoba Ballard mengikuti serangkaian tes DNA yang justru membuka fakta mengejutkan. Ia diketahui memiliki saudara sedarah yang tak dikenalnya hingga tujuh orang, atau bahkan lebih. Setelah ditelusuri, mereka semua berasal dari klinik kesuburan yang sama, yang dipimpin oleh dokter yang notabene memiliki ‘gangguan kejiwaan’ Dr. Donald Cline.


2/5 Britney Vs Spears, Netflix 

2. Britney VS Spears.jpegFoto.Dok: netflix.com

Lebih dari 13 tahun Britney Spears berada dalam kehidupan konservatori di mana sebagian besar haknya diatur oleh ayahnya, James P. Spears. Jangan pikir itu menyenangkan, Britney harus mendapatkan izin langsung dari ayahnya untuk sekedar bekerja, meninggalkan rumah, atau bahkan untuk memakai uangnya sendiri. Lewat dokumenter ini, kita diajak untuk melihat seberapa jauh ia dirugikan dan bagaimana perjuangannya hingga lepas dari belenggu tersebut.

 
3/5 The Mystery of Marilyn Monroe: The Unheard Tapes, Netflix

Tanpa judul-.jpgFoto.Dok: netflix.com

Bintang film ikonis ini memang telah lama tiada, namun kasus kematiannya masih memunculkan rasa penasaran banyak pihak. Beberapa meyakini bahwa Monroe hidup dengan banyak rahasia besar, kebohongan, serta konspirasi, dan bisa jadi inilah penyebab kematiannya. Kini salah satu jalan untuk menelusurinya kembali adalah lewat rekaman hasil wawancara dengan orang-orang terdekatnya.


4/5 Semangat Pemuda Indonesia, Mola

4. Semangat Pemuda Indonesia.jpegFoto.Dok: Mola.tv

Meski kemerdekaan Indonesia telah diproklamasikan pada 1945, faktanya kebebasan penuh baru bisa didapatkan pada 1949. Berlatar masa perjuangan tersebut, dokumenter ini menceritakan kembali peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Dalam film ini kita juga akan mendengar sejarah pendirian AKABRI di Yogyakarta langsung dari sudut pandang taruna AKABRI pertama, Prof. Dr. Subroto.


5/5 Ghislaine Partner in Crime

5. Ghislaine; Partner in Crime.jpgFoto.Dok: amazon.com

Punya hubungan erat dengan Jeffrey Epstein, nama Ghislaine Maxwell ikut diselidiki ketika kekasihnya itu didakwa atas kejahatan perdagangan seks yang menyangkut banyak gadis di bawah umur. Anehnya meski para korban kompak menyatakan bahwa Maxwell punya peran besar dalam kejahatan Epstein, ia tetap mengaku tak bersalah. Lewat dokumenter ini, hubungan yang mereka jalin selama 10 tahun dan menelan banyak korban itu akan diungkap kepada publik. Dari lima rekomendasi kami, yang mana kira-kira yang akan kamu tonton weekend ini?