Apakah kamu memiliki hewan peliharaan kesayangan? Jika ya, tentu terkadang para hewan peliharaan tidak hanya bisa menemani namun juga bisa menjadi sahabat karib bukan? Nah sekarang di era teknologi, ternyata ada banyak startup di Asia yang memiliki layanan khusus untuk para hewan peliharaan. Penasaran seperti apa ya kira-kira jenis pelayanannya? Yuk kita cek di sini.

SinglePet

singlepet HomeCrux.jpgFoto: Dok. HomeCrux.com 

Apakah kamu orang yang suka bepergian namun khawatir untuk meninggalkan hewan peliharaan di rumah? Jika ya, maka kamu harus mencoba SinglePet. Perusahaan startup asal Korea Selatan ini menyediakan semacam robot yang dapat dikendalikan dengan smartphone dari mana saja. Robot ini dapat dikendalikan untuk memberi makan dan  memantau keadaan hewan peliharaan kesayangan kamu lewat kameranya. 

Anicall

anicall yahoo.jpgFoto: Dok.yahoo

Layaknya seorang bayi yang belum berbicara, hewan peliharaan tidak dapat mengutarakan perasaan atau kemauan mereka dengan kata-kata. Melihat hal ini, perusahaan startup asal Jepang dengan nama Anicall membuat sebuah produk unik. Produk ini merupakan suatu kalung bagi si hewan yang dilengkapi dengan teknologi AI. Sehingga kamu bisa mengetahui apa yang dirasakan, lapar atau tidaknya dan kesehatan si hewan. Nanti akan ada pattern yang muncul sesuai dengan apa yang terjadi dengan si hewan sehingga kamu bisa mengetahuinya.

PetCab

petcab facebook.jpgFoto: Dok. PetCab facebook 

Pernahkah kamu merasa susah untuk mencari kendaraan yang mau membawa pet kesayanganmu? Jika ya, maka kamu harus tahu bahwa di India ada sebuah startup yang memberikan kemudahan bagi para pemilik hewan untuk mengantar atau menjemput sang hewan. Namanya adalah PetCab. Perusahaan ini memberikan layanan bagi para pemilik hewan untuk mengantar jemput hewan mereka. Mulai dari salon grooming atau tempat penitipan, dijamin hewan kesayangan kamu akan sampai dengan selamat di tujuan.

Cuzzey

Cuzzey. facebook.pngFoto: Dok. Cuzzey facebook 

Setiap pemilik hewan tentunya ingin hewan mereka sehat dan terus terjaga. Namun tidak sedikit dari mereka tidak memiliki banyak waktu untuk merawat atau menemani sang hewan pergi ke dokter hewan. Di Singapura ada sebuah startup bernama Cuzzey yang memberikan informasi tentang list dokter hewan, rekomendasi pelatih hewan, tempat grooming bahkan tempat penitipan. Di sini kamu bisa langsung memesan tempatnya sehingga tidak perlu khawatir jika untuk menitipkan kucing atau anjing kesayangan kamu.

Inupathy

inupathy pinterest.jpgFoto: Dok.Pinterest 

Startup asal Jepang yang satu ini mirip dengan Anicall. Inupathy memberikan produk berupa kalung yang terbuat dari analisis algoritma untuk memberi tahu apa yang si hewan rasakan. Dinilai berdasarkan detak jantung, kamu bisa mengetahui apakah si hewan sedang merasa sedih, senang, semangat atau bahkan sedang kalem-kalem saja.

Athentek

athentek, iotone.jpgFoto: Dok.iotone 

Namanya hewan pasti suka untuk berkelana keluar tanpa disadari. Oleh karena itu, perusahaan asal Taiwan yang bernama Athentek memberikan produk berupa GPS yang memudahkan kamu untuk mengetahui dimana pet kamu berada. Kamu juga dapat membuat beberapa zona aman sehingga akan ada alarm yang berbunyi jika hewan peliharaanmu keluar dari zona aman.

PETO

peto google play.pngFoto: Dok.googleplay 

Untuk startup yang terakhir datang dari Indonesia. PETO. Sebuah startup yang menyediakan platform untuk membeli hewan peliharaan, mencari tempat grooming dan juga beberapa tips untuk pemilik hewan. Namun tidak hanya itu, PETO yang didirikan di tahun 2016 ini memungkinkan kamu untuk mencari play date atau teman bermain untuk hewan kamu. Wah siapa tahu kamu bisa menemukan jodoh di sini.

Baca juga: 5 Kartini Dalam Dunia Startup Indonesia

Tags: Arts, Startup, Pet Startup, Asia Startup