Baru-baru ini media sosial sedang ramai membicarakan serial asal Korea Selatan bertemakan survival berjudul “Squid Games”. Ditayangkan perdana pada Jum’at (17/09), serial yang disutradarai oleh Hwang-Dong-hyuk ini berhasil menduduki jajaran tontonan teratas pada streaming platform Netflix. Sebelum kamu menonton, berikut 6 fakta menarik yang berhasil kami rangkum mengenai serial terbaru ini.

1/6 inspired by popular Korean children’s game

Pada salah satu wawancaranya, Sutradara Hwang-Dong-hyuk mengatakan bahwa judul karyanya terinspirasi dari nama permainan yang sering ia lakukan saat masih kecil di jalaman sekolah maupun di jalanan depan rumah. Namun, pada serial ini dirinya memberikan dark twist pada plotnya di mana ia menyajikan cerita imajinatif mengenai permainan yang mempertaruhkan nyawa. Para pemain yang mengikuti permainan ini harus bertahan hidup untuk memenangkan hadiah utama berupa uang tunai dalam jumlah besar tanpa mengetahui konsekuensi di balik permainan tersebut. Salah satunya seperti membunuh peserta lain. Tidak hanya itu saja, Hwang juga mengatakan bahwa Squid Game merupakan salah satu permainan simbolis yang menggambarkan kondisi masyarakat saat ini.

2/6 Breaking Records in 3 days

Tidak hanya plot cerita yang unik, “Squid Game” juga berhasil memecahkan rekor penonton hanya dalam kurun tiga hari setelah peluncurannya. Resmi dirilis pada 17 September 2021, serial ini sudah mendapatkan skor tertinggi di Netflix. Dilansir dari Koreaboo, Netflix berhasil menerima skor 562 setelah drama Sweet Home yang memperoleh 428 poin selama penayangan.  Tidak diragukan lagi karena serial ini juga dimainkan beberapa artis Korea Selatan ternama termasuk Park Hae Soo dan Lee Jung Jae.

3/6 Captivating symbols, shooting locations and music

Tak hanya terkenal dengan drama yang banyak digemari kalangan segala usia, lokasi shooting serta musik juga bagian yang paling penting dalam Drama Korea. Berbeda dengan genre film Korea biasanya yang menceritakan kisah romantis, serial yang memiliki sebutan judul lain “Ojigeo Geim” ini memiliki genre thriller dan action, bersifat petulangan yang juga merupakan perumpamaan masyarakat masa kini yang dipenuhi oleh persaingan. Menggunakan set nyata dan luas, tanpa bergantung pada kecanggihan teknologi membuat film ini terlihat lebih real.  Musik yang melantuni sepanjang serial juga dipakai dari era 70an dan 80an, memicu nostalgia para pemain akan masa kecilnya. 

4/6 Memorable Characters

Tak hanya memiliki alur cerita yang unik, karakter yang bermain pada serial ini juga sangat beragam. Selain memiliki ratusan peserta, tentunya latar belakang dari setiap pemain juga berbeda.  Seperti karakter utama Gi-heon yang diperani oleh Lee Jung-jae merupakan seorang duda yang mengalami nasib buruk, kehilangan pekerjaannya, kemudian gagal dalam bisnis, membuatnya berhutang banyak pada bank dan beberapa gangster yang haus darah. Sedangkan teman masa kecilnya Sang-woo yang diperankan oleh Park Hae-soo juga sedang terjebak dalam keadaan sulit walau sempat bekerja di perusahaan investasi. Cerita karakter lainnya juga tidak kalah menarik, maka itu kamu wajib nonton serial ini untuk mengetahui untuk mengenal lebih jauh setiap karakter.

5/6 Written Since 2008

Tak diragukan lagi, ternyata naskah serial thrilling ini sudah ditulis sejak tahun 2008. Sutradara Hwang-Dong-hyuk menyatakan bahwa pada tahun itu ia mengalami kesulitan mendapatkan investor dan mencari pemain yang cocok karena alur cerita yang terlalu banyak kekerasan dan rumit. Setelah mempertimbangkan untuk tidak melanjutkan, akhirnya pada tahun ini Netflix memberikan kesempatan untuk memberi kebebasan kreatifitas untuk menggarap proyek serial ini.

6/6 Different from any survival games

Permainan yang harus dimainkan para peserta agar dapat bertahan hidup semuanya adalah permainan anak-anak yang mereka pernah mainkan dahulu kala. Penjajaran permainan ini dengan hasil kekalahan yang mematikan sangat kontras dengan kepolosan dan kesenangan yang dialami selama masa kanak-kanak. Banyak game yang familiar yang pernah dimainkan sebelumnya seperti Red Light, Green Light. Keterkaitan dengan permainan sederhana namun fatal menambahkan sentuhan yang bagus dan tak terduga dibandingkan dengan survival game lainnya. Disini kamu dapat melihat berbagai permainan tradisional asal Korea Selatan, sambil memperhatikan dan fokus pada cerita masing-masing karakter tak hanya pada pemenang.