Acara tahunan museum LACMA akan kembali diadakan pada bulan November tahun 2019 yang akan datang. Kali ini LACMA akan memberikan sebuah penghargaan khusus bagi dua orang seniman. Dan tidak hanya itu saja, kali ini acara LACMA akan dipimpin oleh Eva Chow dan Leonardo DiCaprio. Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Tentang LACMA

Los Angeles County Museum of Art atau yang biasa disingkat dengan LACMA adalah sebuah museum seni berada di Los Angeles, California. LACMA merupakan sebuah museum ensiklopedik terbesar di sebelah barat dan berhasil menarik perhatian hampir satu juta pengunjung setiap tahunnya. Koleksinya mencapai lebih dari 100.000 karya seni yang berasal dari seluruh sejarah seni. Mulai dari zaman kuno hingga zaman modern. Selain pameran seni, museum ini kerap kali mengadakan serangkaian pemutaran film dan konser setiap tahunnya.

LACMA Art+Film Gala 2019

Pihak LACMA telah mengumumkan bahwa  LACMA Art+Film Gala 2019 akan diadakan pada tanggal 2 November 2019 yang akan datang. Dan kali ini LACMA akan menghadirkan dua orang seniman yang akan diberikan penghargaan khusus. Kedua seniman tersebut adalah Betye Saar dan seorang pembuat film yaitu Alfonso Cuarón.

Betye Saar

betye - artforum.jpgfoto: Dok. Artforum

Betye Saar adalah salah satu tokoh  seniman penting yang masih bekerja hingga hari ini. Tidak hanya itu , beliau merupakan seseorang yang berani membicarakan isu ras, gender, dan spiritualitas. Betye Saar memiliki karier yang bertahan selama lebih dari tujuh dekade. Saar juga  baru saja mulai mendapatkan penghargaan-penghargaan internasional yang memang sudah sepatutnya diterima olehnya. LACMA telah memamerkan karya-karyanya sejak tahun 1972. Dan Salah satu karya Betye Saar adalah 'Call and Response,' yang merupakan sebuah ekshibisi untuk akan menampilkan buku-buku sketsa sang seniman, bagian penting dari proses kreatifnya yang belum pernah dipamerkan sebelumnya, dan hubungannya dengan karya-karya akhirnya.

Alfonso Cuarón

Alfonso-Cuaron evening standard.jpgfoto: Dok. Eveningstandard

Alfonso Cuarón adalah seorang pembuat film yang menceritakan mengenai kisah-kisah mengharukan  tentang kemanusiaan. Dan juga bagaimana kita dapat terhubung satu dengan yang lain. Karya-karyanya awalnya The Little Princess and Y Tu Mamá También, hingga film-film terbarunya Gravity, dan yang baru dirilis tahun lalu, Roma, yang tak hanya personal namun juga universal. Tahun ini, LACMA memamerkan beberapa cuplikan film-nya dari Roma yang tidak hanya menyorot kepiawaian Cuarón dalam urusan komposisi gambar.

LACMA 2019 Art+Film Gala yang tahun ini dipimpin oleh Eva Chow dan Leonardo DiCaprio

lacma- elle.jpgfoto: Dok. ELLE

Acara tahun kali ini akan dipimpin oleh wali dari LACMA sendiri yaitu Eva Chow, dan aktor ternama dunia, Leonardo DiCaprio. Kedua tokoh tersebut telah aktif terlibat dengan museum LACMA sejak tahun 2011.

Baca juga: The Fur Industry Bets On Influencers For A Comeback 

Tags: LACMA, Saar, Cuaron, Alfonso, Betye