Festival film Europe on Screen kembali lagi tahun ini! Seperti tahun-tahun sebelumnya, festival tahunan ini menghadirkan sebanyak 101 film yang akan ditayangkan di 8 kota mulai dari  Jakarta (18-30 April), Bekasi (19-28 April), Tangerang (20-25, 27-29 April), Bandung (24-29 April), Medan (22-28 April), Denpasar (26-27 April), Yogyakarta (22-27 April) hingga Surabaya (19-29 April). Dengan banyaknya pilihan film yang menarik, memilih salah satu mungkin akan menjadi hal yang cukup sulit. Nah, berikut rekomendasi kami mengenai 5 film yang wajib kamu tonton di Europe on Screen tahun ini. 

1. Cold War (Zimna Wojna – Polandia)

Film romansa yang berjudul Cold War ini menceritakan kisah cinta antara Wiktor (Thomaz Kot), seorang pianis dan komposer di Polandia dan Zula (Joanna Kulig), seorang penyanyi muda dimana keduanya memiliki latar belakang dan watak yang berbeda. Film ini menunjukkan sulitnya tinggal di negara komunis Polandia dan kekecewaan kedua kekasih dengan kebebasan Barat.

Film yang disutradarai oleh Pawel Pawlikowski ini pernah dinominasikan pada beberapa kategori di 91st Academy Awards, lalu memenangi Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Penulis Skenario Terbaik di 2018 European Film Awards dan memenangi Sutradara Terbaik di 2018 Cannes Film FestivalCold War akan tayang pada 26 April pukul 19.30 di GoetheHaus.

2. The Guilty (Den Skyldige – Denmark)

Film thriller asal Denmark ini dijamin membuatmu lupa untuk bernafas. Film ini menceritakan tentang seorang polisi yang diturunkan pangkatnya menjadi penerima telepon gawat darurat. Pekerjaan yang membosankan ini menjadi menegangkan saat Asger Holm mendapat telepon dari wanita yang sedang diculik. Ia kemudian sadar bahwa ia sedang berurusan dengan kejahatan yang lebih besar.

Film The Guilty akan menjadi film pembuka dari Europe on Screen. Film ini memenangi beberapa penghargaan di 2018 Sundance Film Festival, 2018 Rotterdam International Film Festival dan 2018 Valladolid International Film FestivalThe Guilty akan tayang pada 22 dan 27 April pukul 19.30 di IFI Jakarta.

3. Another Day of Life (Polandia)

Film biografi yang menggunakan animasi ini menceritakan tentang cerita kehidupan Ryszard Kapuscinski, jurnalis legendaris dari Polish Press Agency. Di antara cerita-cerita petualangan yang mematikannya, Kapuscinski pernah meyakinkan atasannya untuk mengirim dia untuk melakukan liputan di Angola dimana perang saudara baru terjadi.

Film ini dinominasikan sebagai Golden Eye Prize di 2018 Cannes Film Festival, memenangi penghargaan Film Animasi Terbaik Eropa di 2018 European Film Awards dan penghargaan Film Animasi Terbaik di 2019 Goya Awards.

Film Another Day of Life akan tayang pada 25 April pukul 17.00 di GoetheHaus dan 27 April pukul 14.30 di Kineforum.

4. The Happy Prince (Jerman)

Film biografi tentang Oscar Wilde ini akan mengajakmu melihat gambaran London pada abad ke-17. Menceritakan tentang masa-masa akhir kehidupan Wilde dimana ia mengingat-ingat kembali masa lalunya, dimulai dari dimana ia menjadi salah satu penulis naskah terkenal di London hingga masa-masa dimana ia dikucilkan dan diasingkan karena perilaku yang tidak senonohnya.

Film ini adalah debut dari sutradara Rupert Everett yang sekaligus ia bintangi sebagai Oscar Wilde. The Happy Prince mendapat nominasi sebagai Film Terbaik di 2018 Berlin International Film Festival, memenangi penghargaan Kostum Terbaik di 2018 Premio Berenice dan mendapat beberapa nominasi di 2019 London Critics Circle Film Awards.

Film The Happy Prince akan tayang pada 27 April pukul 17.00 di GoetheHaus.

5. Champions (Campeones – Spain)

Film Champions menceritakan tentang seorang pelatih basket arogan yang dipecat dan ditahan karena mengemudi sambil mabuk dan dihukum dengan melakukan 90 hari pelayanan masyarakat. Tugas baru untuk sang pelatih adalah ia harus melatih tim basket khusus disabilitas yang bernama Los Amigos. Disaat yang bersamaan, sang pelatih sedang berusaha memperbaiki rumah tangganya yang mulai gagal.

Film ini mendapat nominasi untuk Cine Latino Award dan Film Berbahasa Asing Terbaik di 2019 Palm Springs International Film Festival. Film ini juga memenangi beberapa nominasi di 2018 Seattle International Film Festival dan meraih penghargaan Film Terbaik di 2019 Goya Awards.

Film Champions akan tayang pada 28 April pukul 17.00 di Erasmus Huis Auditorium.

Baca juga: 5 Kartini Dalam Dunia Startup Indonesia