Merintis usaha startup hingga menjadi sukses tentu bukan hal yang mudah. Dibutuhkan kerja keras, ketekunan dan otak cerdas untuk meraih kesuksesan. Sudah banyak founder startup sukses Indonesia maupun luar negeri yang bisa dijadikan inspirasi dalam membangun perusahaan startup. Namun tidak hanya lewat kisah sukses para founder, kamu yang ingin memulai startup dapat belajar lewat 5 buku di bawah ini. Penasaran buku apa saja? Yuk cek listnya di bawah ini.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film, TV Series Netflix Dan HBO Di Bulan April 2019

The Lean Startup oleh Eric Ries

The Lean Startup.jpgFoto: Dok. goodreads 

Buku pertama yang perlu kamu baca adalah The Lean Startup. The Lean Startup adalah buku yang ditulis oleh penulis dan entrepreneur asal Amerika, Eric Ries. Eric memaparkan lean startup movement merupakan satu cara memulai startup dengan resiko kegagalan yang rendah. Dimana dengan cara melakukan riset scientific terlebih dahulu. Kamu juga bisa belajar bagaimana cara melakukan lean startup dan berpikir apakah kira-kira cara ini cocok untuk kamu.

Zero To One oleh Peter Thiel

Zero to one.jpgFoto: Dok. Flickr 

Pebisnis yang merupakan salah satu pendiri dari PayPal dan rekan Elon Musk, Peter Thiel juga pernah menulis buku berjudul Zero to One di tahun 2014. Dalam buku ini kamu bisa menemukan satu rahasia dari Peter untuk membangun startup sukses dan bagaimana untuk membuat sesuatu yang baru, unik dan tidak terpaku terhadap satu industri saja. Bagaimana cara menjadi beda dari pengusaha lain yang sudah sukses di satu bidang.

The Hard Thing About Hard Things oleh Ben Horowitz

The Hard Thing About Hard Things.jpgFoto: Dok. Amazon 

Co-founder dari perusahaan software Opsware, Ben Horowitz turut menyumbangkan pikirannya dalam sebuah buku yang bisa dibaca oleh para perintis perusahaan startup dengan judul The Hard Thing About Hard Things. Secara lengkap Ben menceritakan proses bagaimana dia membangun perusahaan, bagaimana menghadapi bermacam klien, karyawan atau masalah dan membangun mental yang dimiliki oleh seorang CEO. Ditulis dengan sedikit humor dan gaya bahasa yang santai membuat buku ini menarik sekali. Baca ya.

Measure What Matters oleh John Doerr

Measure What Matters.jpgFoto: Dok. goodreads 

Pada tahun 1999, investor Amerika John Doerr menginvestasikan uang sebanyak 12 miliar dollar AS untuk sebuah perusahaan startup teknologi yang memiliki kinerja yang bagus dan piawai dalam mengelola komputer yang sekarang disebut Google. Dalam bukunya yang berjudul Measure What Matters, investor berusia 67 tahun ini memberikan pelajaran untuk para perintis startup untuk teliti dalam menilai data, bekerja secara cepat namun tetap efisien dan melihat peluang di masa depan. Sehingga keputusan yang diambil dapat berefek baik untuk jangka panjang.

Venture Deals oleh Brad Feld

Venture Deals.jpgFoto: Dok. goodreads 

Penulis dan entrepreneur asal Amerika, Brad Feld sudah berkecimpung di dunia teknologi selama hampir 30 tahun dan mulai menjadi investor perusahaan startup sejak awal tahun 1990an. Berkaca dalam pengalamannya menghadapi bermacam hal, Brad menulis buku berjudul Venture Deals yang wajib kamu baca sebagai perintis perusahaan startup. Bagaimana cara membangun strategi bisnis yang tepat, mendapatkan bisnis modal dan menghadapi masalah awal membangun bisnis bisa kamu pelajari saat membaca buku ini. 

Baca juga: 6 Most-Influential Film Directors in Modern Indonesian Cinema

Tags: Entrepreneur, Arts, Books, Startups, Must Read Books