14 Februari memang dikenal sebagai paling romantis karena bertepatan dengan perayaan Valentine. Namun selain itu, terdapat deretan kejadian menegangkan dan bersejarah yang terjadi di tanggal 14 Februari. Mulai dari massacre dan hari kelahiran satu platform paling terkenal di dunia, ini dia 6 event non-valentine yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. 

1876 - Alexander Graham Bell dan Elisha Gray mengajukan paten sebagai penemu telepon 

pinterest alec.jpgFoto: Dok. Pinterest

Alexander Graham Bell dan engineer, Elisha Gray sama-sama mengajukan hak paten sebagai penemu telepon di tanggal Februari 1876. Lalu menurut keputusan pengadilan di bulan Maret 1876, Bell-lah yang berhak mendapat kredit sebagai penemu telepon. Namun hingga saat ini, kontroversi tentang siapa yang berhak dikenal menjadi penemu telepon masih kerap diperbincangkan hingga saat ini.

1919 - Perang Polandia-Soviet dimulai 

war redddit.pngFoto: Dok. Reddit.com

Pada tanggal 14 Februari 1919, perang bersenjata antara Republik Polandia Kedua, Republik Rakyat Ukrania dan proto Uni Soviet yaitu Soviet Rusia dan Soviet Ukraina. Perang yang dinamakan Poland-Soviet war ini berlangsung selama 2 tahun sampai 1921. Perang ini merupakan satu upaya Soviet Rusia yang ingin menyebarkan paham komunis ke seluruh daratan Eropa. Hingga pada akhirnya kedua negara ini masing-masing mendeklarasikan kemenangan mereka. 

1929 - St. Valentine Massacre 

st valentine pinterest.jpgFoto: Dok. Pinterest

Salah satu pembantaian paling sadis sepanjang sejarah terjadi di hari Valentine tahun 1929. Sebanyak 7 orang anggota dari geng kriminal North Side Gang asal Chicago dibunuh dengan cara ditembak oleh 4 orang tidak dikenal di Taman Lincoln, Chicago. Ditaksir bahwa pembunuhan ini terjadi sebagai puncak ketegangan antara geng kriminal bagian Utara yang dipimpin oleh Bugs Moran dan geng kriminal bagian Selatan yang dipimpin oleh Al Capone. Meskipun sudah diketahui motifnya, hingga sekarang identitas keempat pembunuh tersebut tidak diketahui. 

2005 - Kelahiran Youtube 

WhatsApp Image 2020-02-13 at 17.21.26.jpegFoto: Dok. Getty Images

Tepat tanggal 14 Februari 2005, tiga mantan karyawan Paypal yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim memperkenalkan Youtube untuk pertama kalinya. Di hari bersejarah itulah, sebuah platform berbagi video terbesar di dunia lahir di tangan 3 mahasiswa. 

2008 - Penembakan di Universitas Northern Illinois 

NIU_crosses_flowers wikipedia.jpgFoto: Dok. Wikipedia

14 Februari 2008 menjadi hari yang kelam bagi para mahasiswa dan pekerja di Universitas Northern Illinois karena telah terjadi penembakan brutal yang dilakukan oleh Steven Kazmierczak. Sebanyak 5 orang meninggal karena ditembak langsung oleh Steven hingga pada akhirnya sang pelaku memutuskan untuk bunuh diri dengan menembakkan dirinya dengan pistol. Ditaksir bahwa Steven memiliki penyakit mental yang membuatnya melakukan hal brutal tersebut. 

2018 - Penembakan di Stoneman Douglas High School 

stoneman CNN.jpgFoto: Dok. CNN 

10 tahun berselang sejak penembakan di Universitas Northern Illinois, tepatnya di tanggal 14 Februari 2018, Stoneman Douglas High School yang terletak di Florida, Amerika Serikat menjadi lokasi dari satu pembantaian paling buruk di sejarah high school shooting di Amerika. Nikolas Cruz, seorang alumni dari Stoneman Douglas High School menjadi dalang dari meninggalnya 17 orang dengan cara ditembak dengan senapan api. 

Baca juga: Film Parasite Cetak Sejarah Baru Dalam Oscars 2020

Tags: Events, Valentine, Arts And Culture, 14 February