Pada Hari raya Nyepi, memang tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan diluar rumah. Sebagai gantinya, umat yang merayakan akan bermeditasi, merenungkan kehidupan dan memperkuat iman. Selain tidak melakukan aktivitas sehari-hari, umat hindu juga dilarang menyalakan lampu atau api, berpergian dan bersenang-senang.

Tidak dianjurkan untuk keluar rumah, bagi umat lain yang tidak merayakan tetap dapat melakukan aktivitas sehari-hari didalam rumah. Lantas, apa saja yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang ketika Hari Raya Nyepi? 

Berikut 5 tips untuk tetap produktif di Hari Raya Nyepi. 

Meditasi

20180327162304-pexels-photo-267967_resized_773x515.jpg

Aktivitas apa lagi yang lebih cocok untuk dilakukan pada saat Hari Raya Nyepi selain meditasi. Sunyinya  Hari Nyepi, akan lebih memudahkan kamu untuk lebih fokus dan mendapatkan pengalaman meditasi yang paling optimal. Kamu juga bisa mendapatkan bantuan dengan aplikasi-aplikasi mobile seperti The Mindfulness App, Headspace, Calm, dan Buddhify.

Baca Juga: 3 Easy Meditation Techniques Perfect For Beginners

Yoga

coast-1834827_1280.jpg

Jika meditasi tidak cukup untuk memuaskan hari Nyepi mu, mungkin yoga dapat menjernihkan pikiran dan membuat tubuhmu terasa lebih bugar. Tidak hanya itu, yoga juga dapat membantumu menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan otot, dan mencegah cedera saat berolahraga. Pose-pose yoga yang wajib kamu lakukan untuk mendapatkan pengalaman terbaik antara lain adalah pelvic tilts, cat-cow stretches, downward-facing dog, dan pigeon pose.

Membaca

reading-925589_1280.jpg

Aktivitas lain yang juga bisa kamu lakukan untuk mengisi waktumu adalah membaca, khususnya buku-buku yang akan menjadikan pengalaman hari Nyepi lebih sempurna. Beberapa buku yang dapat kamu baca antara lain adalah The Miracle of Mindfulness oleh Thich Nhat Hanh, Stress Less, Accomplish More oleh Emily Fletcher, dan Lovingkindness: The Revolutionary Art of Happiness oleh Sharon Salzberg.

Baca juga: 5 Indonesian Fiction Books Released In 2019 That We Are Excited About

Dokumenter

tv-3774381_1280.jpg

Hari raya Nyepi adalah waktu yang sempurna untuk menonton film-film dokumentar yang akan membantumu melihat dunia dari persepsi yang berbeda. Film-film dokumentar tersebut antara lain adalah One Child Nation, Of Fathers and Sons dan Samouni Road. Jangan lupa untuk menggunakan headset untuk tidak mengganggu orang lain yang menjalankan hari raya Nyepi ya.

Dengarkan podcast

people-2596753_1280.jpg

Pada hari Nyepi, kamu juga bisa mendengarkan podcast yang sesuai dengan Tahun Baru Saka ini. Beberapa podcast menarik yang dapat kamu dengarkan adalah The Mindset & Motivation oleh Rob Dial, The Minilamists Podcast oleh Joshua Fields Millburn dan Ryan Necodemus, dan juga podcast Indonesia seperti Thirty Days of Lunch.

Baca juga: 5 Unique Yoga Studios You Can Find In Jakarta