about88.jpg

Foto: 88rising.com

Sean Miyashiro membentuk label CXSHXLY, yang kemudian menjadi 88rising, dari atap sebuah tempat parkir di Bronx, New York. Secara perlahan-lahan, ia membentuk label ini menjadi brand yang terkenal dan mendunia. Dengan nama yang cukup unik, 88rising saat ini menaungi banyak musisi terkenal asal Asia, seperti Rich Brian, Joji, NIKI, dan Higher Brothers.

Asal Mula 88rising

DxKNoWFWwAEJQFb.jpgFoto: twitter.com/88rising

Semua ini berawal dari viralnya lagu dari rapper asal Korea, Keith Ape, yang berjudul “It G Ma”. Lagu ini berhasil menarik perhatian 88rising dan kemudian diremix oleh beberapa rapper kondang Amerika Serikat, seperti A$AP Ferg, Father, dan Waka Flocka Flame. Sejak saat itu, Miyashiro mulai fokus merekrut musisi-musisi terkenal berpotensi yang berasal dari Asia. Ia berhasil membuktikan bahwa kesuksesan brand ini bukanlah sebuah kebetulan.

Yang membuat 88rising menonjol di antara label-label lain adalah kemampuan mereka untuk mengelola musisi-musisi bertalenta yang eksentrik dan membawa mereka ke kancah internasional. Walaupun demikian, 88rising lebih suka menyebut diri mereka sebagai fasilitator daripada label rekaman. Semua musisi mereka didorong untuk menjadi lebih kreatif.

88rising juga menciptakan sebuah hubungan lintas budaya dengan membuat nama mereka dikenal di Asia dan juga luar negeri, sementara musisi dan talenta berbakat dari AS juga diberikan kesempatan untuk menjelajah pasar Asia yang sangat luas dan menggiurkan. Bagi generasi muda, 88rising telah menjadi simbol pemberdayaan bakat-bakat baru yang sudah berhasil mendorong nama-nama seperti Rich Brian dan Joji menjadi superstar.

Kehadiran Rich Brian dan Joji

D-BA1C7W4AEgwBU.jpgFoto: twitter.com/richbrian

Rich Brian atau Brian Imanuel adalah musisi asal Indonesia yang merupakan salah satu wajah utama 88rising. Berawal dari belajar bahasa Inggris melalui YouTube dan lirik lagu, Brian telah menjadi salah satu rapper paling ikonik asal Asia dengan gaya bermusiknya yang sangat unik dan nyentrik.

Brian sudah melakukan tur di AS dan Australia. Ia bahkan sudah memutarkan salah satu lagu dari album terbarunya, The Sailor, kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo. Brian tidak akan berhenti mengejar mimpinya dalam dunia musik, dan banyak yang lupa bahwa umurnya baru 19 tahun.

Selain itu, ketika 88rising merekrut Rich Brian, di saat yang sama mereka juga merekrut penyanyi R&B Joji yang dulunya dikenal sebagai FilthyFrank di YouTube. Nama 88rising pun semakin melambung setelah merekrut kedua musisi berbakat asal Asia ini.

Berfokus pada masa depan

lapanlapannaik.jpgFoto: facebook.com/88rising

88rising telah sukses menghasilkan talenta-talenta kreatif yang tidak mainstream. Contohnya, Joji, penyanyi R&B yang terkenal dengan gayanya yang minimalis dan liriknya yang dalam sekaligus sedih. Kemudian grup hip-hop asal Tiongkok, Higher Brothers yang merayakan tradisi mereka melalui aliran trap yang energetik.

Baru-baru ini, 88rising merekrut musisi perempuan asal Indonesia, Stephanie Poetri yang lagunya, “I Love You 3000”, sudah ditonton lebih dari 30 juta kali di YouTube. 

Festival terbaru mereka, Head in the Clouds, pada tanggal 17 Agustus kemarin yang menampilkan musisi-musisi yang berada di bawah naungan mereka—Joji, Rich Brian, Jackson Wang, NIKI, August 08, Dumbfoundead, dan lain-lain—berlangsung meriah dan sukses. Dengan keunikan mereka, 88rising telah melampaui harapan banyak orang dan membuat gebrakan besar dalam dunia musik hari ini.