Soc.jpgFoto dok: pcmag.com

Dalam kurun satu minggu belakangan ini, sebuah aplikasi bernama Clubhouse menjadi trending di media sosial. Dikembangkan oleh pengusaha Sillicon Valley, Paul Davidson dan mantan pegawai Google, Sothan Seth, aplikasi berbasis obrolan audio (audio chat) ini menampilkan fitur obrolan audio khusus undangan yang bisa menghubungkan satu dan yang lainnya untuk melakukan percakapan mengenai berbagai topik.

Meski sudah diluncurukan sejak 2020, aplikasi ini baru mendapatkan ketenarannya setelah CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk mempopulerkannya. Lalu fitur apa saja yang ditawarkan dan mengapa aplikasi ini akan menjadi platform media sosial yang besar? Berikut ulasannya.

1/5 Platform untuk membangun network

Bagi kamu yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap berbagai isu-isu terkini dan belajar sesuatu hal yang baru, aplikasi ini dapat mempertemukanmu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Dalam aplikasi ini kamu dapat menggunakan berbagai layanan untuk bertemu teman baru dan membangun network.

Saat bergabung, pengguna harus memilih topik menarik mulai dari teknologi, bisnis, kesehatan, hingga buku. Semakin banyak informasi yang kamu berikan semakin besar peluangmu untuk bergabung dalam ruang percakapan. Namun sayangnya aplikasi ini belum tersedia untuk Android.

2/5 Mendengar percakapan diskusi dan wawancara dari berbagai profesional di berbagai bidang  

Dilansir dari media asing, pengguna Clubhouse dapat mendengarkan percakapan diskusi dan wawancara menarik dari berbagai profesional di berbagai bidang. Dalam aplikasi ini kamu juga akan mendengar percakapan seperti podcast live atau seperti mendengar percakapan di telepon. Setelah diskusi selesai, ruangan pun akan ditutup.

Perlu diingat bahwa Clubhouse hanya untuk undangan. Pengguna baru tidak akan dapat mengunduhnya dari App store dan membuat akun. Untuk bergabung, kamu harus diundang untuk bergabung dengan anggota lain yang sudah terdaftar dalam aplikasi.

3/5 Kamu tidak perlu menyalakan kamera

Seperti yang kita ketahui, salah satu hal yang kurang disukai saat bergabung pada konferensi zoom atau webinar adalah menyalakan video. Dalam aplikasi ini, kamu tidak perlu khawatir karena kamu dapat dengan mudah bergabung dalam ruang conversation dan mendengarkan percakapan. Itu artinya, kamu dapat mendengarkan di mana saja dan kapan saja.

4/5 Kamu dapat menguji ide kreatifmu di sini

Apakah kamu memiliki ide kreatif untuk diwujudkan? Aplikasi ini akan memberikan peluang besar untuk konten crowdsource. Selain itu, kamu dapat mengeksplorasi berbagai topik atau ide serta mengekspresikan dirimu di area baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Aplikasi ini juga akan menjadi ruang yang sangat bagus untuk menguji berbagai ide baru dan mendapatkan feedback dari orang-orang secara langsung.

5/5 Kamu akan mendapatkan berita dan tren terkini di berbagai industri

Clubhouse is social listening. Yes, you heard us right! Dalam aplikasi ini kamu dapat mengikuti berbagai orang-orang berpengaruh dari berbagai industri di berbagai bidang. Tidak hanya itu, kamu bisa menjadi salah satu dari beberapa orang pertama yang mendapatkan informasi serta tren terkini di berbagai industri. Hal ini tentunya sangat berguna untuk mengasah kemampuanmu dalam membangun jaringan bisnis.