Pride Month adalah bulan yang tepat untuk pergi ke beberapa kota dan melihat bagaimana mereka merayakan perbedaan. Mulai dari bendera pelangi hingga pawai, ada banyak sekali kota-kota di seluruh dunia yang merayakan Pride Month dengan unik. Setiap tahunnya, jalanan dari kota-kota ini berubah menjadi pesta yang besar. Semua perayaan Pride Month memiliki satu tujuan yang sama, untuk menunjukkan persamaan untuk LGBTQ+ dan hak asasi manusia. Inilah beberapa kota yang merayakan Pride Month.

New York

Kota besar ini akan merayakan Pride Month besar-besaran, terlebih lagi tahun ini menandakan 50 tahun semenjak kerusuhan Stonewall. Pawai besar-besaran di kota ini akan dimulai pada tanggal 30 Juni nanti, selain itu kota New York ini akan merayakan WorldPride selama sebulan penuh. Penutupannya akan dilaksanakan di Times Square yang dirumorkan Madonna akan tampil.

 San Francisco

Masih berada di Amerika Serikat, San Francisco akan merayakan Pride Month pada tanggal 29 hingga 30 Juni. Pada hari Jumat, sehari sebelum perayaan Pride, akan ada Trans March, yang menjadi acara Pride transgender terbesar di Amerika Serikat yang bertempat di dalam dan sekitar Mission Dolores Park. Sementara pada hari Sabtu, akan ada banyak bar dan klub yang menyediakan pesta besar-besaran mereka. Area sekitar The Castro dan Mission District akan menjadi pesta jalanan terbesar pada hari itu.

Madrid

Sebagai Pride Month terbesar di Eropa, perayaan di Madrid terasa lebih seperti festival daripada pesta. Selain itu, akan diadakan festival bernama We Pride Festival yang berlangsung selama tiga hari dengan DJ ternama dan drag queen yang terkenal. Parade akan dimulai pada tanggal 6 Juli dan berjalan mulai dari pukul 5 sore waktu setempat hingga tengah malam. Mulai dari Atocha Station dan berakhir di Plaza de Colón dimana akan ada panggung besar, penampilan, dan talkshow. Sebelum parade dimulai, akan ada beberapa acara budaya, seperti pameran seni, screening film, dan balapan high heels.

Reykjavik

Memasuki ketahun dua puluh, Reykjavik Pride atau Hinsegindagar (Queer Days) biasanya akan dihadiri hampir sepertiga dari populasi di negara ini. Pada tahun ini, perayaannya akan diperpanjang menjadi empat hari, dimulai dengan pembukaan pada tanggal 8 Agustus dan diakhiri dengan Pride Parade ditambah dengan festival sehari penuh dan pesta pada tanggal 17 Agustus.

Manchester

Pride Parade di Manchester tahun ini akan dimulai pada tanggal 23 Agustus dengan gratis, dan tema tahun ini adalah ‘Deep Space Pride: A Future World of Equality’ dimana para hadirin yang datang untuk membayangkan seperti apa dunia nanti untuk komunitas LGBTQ+ dimasa depan. Banyak sekali hal yang kamu dapat lakukan di Manchester, mulai dari kios-kios, pertunjukkan, singalong cinema dan tiket-tiket disana tentunya memiliki harga yang terjangkau.

Baca juga: How Friendly Is Hongkong On The LGBT Rights?