bouquet-of-flowers-1149099_960_720.jpgfoto: Dok. pixabay

Selain tampilannya yang cantik, bunga ternyata memiliki segudang manfaat. Tidak hanya menjadi hadiah di saat perayaan hari kasih sayang, peneliti menemukan bahwa bunga memiliki efek positif lain yang berguna bagi kesehatan. 

Melalui percobaan yang dilakukan oleh American Society for Horticulture Science, para peneliti melakukan tinjauan apakah bunga memiliki pengaruh terapeutik terhadap pasien bedah. Dalam percobaan tersebut, tim scientists mengambil 90 pasien untuk dipantau, yang ditempatkan di dua kamar berbeda yaitu kamar yang memiliki bunga dan tanpa bunga. Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa mereka yang dikelilingi oleh bunga atau dedaunan hijau memiliki hasil yang signifikan daripada yang tidak dikelilingi bunga atau dedaunan hijau. 

Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan, mereka yang dikelilingi bunga mengalami tekanan darah dan detak jatung yang lebih rendah, rasa sakit dan kecemasan serta kelelahan yang lebih rendah. Perasaan positif pun juga dialami oleh pasien saat berada di kamar. Dari penilitian ini kita juga dapat menyimpulkan bahwa bunga dapat memberikan manfaat dan hasil positif  serta dapat menjadi obat komplementer untuk membantu kesembuhan pasien. 

Tidak hanya diperuntukkan bagi yang sakit saja, karangan bunga juga dapat membantu kita untuk mengurangi stress dari pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Hal ini juga dibuktikan melalui penelitian yang diterbitkan dalam Complementary Therapies In Medicine. Studi ini menunjukkan bahwa bunga dapat membuat seseorang merasa lebih santai dan bebas dari beban pikiran sehari-hari. Jika kamu menghabisnkan banyak waktumu di kantor atau di luar rumah, maka tidak ada salahnya jika kamu meletakkan beberapa vas bunga di sekitar kamar atau meja kerjamu untuk membantumu melepas penat. 

Baca juga: 9 Pulau Pribadi Yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Libur Lebaran

Tags: Bunga, Energi Positf