f811b735-899b-4a63-951d-d07680238922.jpgFoto dok: Formula E

Good news for all racing fans! Setelah ditunda beberapa tahun, akhirnya Jakarta resmi diumumkan menjadi tuan rumah ajang balap Formula E pada tanggal 4 Juni 2022 mendatang.

Keputusan tersebut ditetapkan oleh FIA World Motor Sport Council di Paris pada 15 Oktober 2021 lalu. Alberto Longo, selaku Chief Companionship Officer sekaligus founder Formula E, menyampaikan kabar baik tersebut serta mengapresiasi upaya Indonesia dalam berpartisipasi.

dc58d6fd-c287-4672-ae9e-fc7eb93dd7d3.jpgFoto dok: Sam Bloxham/LAT/Formula E

Dilansir dari Jakpro Group, Formula E akan memasuki musim ke-8 dan akan hadir di kota-kota ikonik dunia termasuk Rome, Monaco serta New York dan masih banyak lagi. Jakarta E-Prix 2022 akan menjadi gelaran balap pertama, dari tiga balapan yang akan dilaksanakan secara berurutan. 

Kendati demikian, lokasi sirkuit masih di rahasiakan dan berdasarkan kabar yang beredar, aka nada lima lokasi yang akan dipilih untuk pertandingan ini. Penentuan tersebut akan ditinjau langsung oleh FIA selaku pemegang lisensi dan Jakpro sebagai penyelenggara di Jakarta agar masuk kualifikasi standar internasional.

7a605661-23f5-461e-9d48-584dedfb9247.jpgFoto dok: fiaformulae.com

Lebih dari sekedar ajang balapan, Formula E mendatang juga hadir dengan misi untuk menciptakan lingkungan berkelanjutan yang sesuai dengan filisofi mobil listrik. Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo juga turut mengatakan bahwa Indonesia sedang mempersiapkan reformasi untuk memastikan ekosistem kompetitif untuk kendaraan listrik dan industri baterai mobil untuk berkembang. Ditambah lagi Indonesia yang sudah diketahui sebagai produsen nikel terbesar di dunia dan bisa menjadi  komponen utama bagi kendaraan listrik. 

Kiranya ajang balapan Formula E juga bisa memperkenalkan dunia baik turis maupun investor akan kemajuan negara. Karena hal itu, Formula E juga akan digelar dalam serangkaian acara yang juga akan membuka kesempatan bagi UMKM dan stakeholder untuk bergabung sebagai bentuk upaya pemanfaatan ekonomi.

Selain Formula E, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah beberapa gelaran balap dunia, termasuk MotoGP. Hal ini tentunya akan memberikan kesempatan yang besar untuk mempromosikan negeri Indonesia.