Sejak dirilis pada 5 Februari ini, film Korea berjudul “Space Sweepers” berhasil menempati posisi nomor satu sebagai film paling populer Netflix di berbagai negara. Film bergenre fiksi ilmiah ini juga merupakan film tentang luar angkasa pertama di Korea Selatan.

Dibintangi oleh berbagai aktris dan aktor ternama seperti Song Joong Ki, Kim Tae Ri, Yoo Hae Jin dan  Jin Sun Kyu, film ini bercerita mengenai petualangan sekelompok orang di luar angkasa pada tahun 2092. Sebelum kamu menonton film terbaru ini, berikut lima hal yang perlu kamu ketahui.

1/5 Film luar angkasa pertama Korea

1.jpgFoto dok: denofgeek.com

“Space Sweepers” digembar-gemborkan sebagai blockbuster sci-fi Korea pertama yang berlatar luar angkasa. Tidak mengeherankan jika film ini langsung menyabet gelar film terpopuler no.1 di berbagai dunia. Sebelumnya, Korea Selatan banyak merilis film fiksi ilmiah, namun sebagian besar hanya berlatarkan di masa depan atau distopa. Rilisnya film terbaru ini tentu menjadi angin segar bagi industri perfilm-an Korea untuk menproduksi film dengan tema serupa di masa depan. Dengan adanya rencana pembangunan hotel mewa luar angkasa pada tahun 2024, topik luar anglasa akan terus memukau imajinasi kita tentang kehidupan di luar sana.

2/5 Perilisan sempat tertunda akibat pandemi

2.jpgFoto dok: Netflix

Seperti film lainnya, perilisan film ini juga sempat tertunda akibat pandemi. Dilansir dari media asing, proses syuting film ini sebenarnya sudah dimulai pada 2019 dan dijadwalkan untuk rilis tahun lalu. Selain itu, film ini juga rencananya akan dirilis bertepatan dengan liburan Chuseok Korea Selatan, namun sekali lagi harus tertunda akibat meningkatnya kasus Covid-19. Akhirnya, produser dan kru film tersebut memutuskan untuk merilis film ini secara ekslusif di Netlflix.

3/5 Ceritanya ditulis 10 tahun sebelum perilisan

3.jpgFoto dok: cbr.com

Menjadi film pertama bertema luar angkasa di Korea Selatan, tentunya cerita harus ditulis secara detail. Ide penulisan sebenarnya sudah ada di tahun 2009, bahkan sebelum film pertama sang sutradara, Jo Sung-hee berjudul “A Werewolf Bay” meraup kesuksesan di tahun 2021. Joe mengatakan pada salah satu wawancaranya bahwa ia selalu mendengar banyak cerita mengenai space junk dan space sweepers dari salah seorang temannya. Hal tersebut pun akhirnya menginspirasi Jo untuk mengembangkan ide dan menjadikannya blockbuster film.

4/5 Trending no.1 di berbagai negara

4.pngFoto dok: Netflix 

Tidak hanya di Korea Selatan, “Space Sweepers” juga menempati posisi No.1 film Netflix di berbagai negara seperti Filipina, Prancis, Hong Kong, Malaysia dan 16 negara lainnya.

5/5 Dibintangi oleh pemain papan atas

146622887_119457003439620_2354610366502560005_n.jpgFoto dok: Netflix  

Space Sweepers dibintangi oleh berbagai pemain papan atas seperti Kim Tae-ri yang sukses dengan film-nya “The Handmaiden” dan Song Joong-ki dengan film-nya “Descendents of the Sun.” Pada awal Juni 2018, Song dikabarkan sudah menyetujui untuk membintangi film Jo setelah “A Werewolf Bay,” bahkan sebelum ia membaca naskahnya. Pada tahun 2019, Kim pun turut bergabung dalam film ini. Selain dua bintang utama ini, Space Sweepers juga menampilkan Jin Seon-kyu (The Outlaw) dan Yoo Hae-jin. Aktor Inggris, Richard Armitage juga turut mengambil peran dalam film ini, yang juga sekaligus menjadi film Korea pertamanya.