okel.jpg

 Foto:Dok.freepik.com

Pernah berpikir atau memiliki angan agar si kecil bisa belajar bahasa asing dengan guru native speaker hanya dari rumah? Kini, kalian dan si kecil bisa melakukannya dengan sangat mudah. Dengan perkembangan dunia yang semakin cepat, kita dituntut untuk dapat beradaptasi dan menyesuaikan. Era globalisasi mendorong penggunaan bahasa asing menjadi hal yang lumrah dalam sehari-hari. Oleh karenanya, sedini mungkin, bahasa asing perlu diperkenalkan dan dipelajari. Walau tidak ada kata terlambat dalam belajar, nyatanya usia emas anak-anak paling disarankan untuk belajar bahasa asing. Dalam rentang usia 0-6 tahun, pertumbuhan dan perkembangan anak meningkat pesat. Bahkan di dalam otak bayi terdapat Language Acquisition Device yang menyebabkan bayi lebih cepat mengerti bahasa yang diajarkan meskipun hanya lewat suara.

 

Belajar bahasa asing sejak masih kecil juga memiliki beberapa manfaat, seperti meningkatkan kecerdasan akademik dan kemampuan anak untuk memecahkan masalah, memperkuat daya ingat, melatih rasa percaya diri, dan memperluas wawasan budaya. Kemampuan menguasai beberapa bahasa, juga mendorong anak-anak mampu lebih fokus dan terampil dalam berkomunikasi. Dengan manfaat yang begitu besar, tidak heran terjadi peningkatan permintaan belajar bahasa asing dalam beberapa tahun ke belakang. Misalnya, seperti bahasa Inggris dan Mandarin, merupakan bahasa asing yang banyak dipelajari.

 

Walau begitu, setiap anak memiliki kelebihan dan keunikannya masing-masing. Termasuk dalam proses pembelajaran bahasa. Tidak semua anak memiliki kecepatan yang sama untuk menguasai sebuah bahasa baru. Ada juga yang membutuhkan teknik-teknik tertentu agar lebih mudah memahami bahasa tersebut. Setidaknya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu anak belajar bahasa asing. Utamanya, dapat dimulai dari internal keluarga terlebih dulu, dengan membuat sebuah kebiasaan baru bersama-sama. Penggunaan aplikasi bahasa juga dapat membantu anak-anak belajar. Bisa pilih aplikasi untuk satu bahasa saja atau yang punya beberapa pilihan. Semua tergantung kebutuhan.

 

Pilihan paling populer lainnya untuk belajar bahasa asing adalah melalui kursus. Dengan bergabung dalam lembaga kursus bahasa asing, anak akan mendapat pelajaran bahasa asing yang lebih spesifik dan terstruktur. Beberapa di antaranya bahkan memiliki metode dan kurikulum internasional yang disesuaikan dengan kemampuan perkembangan anak. Alhasil, anak jadi lebih mudah dan cepat memahami bahasa baru. Seperti yang dikembangkan oleh LingoAce, platform belajar bahasa yang berpusat di Singapura.

 Tanpa judul(1).jpg

 Foto:Dok.freepik.com
 

Sejak pertama kali berdiri pada 2017, LingoAce telah mengembangkan metode belajar bahasa asing yang lebih sesuai dengan anak-anak. Metode belajar yang disebut dengan metode imersif, dianggap sebagai salah satu metode terbaik untuk belajar bahasa. Dengan metode ini, anak-anak bisa memahami materi pelajaran dengan lebih baik dan lebih mudah. Bahkan mereka tidak perlu lagi belajar bahasa asing hanya dengan menghafal. Untuk kursus bahasa Mandarin, LingoAce juga menggunakan berbagai silabus yang terakreditasi secara global untuk menyesuaikan tiap keunikan dan kebutuhan anak. Seperti menggunakan silabus dari Departemen Pendidikan Singapura, Departemen Pendidikan China, hingga Youth Chinese Test (YCT).

 

Di LingoAce, tidak hanya para pengajar yang berkomitmen penuh, tetapi orang tua juga dilibatkan untuk mengetahui perkembangan pembelajaran anak. LingoAce mendorong orang tua turut meluangkan waktu bersama anak untuk belajar mandiri, di luar dari waktu belajar utama. Selain itu, orang tua juga mendapatkan laporan performa anak yang mendetail. Durasi kursus dibatasi 55 menit dan 25 menit untuk anak dengan usia lebih muda. Kelas yang tersedia maksimal hanya diisi oleh enam anak dan menyediakan kelas privat agar fokus hanya pada satu anak. LingoAce hanya menyediakan pengajar-pengajar terbaik dengan standar yang tinggi.

 

Untuk pendaftaran di LingoAce, kamu cukup isi formulir pendaftaran dan pilih kelas free trial sesuai kebutuhan. Misalnya, untuk program bahasa Mandarin atau bahasa Inggris. Nantinya Tim Course Consultant LingoAce akan segera menghubungimu untuk melakukan konsultasi gratis dan evaluasi kemampuan bahasa anak. Setelahnya, anak dapat ikut kelas trial. Informasi lebih lanjut tentang promo dan keseruan LingoAce lainnya, dapat mengunjungi Instagram LingoAce Indonesia di @lingoace.id dan untuk pendaftaran langsung bisa klik disini.