Pemadaman listrik yang terjadi di Ibukota Jakarta dan seluruh wilayah pulau Jawa lainnya menggemparkan ratusan juta penduduk. Namun, ternyata pemadaman listrik besar-besaran ini tidak hanya pernah terjadi di Indonesia saja. Beberapa Negara berikut juga pernah mengalami pemadaman listrik yang mengalami dampak yang sama parahnya dengan Indonesia. Berikut lima Negara di dunia yang pernah mengalami pemadaman listrik skala besar.

Venezuela

AP_19067064440840-1000x667.jpgPhoto Doc. WBUR

Negara yang terkenal sebagai pencetak Miss World terbanyak ini telah mengalami dua kali pemadaman listrik di tahun 2019. Pemadaman pertama tahun ini terjadi pada bulan Maret yang membuat jutaan penduduk di 23 negara bagian tidak mendapat akses untuk air dan telekomunikasi. Pemadaman kembali terjadi di bulan Juli, dimana seluruh Negara Venezuela, termasuk ibukota Caracas, mengalami pemadaman listrik yang menghambat keseharian penduduk Venezuela, terutama di bidang ekonomi. Menteri Informasi Venezuela Jorge Rodriguez menyatakan bahwa pemadaman ini disebabkan oleh “serangan elektromagnetik” akibat sabotase dari pihak yang tidak pernah diketahui info dan keberadaannya.

Argentina dan Uruguay 

e44f401fd4cbe86994cd9875ed277b8d62340729.jpgPhoto Doc. Rekodnorth

Akibat kesalahan pada jaringan listrik antar-negara yang gagal terhubung, pemadaman listrik menghantui dua Negara sekaligus, yaitu Argentina dan Uruguay. Lebih parah lagi, kejadian ini bertepatan dengan pemilihan gubernur di Argentina, sehingga para penduduk terpaksa harus mengandalkan cahaya telepon seluler untuk memilih. Pemadaman di bulan Juli 2019 juga menyebabkan kereta-kereta terhambat dan sinyal lalu lintas bermasalah.

Pakistan

karachi-loadshedding-file-6701.jpgPhoto Doc. DND

Penduduk  Negara kaya budaya ini paling sering mengalami pemadaman listrik setiap tahunnya. Namun, di tahun ini, jika Negara lain mengalami pemadaman listrik karena masalah teknis, maka pemadaman listrik di Pakistan memiliki penyebab lain yang akan lebih sulit untuk diterima. Hutang negara sebesar 10 miliar dollar AS yang belum terbayar dan kerusakan transmisi serta infrastruktur lainnya menyebabkan pemadaman listrik di Pakistan yang juga menderita defisit dan perlambatan ekonomi. Akibatnya, 207 juta penduduk dan segala bisnisnya terkena dampak dari kegagalan pengelolaan energi ini.

Bangladesh

360657794.jpgPhoto Doc. WUWM

Pemadaman listrik selama 10 jam dialami oleh kurang lebih 100 juta penduduk Bangladesh di tahun 2014 lalu. Bangladesh yang masih bergantung pada India perihal pasokan daya listrik terpaksa mengalami pemadaman listrik akibat kerusakan jaringan listrik di India. Kejadian ini membuat seluruh pembangkit listrik mati dan mengakibatkan berhentinya aktifitas produksi industri, dan mengganggu aktifitas rumah sakit, bandara, serta lokasi komersiil lainnya. Para penghuni rumah juga terpaksa hidup dalam gelap karena ketidaktersediaan listrik di setiap rumah penduduk.

Indonesia

image.jpg

Photo Doc. CTVNews

Indonesia, tepatnya DKI Jakarta dan seluruh wilayah di pulau Jawa, mengalami setidaknya 10 jam pemadaman listrik pada akhir pekan lalu. Selama 10 jam tersebut, ratusan juta penduduk pulau Jawa harus mengalami hambatan yang menggemaskan di bidang transportasi dan komunikasi. Selain MRT dan KRL yang terhenti di tengah perjalanannya, setidaknya tiga provider telekomunikasi besar yang banyak digunakan penduduk mengalami gangguan pada jaringan internet dan telepon. Direktur Utama PLN Sripeni Intan Cahyani menyatakan bahwa pemadaman listrik diakibatkan karena gangguan jalur transmisi di Jawa Tengah yang mengakibatkan kegagalan pemasokan energi dari timur ke barat Jawa. Pihak PLN juga memohon maaf atas peristiwa yang digadang-gadang sebagai pemadaman listrik terparah sejak tahun 2005 lalu.

Baca juga: Visas Eased For Indonesians