Tak terasa waktu kurang lebih tinggal satu minggu hingga lebaran tiba. Tentunya banyak orang telah menyiapkan rencana perjalanan mudik baik menggunakan transportasi udara, laut dan juga darat. Berbagai kebijakan telah ditetapkan oleh Kementrian Perhubungan untuk membuat masyarakat nyaman selama melakukan perjalanan mudik. Bagi kalian yang ingin mudik, kami menyediakan data dan fakta menarik yang harus diketahui mengenai arus mudik pada lebaran 2019 ini. Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Puncak Arus Mudik

poskota news.jpgfoto: Dok. poskotanews

Kementrian perhubungan memprediksikan bahwa arus mudik lebaran tahun 2019 ini akan jatuh pada tanggal 31 Mei yang akan datang. Prediksi tersebut dibuat berdasarkan survei yang telah dilakukan terhadap 7.762 responden rumah tangga. Arus mudik yang ditetapkan pada h-5 lebaran ini pun dengan perkiraan waktu keberangkatan pada pukul 06.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB.

Penerapan Sistem One Way dan Contra Flow

ramadan. tempo. co.jpgfoto: Dok. ramadan.tempo

Pada mudik lebaran 2019 kali ini juga akan diterapkan sistem one way dan contra flow. Kedua sistem ini akan dilakukan di sepanjang jalan tol Jakarta – Cikampek, mulai dari tanggal 30 Mei -31 Mei, 1 Juni - 2 Juni untuk arus mudik. Dan untuk arus balik akan dilakukan pada tanggal 8 Juni - 10 Juni. Sistem contra flow akan dilakukan mulai dari kilometer 29 hingga kilometer 61 di jalan tol Jakarta – Cikampek dari pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB. Dan untuk one way  akan mulai berlaku dari kilometer 70 tol Jakarta – Cikampek hingga kilometer 266 tol Pejagan – Pemalang, dari pukul  09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Adapun sistem tersebut dibuat dengan maksud untuk mengatasi kepadatan kendaraan selama arus mudik.

Diskon Untuk Tarif Tol Di Seluruh Indonesia

newsokezone.jpg 1.jpgfoto: Dok. newsokezone

Fakta menarik yang lain terkait dengan arus mudik lebaran 2019 adalah diskon untuk tarif tol di seluruh Indonesia. Adapun diskon akan diberikan sebesar 15% oleh seluruh operator jalan tol atau Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang berada dibawah naungan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI). Diskon ini akan berlaku ketika arus mudik lebaran yaitu dari tanggal 27 Mei hingga 29 Mei dari pukul 00.00 WIB – 23.59 WIB dan untuk arus baliknya pada tanggal 10 Juni hingga 12 Juni dengan waktu yang sama seperti arus mudik.

Ganjil – Genap Juga Akan Berlaku Di Pelabuhan Merak – Bakauheni

newsokezone.jpgfoto: Dok. newsokezone

Selain ketiga fakta diatas, dilansir melalui salah satu media lokal, ada kabar bahwa peraturan jalan ganjil – genap akan berlaku di pelabuhan Merak – Bakauheni. Sama halnya seperti fakta diatas, kebijakan ini dibuat untuk menghindari penumpukan kendaraan saat arus mudik, khusus nya untuk kendaraan beroda empat yang ingin menyebrang keluar pulau Jawa. Ganjil – genap ini akan berlaku dari malam hari menuju ke pagi hari. Namun, peraturan ini hanya bersifat sementar menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setyadi.

Baca juga: Berikut Beberapa Fakta Mengapa Bunga Dapat Mengurangi Rasa Sakit 

Tags: Mudik, Lebaran 2019