Museum merupakan salah satu daftar tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh setiap orang ketika sedang melakukan perjalanan berlibur. Bagi kamu pecinta seni, pastikan untuk mengunjungi 8 museum terbaik di dunia ini dan nikmati berbagai program seni yang dapat menambah wawasanmu. 

Museum of Modern Art (MoMA)

Berlokasi di kota yang tidak pernah tidur, New York, Metropolitan Museum of Art atau MoMA pastinya sudah tidak asing lagi didengar. Sebagai tempat dimana  Met Gala diselenggarakan, MoMa menghadirkan karya seni modern kontemporer dari sejumlah seniman yang dikurasi secara eksklusif. Dicetuskan pertama kali pada tahun 1928 oleh Abby Aldrich Rockefeller dan dua temannya, Lilie P. Bliss dan Mrs Cornelius J. Sullivan, museum yang namanya sudah melegendaris ini dianggap sebagai salah satu museum seni modern paling populer di dunia. Tidak hanya itu saja, perpustakaannya juga memiliki lebih dari 300.000 buku dan majalah yang berisikan sejarah mengenai seni modern dan kontemporer, serta berkas individual lebih dari 70.000 seniman.

Musee d’Orsay

Musee d'Orsay adalah sebuah museum yang berlokasi di Paris, tepatnya di tepi sungai Seine di arrondissement VII. Museum yang berdiri pada tahun 1898 ini menyimpan karya seni Prancis dari tahun 1848 hingga 1914 seperti lukisan, patung, mebel, objects d'art (barang seni) dan fotografi. Di museum ini, pengunjung dapat mengeksplorasi berbagai tipe karya seni, mulai dari lukisan, furnitur hingga koleksi seni berharga lainnya. 

National Gallery of Art

National Gallery of Art adalah sebuah museum seni nasional yang berada di kota Washington DC.  Museum ini didirikan oleh pihak swasta pada 1937 bagi rakyat Amerika melalui sebuah resolusi bersama Kongres Amerika Serikat, serta dibuka untuk umum dan bebas dari biaya masuk. Mulai dari koleksi lukisan, gambar, cetakan, foto, patung, medali dan seni ditampilkan di museum ini.  Tidak hanya itu saja, para pengunjug museum ini direkomendasikan untuk mengeksplor keunikan Sculpture Garden yang menjadi  keunggulan dari National Gallery of Art dari museum lain.

The British Museum

The British Museum adalah museum seni yang berada di London dan juga merupakan salah satu yang terbesar dalam sejarah museum dunia. Museum yang didirikan pada tahun 1753 ini  memiliki koleksi permanen berjumlah lebih dari 8 juta benda, yang merupakan salah satu koleksi dengan jumlah terbesar dan terlengkap di dunia serta berasal dari seluruh dunia. The British Museum ini memiliki bangunan yang megah dengan dominasi warna putih merupakan indentitas bagi museum kebanggaan para warga Britania Raya.

Museum Acropolis

Museum Acropolis ini berada di kota Athena, Yunani. Museum ini merupakan salah satu museum yang paling unik di dunia. Di sini, pengunjung akan dibawa masuk ke dalam sejarah Yunani. Museum Acropolis ini  juga merupakan situs arkeologis atau peninggalanan bangunan bersejarah di Yunani.

San Fransisco Museum of Modern Art/ SFMOMA 

Dibuka kembali dengan konsep yang baru pada 2016, San Fransisco Museum of Modern Art merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Terletak tidak jauh dari Union Square, SFMOMA memiliki tujuh lantai yang dipenuhi dengan karya seni kelas dunia yang menkjubkan. Tidak hanya bangunannya, museum ini juga dilengkapi dengan pemandangan kota San Fransisco yang indah serta taman hijau yang luas. Museum ini juga menawarkan beberapa program kesenian seperti Artists + Artworks dimana para pengunjung dapat mengenal seniman dibalik karya-karya yang mereka lihat di museum ini. 

Museum Vatican

Berlokasi di tengah megahnya kota Vatikan, setiap sudut arsitektur dari museum ini menyimpan kisah dan sejarah yang menarik untuk ditelisik. Selain maha karya seni yang sarat akan religi, museum ini juga menyimpan karya patung pahatan hasil penginggalan budaya Roma. Dengan koridor sepanjang 5 mil, kompleks museum yang luas ini mencatat sejarah dan pencapaian umat manusia selama 2000 tahun terakhir, mampilkan karya-karya klasik seperti patung karya Auguste Rodin "Thinker" dan lukisan atap karya Michelangelo Sistine Chapel. 

The Art Institute of Chicago 

Didirikan pada tahun 1879, Institut Seni Chicago adalah salah satu museum seni tertua dan terbesar di Amerika Serikat. Dikenal dengan kuratorial seninya dan  popularitasnta di kalangan pengunjung, museum ini menampung lebih dari 1 juta pengunjung setiap tahunnya. Koleksinya, yang dikelola oleh 11 departemen kuratorial, adalah ensiklopedi dan karya-karya ikonik seperti A Sunday karya Georges Seurat di La Grande Jatte, The Old Guitarist, Old Hopist karya Edward Hopper, dan Nighthawks milik Edward Wood, dan Grant Wood's American Gothic. Pengunjung dapat menikmati hampir 300,000 koleksi permanen dari museum ini ditambah dengan lebih dari 30 pameran setiap tahunya.

Baca juga: 10 Luxurious Glamping Sites Around The World 

Tags: Dunia, Musemu, Terbaik