oke.jpg

Foto:Dok .Instagram.com/lollapalooza                   

Beberapa saat yang lalu Coachella baru saja berakhir, timeline Instagram dipenuhi festival goers yang terlihat excited karena akhirnya dunia memperbolehkan lagi konser dan festival untuk diadakan. Kalau kamu melewati Coachella, jangan khawatir, sampai dengan akhir tahun ini, masih banyak festival yang bisa kamu hadiri!

 

Tomorrowland

tom.jpgFoto:Dok.tomorrowland.com

Eropa memang ibu kota untuk electronic music. Jadi, jika kamu memang penggemar EDM. Tempat terbaik untuk menikmati musiknya tentunya dengan mendatangi Tomorrowland festival. Tomorrowland adalah salah satu festival EDM terbesar di dunia dengan kapasitas 400.000 orang di tahun 2019 sebelum akhirnya tertahan dua tahun karena pandemi. To mark the comeback, this festival will be held in 3 weekends, the longest it will ever be. 

When: 15-17 July, 22-24 July, and 29-31 July 2022.

Where: Boom, Belgium.

Line-up highlights: Martin Garrix, Armin van Buuren, Dimitri Vegas, Marshmello, Steve Aoki.

 

Glastonbury

glas.jpgFoto:dok.glastonburyfestivals.co.uk

Kalau di Amerika ada Coachella, di Inggris tentunya ada Glastonbury Festival yang setara popularitasnya. Glastonbury memiliki nilai sejarah yang lebih tinggi tentunya, dengan pengadaan festival yang dimulai sejak tahun 1970. Festival yang berlangsung selama lima hari ini memiliki line up musisi yang berbeda genre, ditambah juga dengan performing arts seperti dance, comedy, theatre, circus, dan cabaret. 

When: 22-26 June 2022.

Where: Somerset, England.

Line-up highlights: Billie Eilish, Paul McCartney, Kendrick Lamar, Diana Ross, Sigrid.

 

Splendour in the Grass

splendor.jpgFoto:dok.splendourinthegrass.com

This might not technically be a summer festival because the event is in Australia, where it will be winter in July. Namun festival yang pertama kali dihelat pada tahun 2001 adalah salah satu event musik terbesar di Australia. Tentunya dengan mendatangkan musisi global dan lokal yang menarik!

When: 22-24 July 2022.

Where: New South Wales, Australia.

Line-up highlights: Gorillaz, Yeah Yeah Yeahs, The Strokes, Liam Gallagher, Tyler, the Creator.

 

Lollapalooza

Satu lagi yang tidak boleh terlewatkan dalam jajaran festival musik dunia, Lollapalooza! Berbagai jenis genre musik hadir di panggung Lollapalooza, mulai dari hip hop sampai EDM. Namun tentunya tetap mempertahankan DNA nya dengan tetap mengadakan genre alternative rock. Sedikit trivia, Lollapalooza pertama kali mengadakan festival bertepatan dengan farewell tour Pery Farrell dari Jane’s Addiction di tahun 1991 dan menjadi sangat sukses. For the upcoming 2022 event, online music goers can watch it from Hulu as the streaming partner. 

When: 28-31July 2022.

Where: Chicago, USA.

Line-up highlights: Metallica, Dua Lipa, Kaskade, Green Day, Jane's Addiction.

 

Fuji Rock

Walaupun namanya Fuji Rock festival, tapi event ini tidak diadakan di gunung Fuji, namun di Nigata, Jepang. Dan seperti namanya, musisi yang  diundang sebagian besar adalah musisi dari genre rock, dan sudah pasti, EDM. EDM memang menjadi genre yang sedang digemari saat ini, dan festival besarpun turut menggandeng massa EDM untuk datang ke festival mereka.

When: 29-31 July 2022. 

Where: Niigata, Japan.

Line-up highlights: Vampire Weekend, Jack White, Halsey, Bonobo, Jonas Blue.