Ajang film festival bergengsi, Toronto International Film Festival kini memasuki usianya yang ke 45 tahun. Meski diadakan secara sederhana, tahun ini nominasi didominiasi oleh berbagai karya film arahan sutradara wanita. Berikut 5 film yang wajib masuk ke dalam daftar tontonanmu.

1/5 One Night in Miami

Tayang perdana pada 7 September 2020 pada Festival Film Venice, “One Night in Miami” merupakan karya debut aktris peraih Academy Award, Regina King. Dengan latar lokasi yang sederhana, film ini menceritakan tentang 4 karakter, Muhammad Ali, Jim Brown, Sam Cooke dan Malcolm X yang berkumpul bersama untuk membahas peran mereka dalam gerakan Hak-Hak sipil dan pergolakan budaya tahun 1960-an.

2/5 Nomadland

 

Disutradari oleh Chloe Zhao, film “Nomadland” berhasil meraih penghargaan “Golden Lion” sebagai film terbaik di Festival Film Venice 2020. Dibintangi oleh pemenang Oscar, Frances McDormand, film ini menceritakan tentang seorang janda yang hidup sebagai pengembara setelah krisis 2008. Tidak hanya itu saja, Chloe Zhao juga dikenal sebagai sutradara film terbaru Marvel berjudul “Eternals.”

3/5 An Old Lady

Sesuai dengan judulnya, film Korea “An Old Lady” mengisahkan tentang seorang wanita lansia yang berusia 69 tahun. Ia merupakan pasien rawat inap di sebuah rumah sakit setelah melakukan operasi untuk penyakit yang dideritanya. Hidupnya berubah ketika ada seorang perawat pria berusia sekitar 20 tahun memperkosanya. Film yang ditulis dan disutradari oleh lim Sun Ae ini juga disebut sebagai salah satu film Korea yang wajib ditonton bagi para pecinta film Korea.

4/5 Beans

 

 

5/5 Lift Like A Girl

Film dokumenter arahan Mayye Zayed “Lift Like A Girl” menyoroti dunia angkat besi wanita di Alexandria, Mesir, dan cobaan serta kesengsaraan yang dihadapi oleh satu tim dalam upaya mereka untuk sukses. Film ini juga menghighlight segala tantangan yang dihadapi perempuan untuk bersaing di tingkat tertinggi, terutama di negara-negara di mana mereka masih menghadapi ketidaksetaraan gender dan ekonomi.