Termasuk kedalam karya seni sejak zaman kuno, seni patung hingga kini masih menjaga popularitasnya. patung-patung indah diciptakan para pemahat tidak hanya untuk memperindah ruangan namun juga untuk menyampaikan pesan kepada penikmatnya. Waktu pembuatan yang tidak sebentar dan kemampuan sang pemahat dalam membentuk patung menjadi karya seni yang indah dan bernilai, membuat patung-patung ini memiliki harga yang tidak main-main. Tak jarang mereka yang menyebut diri kolektor rela merogoh kantongnya untuk membeli patung yang dapat dijadikan bentuk investasi yang menguntungkan. Berikut enam patung termahal di dunia yang memiliki nilai investasi. 

 Patung Kelinci – Jeff Koons

August 23 2017 at 04_55PM from contemporary-art-blog.jpg

Patung kelinci Jeff Koons dibuat pada tahun 1986, patung baja berukuran 41 inci ini dijual di Christie’s New York dengan harga lebih dari 20 juta dollar AS atau setara dengan 290 juta rupiah. Berhasil memecahkan rekor harga, patung Jeff Koons kini telah terjual seharga 71 juta euro atau sekitar 1,3 triliun rupiah, ini tentu saja menjadi pencapaian terbesar Jeff Koons sebagai seniman yang masih hidup. Pasalnya patung ini melebihi harga lukisan Portrait of an Artist karya David Hockney yang dilelang seharga 90,3 juta euro atau setara dengan 1,3 triliun rupiah tahun lalu. Karya yang dikenal imut, seram, hampa, seksi, dingin, dazzling dan ikonik ini hanya membutuhkan waktu 10 menit dan 40 detik untuk menemukan pemilik baru yang tidak mau disebutkan namanya itu.

 Balloon Dog – Jeff Koons

I Lobo You reflects the world behind Boca do Lobo's inspirations and trends, exploring contemporary art projects and celebrating the best of modern art_.jpg

Satu lagi karya Jeff Koons yang memiliki nilai jual yang fantastis. Balloon dog patung raksasa setinggi 3 meter ini terbuat dari baja stainless setinggi 18 kaki. Patung yang juga terbuat dari bola yang berisi udara dari vinil tiupnya ini dibuat pada tahun 1994. Patung karya Jeff Koons ini dibandrol dengan harga 59,4 juta dollar AS atau setara dengan 801,9 miliar rupiah. Balloon dog sendiri memiliki makna yaitu siapapun yang hidup pasti sedang bernafas lalu mengembang dan terbang, ballon dog sendiri diciptakan untuk mencerminkan kegembiraan saat merayakan ulang tahun atau pesta lainnya. Sudah dipamerkan di seluruh dunia mulai dari Grand Canal di Venesia hingga teras atap Metropolitan Museum of Art, New York. Balloon dog sendiri sudah terjual di Christie’s New York dengan harga 59,4 juta dollar Amerika.

 Tête – Amedeo Modigliani

La storia delle vere teste di Modì.jpg

Patung Tête karya Amedeo Modiglani memiliki makna kepala seorang wanita yang mengenakan topeng salah satu suku Afrika dengan rambutnya yang tersapu oleh angin. Patung batu kapur merupakan salah satu karya seni termahal yang pernah dijual. Dibuat antara tahun 1910 – 1912, patung yang diletakan di Christie’s New York ini mendapatkan tawaran lebih dari 20 orang melalui telepon pada saat pelelangannya. pemenang lelang patung ini masih anonim, tetapi dirinya mengaku berasal dari Perancis. Memiliki harga jual 64,7 juta dollar Amerika atau setara dengan 873,45 miliar rupiah. patung ini terjual dengan harga 43,2 juta euro yang membuatnya menjadi patung termahal yang pernah dijual di balai lelang tersebut.

 For The Love of God – Damien Hirst

For The Love Of God - Damien Hirst.jpg

Patung karya seniman Damien Hirst yang diproduksi pada tahun 2017 memiliki makna sebagai pengingat kematian, yang diberi nama For The Love of God. Desain patung berbentuk tengkorak manusia pada abad ke-18 ini bertahtakan 8.601 berlian, termasuk berlian merah berbentuk pir yang diletakan di dahi yang dikenal sebagai Bintang Tengkorak. Le kay sahabat dari Hirts mengatakan bahwa sebenarnya patung ini adalah tengkorak asli yang ditutupi oleh balutan Kristal dan berlian. Harga dari patung for the love of god mnecapai 100 juta dollar Amerika atau setara dengan 1,35 triliun rupiah.

 L’Homme qui marche – Alberto Glacometti

Alberto Giacometti, ‘Homme qui marche II (Walking Man II)’, 1960, Musée Picasso Paris _ Artsy.jpg

Dibuat pada tahun 1961, L’Homme qui marche adalah patung karya seniman Alberto Glacometti yang memiliki makna manusia yang sedang berjalan. Menggambarkan tentang citra manusia  biasa yang bersahaja tetapi menampilkan simbol sisi manusia yang kuat. Patung ini memiliki harga jual yang cukup tinggi sebesar 113,4 juta dollar Amerika setara dengan 1,5 triliun rupiah. Awalnya Alberto Glacometti membuat patung ini untuk memenuhi permintan proyek public dari Chase Manhattan Plaza di New York, namun proyek tersebut dibatalkan dan kini karya nya dimiliki oleh Carnegie Museum of Art di Pittsburg, Pennsylvania.

 L’Homee au doigt – Alberto Glacometti

7a1073875143470564e4a99229aa070d.jpg

Karya ikonik lainya dari Alberto Glacometti, yakni L’Homme au doigt yang memiliki makna dengan menunjukan umat manusia ke masa depan yang lebih cerah di luar cakrawala kita yang terbatas. Patung setinggi 177,5 senti meter dibuat dari perunggu dan platina serta dilukis dengan tangan dan ditandatangai oleh pembuatnya. Patung maha karya Alberto ini dibuat pada tahun 1947 dan diletakan menjadi koleksi di Museum of Modern Art, New York. Patung ini dibandrol dengan harga fantastis yakni 141,3 juta dollar Amerika atau setara dengan 1,9 triliun rupiah.

Baca Juga: Setelah Asian Games 2018, Indonesia Siap Menjadi Calon Tuan Rumah Olimpiade 2032

Tags: Patung Termahal Di Dunia