Untitled.png

Foto: Dok. Pixabay.com

Dari sekian banyaknya para pengguna smartphone, aplikasi kencan online menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diinstal oleh para generasi muda. Selain mempermudah para pengguna dalam menemukan para pasangan, dating apps juga banyak digunakan untuk mencari teman maupun sahabat online yang memiliki kegemaran serupa. Salah satu aplikasi tersebut adalah Tinder. 

Siapa yang tidak mengetahui Tinder? Tahun ini, aplikasi kencan online paling populer tersebut telah sukses berjalan selama hampir sepuluh tahun setelah debut pertamanya di tahun 2012. Seiring perjalanan waktu, aplikasi serupa seperti Bumblee dan Hinge pun turut mendapatkan kepopuleran serupa. Dikutip dari katadata.com, jumlah pengguna dating apps di seluruh dunia sampai tahun 2021 sudah mencapai 323,9 juta user di seluruh dunia. 

Namun, masih banyak para pengguna dating apps yang masih melajang sampai sekarang. Diluar dari mereka yang hanya berniat mencari teman saja, para pengguna user yang terus berusaha mencari pasangan tersebut ternyata melakukan beberapa kesalahan yang tidak mereka sadari. Seperti tidak mencantumkan secara jelas kriteria pasangan mereka ataupun menggunakan foto profil dengan sudut yang tidak menarik. Bagi para pria dan perempuan lajang yang sedang memberikan usaha terbaiknya untuk mendapatkan pasangan melalui aplikasi kencan online, pelajari 5 hal ini sebelum kalian berjodoh dan memulai percakapan. 


1/5 Menulis bio diri yang jelas

hands-1851218_1920.jpg

Foto: Dok. Pixabay.com

Salah satu kesalahan orang ketika mengunduh aplikasi kencan adalah tidak berpikir terlalu dalam tentang hal-hal mendasar mengenai apa yang mereka cari dan pasangan yang mereka inginkan. Sering kali bagian bio tersebut dibiarkan kosong, dimana tentunya mengundang sedikit kecurigaan oleh para pengguna lainnya. 

Padahal, dengan menulis bio yang jelas membuat para pengguna memiliki peluang lebih tinggi untuk menemukan pasangan yang kompatibel apabila mereka mau sedikit berusaha untuk memberi tahu preferensi kepribadian dan pasangan mereka. Selain itu, para pengguna juga bisa memasukan berbagai pick-up lines yang tentunya akan membuat para pengguna aplikasi kencan menjadi penasaran dan menggeser profile tersebut ke kanan.  

Pastikan kolom biografi tersebut menyoroti harapan dan menunjukkan hal-hal yang ingin kalian lakukan.

2/5 Hindari menggunakan foto beramai-ramai

naassom-azevedo-Q_Sei-TqSlc-unsplash.jpg

Foto: Dok. Pixabay.com

Menggunakan foto sendiri akan memudahkan para pengguna untuk mengetahui bagaimana tampilan dan style kalian. Namun, apabila user tersebut menggunakan foto bersama sekumpulan sahabat, tentunya akan menyulitkan para pengguna untuk mengetahui siapa dia sebenarnya dan berakhir dengan penolakan. 

Dengan memiliki beragam foto dari berbagai angle tentunya akan menambah daya tarik para pengguna aplikasi kencan. Apabila para pengguna tersebut kurang memiliki kepercayaan diri, mereka bisa menambahkan satu atau dua foto dimana para pengguna tersebut terlibat dalam aktifitas yang mereka nikmati. Salah satunya adalah ketika memainkan alat musik maupun berolahraga. 

3/5 Swipe profil yang benar-benar membuatmu tertarik

hello-i-m-nik-NGuctdgsuGc-unsplash.jpg

Foto: Dok. Pixabay.com

Sangat menggoda untuk merasionalisasi bahwa semakin banyak jodoh yang dimiliki, semakin tinggi peluang untuk menemukan cinta. Padahal, kualitas dan kesempatan untuk bertemu pasangan tidak bisa dilihat dari banyaknya jumlah jodoh yang dimiliki. Tentunya akan menjadi sangat menyedihkan apabila para pengguna user ini bertemu dengan berbagai profil yang ternyata tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. 

Cobalah berkomitmen untuk hanya menggeser ke kanan jika profil orang tersebut sesuai dengan apa yang dicari seperti kesamaan minat, nilai, aspirasi karier, serta ketertarikan baik di fisik maupun kepribadian mereka. 

4/5 Buatlah pertemuan setelah mengenal cukup lama

priscilla-du-preez-K8XYGbw4Ahg-unsplash.jpg

Foto: Dok. Pixabay.com

Walaupun salah satu tips kencan online terpopuler adalah dengan tidak mengobrol terlalu banyak sampai saat bertemu nanti, mengatur pertemuan kencan yang cepat tentunya juga memiliki resiko sendiri. Berkencan dengan pasangan dalam waktu yang terlalu cepat tidak serta merta membuat mereka mengetahui bagaimana kepribadian pasangan yang akan ditemui. Selain belum mengetahui apa saja kesukaan dan ketidaksukaan mereka, para pengguna juga memiliki resiko untuk menghabiskan waktu bersama orang yang tidak ramah dan bisa jadi memiliki suatu agenda sendiri. 

Habiskan beberapa hari untuk mengenal seseorang melalui obrolan untuk memberikan sebuah gambaran umum seperti mengetahui nilai dan minat bersama, selera humor, dan faktor lain yang penting bagi pengguna itu sendiri seperti hobi travelling ataupun kuliner. 

5/5 Menjadi diri sendiri

taisiia-stupak-nEJfZHFNMSY-unsplash.jpg

Foto: Dok. Pixabay.com

Untuk mendapatkan pasangan, para pengguna aplikasi kencan tersebut tidak perlu untuk memalsukan jati diri mereka. Walaupun para pengguna aplikasi kencan tersebut ingin memberikan yang terbaik pada saat kencan pertama mereka, bukan berarti berpura-pura menjadi orang lain atau melebih-lebihkan cerita kehidupan dapat serta-merta meningkatkan ketertarikan calon pasangan. 

Hal terpenting ketika bertemu calon pasangan adalah dengan menampilkan diri sendiri secara apa adanya. Jadilah diri sendiri,  tampilkan kepercayaan diri yang kuat, dan bersiaplah untuk menemukan pasangan yang akan menghargai hal tersebut. .