Olimpiade merupakan ajang olahraga internasional yang dilaksanakan selama empat tahun sekali. Adapun olimpiade ini mempertandingkan cabang-cabang olahraga musim panas dan musim dingin yang diikuti oleh ribuan atlit yang berkompetisi dalam berbagai pertandingan. Oleh sebab itu, berbagai negara yang pernah menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan olimpiade ini berusaha keras agar dapat memberikan yang terbaik. Salah satunya adalah pesta pembukaan. Pesta pembukaan olimpiade merupakan salah satu tolak ukur dari kesuksesan olimpiade yang digelar. Karena hal tersebut bertujuan untuk menghibur atlit dan para penonton baik yang di stadion maupun yang berada diseluruh dunia melalui saluran televisi. Berikut kemeriahan di beberapa negara yang pernah menjadi tuan rumah olimpiade dunia. 

Barcelona (1992)

1.jpgfoto: Dok. pixabay

Olimpiade Barcelona pada tahun 1992 ini dimulai dengan tarian Flamenco yang diikuti dengan arak-arakan penari dan juga para atlit dari berbagai cabang olahraga. Pesta pembukaan yang diselenggarakan di sekitar arsitektur Gaudi dengan menggunakan latar belakang karya abstrak yang menampilkan sebuah pertandingan laut. Kemudian dilanjutkan dengan aksi tembakan lambung menggunakan panah yang dilakukan oleh pemanah asal Spanyol, Antonio Rebollo. Aksi tersebut merupakan satu-satu aksi yang dilakukan dalam acara pembukaan olimpiade sepanjang sejarah. Karena sampai saat ini belum pernah ada yang seperti itu.

Atlanta (1996)

2.jpgfoto: Dok. pixabay

Pada Olimpiade Atlanta tahun 1996 ini sudah mulai muncul produksi TV modern dengan pencahayaan dan pergerakan kamera yang lebih baik. Olimpiade Atlanta merupakan sebuah perayaan yang merayakan 100 tahun olimpiade dengan menampilkan teater untuk mengormati dewa Zeus dan dewa Yunani yang bersemayam di Olympus. Adapun Olympus merupakan tempat bermula olimpiade pada tahun 1896. Yang paling mengharukan serta paling diingat dari olimpiade Atlanta adalah dengan kemunculan atlit Muhammad Ali yang sedang mengalami sakit Parkinson. Meskipun dengan begitu, pada akhirnya Ali berhasil menyalakan altar olimpiade dan kemudian disambut dengan standing ovation dari pari penonton.

Sydney (2000)

3.jpgfoto: Dok. pixabay

Pesta perayaan pembukaan olimpiade Sydney pada tahun 2000 ini menghabiskan baiya sebesar 15 juta pound sterling atau senilai 258,2 miliar rupiah. Acara pembukaan ini dibuka dengan menggunakan gaya klasik yang kemudian berubah menjadi pagelaran yang bertema modern. Dalam pembukaan olimpiade Sydney ini dengan kental menunjukkan sejarah dan juga budaya Australia. Dan juga menampilkan segmen ‘Deep Sea Dreaming dan “Awakening” yang menunjukkan budaya Aborigin. Segmen tersebut menampilkan seorang anak kecil yang bergabung bersama orang suku Aborigin untuk memanggil roh yang merupakan semangat olimpiade yang hadir di stadium Australia.

Athena (2004)

athens.jpgfoto: Dok. pixabay

Olimpiade Athena pada tahun 2004 menghabiskan biaya sebesar 26 juta pound sterling atau sebesar 447 miliar rupiah untuk melaksanakan acara pembukaan olimpiade.  Adapun pembukaan olimpiade Athena ini disebut-sebut sebagai olimpiade dengan upacara pembukaan yang paling megah. Dalam perayaan ini juga menunjukkan perbedaan Yunani zaman dulu dan modern. Pada perayaan ini, cincin olimpiade dinyalakan dengan api. Tidak hanya itu saja, olimpiade Athena sebagai yang pertama kalinya menggunakan proyektor visual yang mengambang.

Beijing (2008)

5.jpgfoto: Dok. pixabay

Olimpiade Beijing, tahun 2008, merupakan acara pembukaan olimpiade dengan biaya termahal sepanjang sejarah yaitu sebesar 75 juta pound sterling atau sebesar 1,2 triliun rupiah. Upacara pembukaan tersebut dilaksanakan di Beijing National Stadium dengan menampilkan kembang api yang membentuk sangkar burung raksasa dilangit. Tidak hanya itu saja, pembukaan pada olimpiade Beijing ini juga menampilkan cicin olimpiade secara digital. Upacara pembukaan olimpiade Beijing merupakan upacara yang paling diingat karena dilihat dari kerasnya usaha pemerintah Cina yang telah membuktikan bahwa negara Tirai Bambu tersebut kaya akan budaya.

London (2012)

6.jpgfoto: Dok. pixabay

Dengan mengahbiskan biaya sebesar 56 juta pound sterling atau sebesar 964 miliar rupiah, olimpiade London pada tahun 2012 menyajikan pertujunkkan yang mewah. Acara pembukaan tersebut menampilkan berbagai penampilan artis asal Inggris seperti Rowan Atkinson, Daniel Craig (pemain James Bond) dan juga Spice Girl. Tidak hanya itu, acara tersebut juga menampilkan pemenang piala Oscar yaitu Danny Boyle. Upacara pembukaan ini dimulai dengan alunan latar belakang musik yang menunjukkan revolusi industri dan cincin olimpiadde yang dinyalakan diatas langit serta dibentuk diatas stadion. Lalu yang paling menarik dari upacara pembukaan olimpiade London adalah acara tersebut ditutup dengan lagu ‘Hey Jude’ yang dibawakan oleh Paul McCartney.

Baca juga: Mengintip 5 Sneakers Koleksi Milik Jokowi yang Mencuri Perhatian

Tags: Dunia, Olimpiade, Pembukaan