Pada tanggal 17 April mendatang, bukan hanya pemilihan presiden yang akan diadakan, tetapi kita juga akan memilih calon anggota legislatif atau caleg. Berbeda dengan capres dan cawapres yang jumlahnya hanya dua pasang, caleg yang akan dipilih pada pemilu 17 April berjumlah 7.900 kandidat. Maka dari itu, tidak heran jika kita tidak mengenal semuanya dan hanya tahu sedikit informasi melalui poster-poster atau baliho yang terpasang di pinggir jalan. Berbeda dengan capres dan cawapres, caleg tidak melalui proses debat, oleh karena itu sebelum kamu memberikan hak suaramu pada pemilu tahun ini, kenali caleg yang akan kamu pilih beserta tugas yang mereka emban. Perlu diingat bahwa masing-masing daerah memiliki  kandidat sendiri. Namun, tidak ada salahnya jika kita menambah wawasan mengenai pemilu kan? Baca selengkapnya disini. 

Membuat Undang – Undang

legislatif.jpgfoto: Dok. republika

Salah satu tugas calon anggota legislatif adalah merancang dan membahas RUU yang dapat berasal dari Presiden, atau DPD. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui caleg yang akan kita pilih untuk merancang undang-undang yang bermanfaat untuk kesejahteraan dan masa depan masyarakat kita. 

Memeriksa Anggaran Negara

vote.jpgfoto: Dok. polling place photo project

 Selain merancang dan membahas RUU, anggota legislatif yang akan terpilih akan menindaklanjuti hasil pemeriksaan atas pengelolaan atau tanggung jawab keuangan negara. Mereka juga akan memeriksa, membahas, memberi usul, menyetujui atau menolak Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau RAPBN yang diberikan oleh presiden yang kemudian akan ditetapkan sebagai APBN. Karena anggaran merupakan salah satu hal yang amat krusial, diperlukan calon legsilatif yang jujur dan bersih. 

 

Menampung Aspirasi Masyarakat

4.pngfoto : Dok. culver city crossroads

Salah satu tugas calon legislatif yang tidak kalah penting adalah menampung aspirasi masyarakat Indonesia. Anggota legislatif kelak akan menjadi penindak lanjut bagi setiap aspirasi dan juga harapan masyarakat. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengenal siapa caleg yang akan kita pilih nanti, karena dengan begitu kita bisa tahu pemimpin politik seperti apa yang kita pilih untuk mempin kita. Kenali caleg pilihanmu, supaya suara yang kita berikan tidak bernilai sia-sia.

baca juga : Berada Di Luar Negeri, Berikut Deretan Selebritis, Sosialitas Dan Politikus Indonesia Yang Sudah Menggunakan Hak Pilihnya 

Tags: Indonesia, Arts, Culture, 2019, Pemilu, Legislatif, Calon, Election