Dalam beberapa waktu belakangan ini masyarakat Indonesia sedang diramaikan dengan berita yang beredar, bahwa Presiden Jokowi telah mengeluarkan gagasannya untuk memindahkan Ibu Kota Indonesia ke luar pulau Jawa. Gagasan ini bukanlah merupakan  suatu hal yang baru, karena rencana kepindahan tersebut sudah disuarakan sejak lama. Namun, karena tidak pernah diputuskan dan direalisasikan  maka gagasan ini hanya menjadi sebuah berita yang timbul-tenggelam sejak era pemerintahan Presiden Soekarno. Jokowi yakin bahwa jika hal ini direncakan dan dipersiapkan dengan baik, maka rencana besar ini akan dapat diwujudkan. Tidak hanya itu, ada beberapa hal yang menarik terkait rencana ini yang perlu kamu ketahui. Yuk kita simak apa saja.

Lokasi Ibu Kota Yang Baru

A historical monument in Jakarta, Monas, Indonesia   Photo by_ Purwati Puji Lestari  IG_ @purpules.jpgfoto: Dok. Pinterest

Terkait dengan munculnya gagasan dari Presiden Jokowi mengenai Ibu Kota Negara yang akan dipindahkan, pemerintah belum bisa memastikan lokasi dari calon Ibu Kota yang baru. Namun, menurut beberapa sumber media lokal mengatakan bahwa kemungkinan besar Ibu Kota yang baru akan dipindahkan ke luar dari Pulau Jawa. Hal tersebut dikarenakan Presiden tidak ingin Indonesia disebut sebagai Jawa sentris. Adapun kabar yang beredar mengenai 3 wilayah yang menjadi kandidat dari calon Ibu Kota yang baru yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat.

Alasan Dibalik Gagasan Ibu Kota Yang Akan Dipindahkan

Jakarta, indonesia.jpgfoto: Dok. Pinterest

Beberapa alasan dibalik rencana Presiden Jokowi yang ingin memindahkan Ibu Kota Negara adalah karena ingin melakukan pemerataan pembangunan baik infrastruktur maupun ekonomi di seluruh wilayah daerah Indonesia. Dan juga alasan lainnya adalah, untuk mengurangi beban Jakarta dan kota-kota disekitarnya serta kepadatan penduduk yang dialami oleh Jakarta sehingga menimbulkan kemacetan yang tiada habisnya di Ibu Kota Negara Indonesia yang sekarang ini.

Syarat Dan Kriteria Yang Harus Calon Ibu Kota Yang Baru

Jakarta_ arrivée, conseils pratiques et choses à voir.jpgfoto: Dok. Pinterest

Untuk menjalankan gagasan tersebut, tentunya calon wilayah daerah Ibu Kota yang baru harus memenuhi beberapa syarat agar bisa menggantikan DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Negara. Syarat tersebut adalah letaknya harus berada di tengah Indonesia (harus memperhitungkan jarak barat ke timur dan utara ke selatan). Selain itu calon Ibu Kota yang baru harus memiliki lahan yang luas untuk pemerintah dan BUMN, serta harus bebas dari bencana. Dan yang tidak kalah penting, alasan yang lain adalah pemerintah harus memperhatikan pertahanan dan keamanan dari calon Ibu Kota yang baru tersebut.

Dampak Dari Gagasan Ibu Kota Yang Akan Dipindahkan

Selamat Datang Monument is one of the historic landmarks of #Jakarta_.jpgfoto: Dok. Pinterest

Ada pun setiap gagasan pasti memiliki dampak. Beberapa dampak yang akan ditimbulkan dari gagasan ini adalah tentunya pemerintah akan mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk dapat merealisasikan gagasan ini. Salah satu ekonom Indonesia juga mengatakan kepada media lokal bahwa ada kekhawatiran jika hutang negara akan semakin bertambah banyak karena melihat keadaan anggaran negara yang saat ini masih defisit, sehingga gagasan ini akhirnya menjadi tidak produktif.

Bagaimana Dengan Nasib DKI Jakarta Yang Akan Datang?

Train Station Batavia Old Town Jakarta, Stasiun Jakarta Kota.jpgfoto: Dok. Pinterest

Melalui salah satu sumber, Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengatakan bahwa Jakarta akan menjadi pusat bisnis seperti kota New York. Semua infrastruktur dan fasilitas yang telah dibangun di Jakarta, akan terus dikembangkan, dan rencana pemindahan ini tentunya tidak dilakukan untuk menyaingi DKI Jakarta. Melainkan untuk membangun industri di luar Jawa agar dapat memeratakan perekonomian negara. 

Baca juga: Intip 5 Gaya Fashion Khas Pendiri Startup Wanita Di Indonesia

Tags: Indonesia, Arts, Culture, Ibu Kota