https---vms-network-images-prod.s3-ap-southeast-2.amazonaws.com-2021-02-344397-DAFTPUNK.pngFoto dok: Daft Punk
 

Kabar perpisahan datang kembali dari industri musik internasional. Pada hari Senin lalu, duo musisi elektronik asal Prancis, Daft Punk mengumumkan pembubaran grupnya dalam visualisasi klasik dan ikonografi yang dituangkan dalam video Youtube berjudul “Epilog” setelah 28 berkarya di blantika musik. Tim publikasi Daft Punk, Kathryn Frazier mengkonfirmasi perpisahan tersebut, namun tidak memberikan komentar lebih jauh.

Daft Punk didirikan oleh mantan rekan band indie-rock Guy-Manuel de Homem-Christo dan Thomas Bangalter di Paris pada tahun 1993. Debut musisi tersebut mulai dikenali oleh para pecinta lagu ketika mereka merilis album “Homework” tahun 1997, dimana sebagian lagu mereka meroket masuk ke dalam tangga lagu hits Billboard dan membuka jalan mereka masuk ke dalam dunia musik internasional. Tidak hanya itu, karya musik mereka seperti “Da Funk” dan “Around the World” meraih penghargaan Grammy awards sebagai nominator Best Dance pada tahun 1989 dan 1999.

Mengikuti kesuksesan musik mereka yang telah diakui oleh dunia, karya Daft Punk tidak berhenti sampai situ. Album mereka berjudul "Discovery" yang keluar pada tahun 2001 menyertakan single populer seperti Harder, Better, Faster, Stronger dan One More Time. Pada tahun 2005, grup ini merilis "Human After All," yang diperlihatkan dalam tur mereka secara ekstensif dua tahun setelah perilisannya. Ini juga termasuk penampilan mereka yang mengesankan, dimana duo ini menunjukkan kebolehannya di atas piramida cahaya yang rumit di Coachella pada tahun 2006, yang menjadi konser pertama Daft Punk di Amerika Serikat dalam hampir satu dekade. Sebuah album live dari periode ini berjudul “Alive 2007” kembali memenangkan Grammy sebagai album elektronik / dance terbaik.

Daft Punk kemudian kembali mencuri perhatian dunia melalui album keempat sekaligus menjadi album terakhir mereka berjudul “Random Access Memories”. Album tersebut sukses meraih empat piala Grammy tahun 2014 dengan kategori Album of the Year dan Best Dance/Electronic Album, serta Record of the Year dan Best Pop Duo/Group Performance untuk single Get Lucky. Lagu ini merupakan single utama album tersebut yang menampilkan Pharrell Williams dan menjadi lagu grup yang paling sukses dan mencapai No. 2 di Billboard Hot 100.

Meski memutuskan untuk tak lagi berkarya bersama, tidak dapat dipungkiri bahwa dua elektronik ini telah berkontribusi melahirkan musik-musik house dan syhthpop paling populer sepanjang masa. Tidak hanya itu saja, lagu-lagu mereka juga kerap setia menemani perjalanan kehidupan kita. Untuk mengenang karya-karyanya, berikut tiga lagu ikonik Daft Punk untuk kamu dengarkan.