Ang.jpgFoto dok: Britannica.com

Aktris papan atas Angelina Jolie baru-baru ini menjual lukisan karya mantan Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill bernama "Tower of the Koutoubia Mosque" yang sebelumnya dihadiahkan oleh mantan suaminya, Brad Pitt pada tahun 2011.

Dilelang pada Senin, 1 Maret 2021, lukisan ikonik tersebut berhasil terjual seharga 11,5 juta dolar AS atau setara dengan Rp 165 miliar kepada pembeli anonim. Harga jualnya juga dikabarkan mencapai empat kali lipat dari perkiraan harha awal sebesar 2,9 juta dolar AS atau Rp 41 miliar.

Paint.jpgFoto dok: Bostonglobe.com

Dilansir dari media asing, lukisan “Tower of the Koutobia Mosque” juga memiliki nilai sejarah dan politik yang tinggi. Pasalnya, lukisan ini merupakan satu-satunya karya yang diselesaikan oleh Winston pada 1939-1945 setelah ia bertemu dengan mantan Presiden Amerika serikat, Franklin D. Roosevelt di Konferensi Casablanca pada Januari 1943.

Kabarnya, lukisan ikonik ini juga awalnya diberikan kepada Franklin sebagai kenang-kenangan dari perjalanan dinas mereka. Setelah ia menutup usia, lukisan ini pun dilelang dan akhirnya dibeli oleh Brad Pitt.

Setelah bercerai pada tahun 2019, Angelina dan Brad dilaporkan masih berupaya untuk membagi asset mereka, di mana lukisan tersebut terdaftar sebagai “property koleksi keluarga Jolie” dalam katalog rumah lelang.