Ditengah kesibukan bekerja di rumah, tidak ada salahnya jika kita meluangkan waktu sejenak untuk mengasah potensi dan keahlian kita dalam berbagai bidang. Dalam enam kelas online ini kamu dapat mempelajari banyak hal mulai dari fotografi hingga computer programming dari berbagai ahli profesional hanya dari kursi rumahmu. Selain dapat bertukar pikiran dengan peserta lain, kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk menambah koneksi dan wawasanmu. Lalu apa saja enam kelas tersebut? Berikut ulasannya.
 
1/6 Creating Video Content With Nikon

alif-ngoylung-jg-6ARMiaPM-unsplash.jpgFoto dok: unsplash.com/@sbhabalif

Produsen kamera asal Jepang, Nikon, menghadirkan akses gratis ke semua kursus yang ada di websitenya bagi para content creator yang ingin mempelejarai lebih dalam mengenai video story-telling, vlogging, basic photography, lighting hingga pengenalan produk. Kelas virtual berdurasi 45 menit hingga satu jam ini dipandu oleh para narasumber profesional seperti pendiri da kepala sinematografi Atola Visuals, Kitty Peters, Nikon ambassadors Joey Terrill dan Chris Hershman, fotografer profesional Taylor Glenn serta instruktur dan fotografer profesional Nikon School, Reed Hoffmann. Untuk mengikuti kelas virtual ini, kamu dapat mengunjungi website resminya di sini.
 
2/6 The Strategy of Content Marketing by University of California

marketing.jpgFoto dok: unsplash.com/@marvelous

Bekerjasama dengan otoritas pemasaran konten terkemuka, Copyblogger, dan Pendidikan Berkelanjutan UC Davis dan Profesional, para peserta pada kelas online ini akan mempelajari strategi inti yang digunakan content marketers untuk memperoleh dan mempertahankan pelanggan secara menguntungkan. Selain itu, kamu juga akan belajar bagaimana mengembangkan, mengatur dan menerapkan strategi pemasaran konten, menganalisis dan mengukur efektivitas pemasaran konten, menulis salinan yang menarik, menggunakan kerangka kerja strategis saat menulis, dan membangun merek serta personal branding. Kelas ini akan berlangsung selama lima minggu dan tidak dipungut biaya. Kunjungi websitenya di sini

3/6 CS50's Web Programming with Python and JavaScript by Harvard University

Programming.jpgFoto dok: unsplash.com/@blakeconnally

Pada kelas online gratis yang akan diadakan selama 12 minggu ini, para peserta akan mempelajari berbagai topik menarik meliputi desain basis data, skalabilitas, keamanan, dan pengalaman pengguna. Melalui proyek langsung, peserta akan belajar menulis dan menggunakan API, membuat UI interaktif, dan memanfaatkan layanan cloud seperti GitHub dan Heroku. Setelah mengikuti kelas ini, para peserta akan memiliki pengetahuan dan pengalaman yang komprehensif dalam prinsip, Bahasa dan alat yang digunakan untuk mendesain dan mengaplikasikannya di Internet. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi websitenya di sini.

4/6 Modern Art & Ideas by MoMA


moma.jpg Foto dok: unsplash.com/@igormiske 

Bagi para pecinta seni, The Museum of Modern Art mengadakan kelas online bertema Modern Art & Ideas yang dapat diakses secara gratis. Dirancang bagi siapa saja yang tertarik untuk belajar lebih banyak mengenai seni modern dan kontemporer, kursus ini akan diadakan selama lima minggu dengan berbagai tema yang berbeda seperti Tempat & Ruang, Seni & Identitas, Mengubah Benda Sehari-hari, dan Seni & Masyarakat. Setiap minggunya, kelas ini akan dimulai dengan video yang menghubungkan karya seni dari koleksi MoMA dengan tema. Tersedia berbagai wawancara audio dengan seniman dan desainer serta berbagai tambahan bacaan untuk mempelajari lebih dalam tentang karya-karya terpilih. Tidak hanya itu saja, melalui forum diskusi petunjuk dan tugas peer review, kamu juga akan memiliki kesempatan untuk terhubung dengan pelajar lain dan mengeksplorasi bagaimana tema-tema ini beresonansi dengan kehidupan dan pengalamanmu sendiri. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi websitenya di sini.
 
5/6 Personal Branding by University of Georgia


pbanding.jpg Foto dok: unsplash.com/@ugmonk

 Pahami arti personal branding dan realisasinya melalui media sosial. Dipandu oleh instruktur Kimberly R. Barker, kelas ini akan mengajarkanmu untuk mengeksplorasi diri secara intensif guna menciptakan personal branding yang otentik. Berlangusng selama 7 minggu, kelas online gratis ini menawarkan berbagai pembelajaran termasuk tips berkomunikasi yang efektik, keamanan dasar di ranah digital dan pengembangan diri. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi websitenya di sini.
 
6/6 Introduction to Psychology by Yale University


psikologi.jpg Photo dok: unsplah.com/@mathieustern 

Menawarkan tinjauan komprehensif dari studi ilmiah mengenai pemikiran dan perilaku, kelas pengenalan psikologi dari Universitas Yale ini mengajak kita untuk mengekplorasi topik-topik seperti persepsi, komunikasi, pembelajaran, memori, pengambilan keputusan, persuasi, emosi, dan perilaku sosial. Peserta juga akan diajak untuk melihat bagaimana aspek-aspek pikiran ini berkembang pada anak-anak. Kelas ini akan berlangsung selama enam minggu dan tidak dipungut biaya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi websitenya di sini.