Setelah kesuksesan Indonesia dalam menggelar Asian Games 2018, Indonesia resmi mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Pencalonan ini ditandai dengan penyerahan surat asli Presiden RI kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach di Sekertariat IOC, Lausanne, Swiss. Berikut ini sejumlah fakta-fakta tentang pencalonan Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032.

Penyerahan Surat Pencalonan

Penyerahan surat yang menyatakan keinginan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032 mendatang itu dilakukan oleh Dubes RI di Bern, Swiss pada 11 Februari 2019.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo secara lisan telah menyampaikan keinginan Indonesia untuk menjadi tuan rumah olimpiade kepada Thomas Bach saat ia berkunjung ke Indonesia pada tahun 2018 kemarin. Selain itu, Presiden juga telah menyampaikan surat yang menyatakan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah itu secara tertulis. Salinan surat yang telah diterma oleh Thomas Bach itu mendapatkan respon yang positif, terlebih lagi setelah kesuksesan Indonesia dalam menggelar perhelatan Asian Games dan Asian Paragames 2018.

Dubes RI di Bern menyampaikan bahwa aplikasi Indonesia sebagai tuan rumah calon Olimpiade 2032 dapat menjadi kesempatan yang baik untuk menunjukkan kemampuan ekonomi Indonesia.

Yakin Indonesia Siap

Mantan Ketua Pantia Penyelenggara Asian Games (Inasgoc) 2018 yang juga Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir mengapresiasi langkah Indonesia yang mencalonkan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Menurut Erick, langkah tersebut sudah sesuai dengan rencananya, dimana setelah menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia akan mengajukan surat resmi menjadi tuan rumah olimpiade. Keyakinan Erick ini bukanlah tanpa alasan, ia menilai Indonesia mampu menggelar Asian Games kendati waktu persiapan yang mepet.

Erick juga berpesan, agar pencalonan Indonesia berjalan mulus, Indonesia harus lebih sering menggelar atau menjadi tuan rumah kejuaraan internasional. Salah satu kejuaraan yang akan digelar di Indonesia adalah Piala Dunia Bola Basket 2023. Pada kejuaraan itu, Indonesia bersama Filipina dan Jepang menjadi tuan rumah.

Kapan Pemilihan Tuan Rumah dilakukan?

International-Olympic-Committee-Esports-Decision.jpg

Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan dalam pertemuan Komite Olimpade Internasional (IOC) pada tahun 2025 mendatang. Saat ini, Tokyo, Paris, dan Los Angeles sudah ditetapkan menjadi tuan rumah Olimpiade berturut-turut yaitu pada tahun 2020, 2024, dan 2028.

Pesaing Indonesia

Asian-games-jakarta-palembang-2018-1.jpgsource: tourfrombali.com

Indonesia yang berusaha untuk menjadi negara Asia Tenggara pertama sebagai tuan rumah Olimpiade kemungkinan akan bersaing dengan sejumlah negara, termasuk negara tetangga Malaysia-Singapura, Jerman, Australia, India, dan kemungkinan Korea Bersatu.

Jerman akan menawarkan 13 kotanya sebagai lokasi venues mulai dari kota Dusseldorf, Dortmund, Cologne, dan Bonn. Sebelumnya tidak ada Olimpiade yang digelar di kota sebanyak itu. Alasan Jerman adalah untuk penghematan biaya dan efisiensi, karena diperkirakan hanya 20 persen saja sarana dan prasarana yang harus dibangun.

Lalu, Australia kembali mengandalkan kota Brisbane dan Melbourne sebagai calon tuan rumah setelah kalah pada pencalonan 2024 dan 2028.

Dari Asia, setidaknya ada lima negara yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah. Selain Indonesia, ada gabungan Malaysia-Singapura, Cina, gabungan Korea Utara dan Korea Selatan, dan India.

Dari Eropa, selain Jerman ada beberapa kandidat yang juga mencalonkan diri. Rusia mengajukan St. Petersburg, Kazan, dan Sochi, Hungaria mengandalkan ibukota Budapest, Spanyol mengajukan duet Madrid-Valencia, dan Belanda mengajukan Amsterdam.

Dari Afrika, negara Mesir, Ghana, dan Afrika Selatan mencalonkan diri untuk Olimpiade 2032. Mesir mencalonkan Kairo, kemudian Ghana memilih Accra, dan Afrika Selatan menunjuk Johannesburg.

Sementara dari Amerika, sejauh ini baru Argentina yang mencalonkan diri dengan mengandalkan Buenos Aires.

Daerah Indonesia mana yang Siap Menjadi Tuan Rumah Olimpiade?

asian-games-jakarta-.jpgsource: qerja.com

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir pernah mengatakan dua daerah di Indonesia yang layak menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade 2032 adalah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Erick menyatakan bahwa masalah utama penyelenggaraan mutli-cabang olahraga adalah sepak bola. Jakarta tidak bisa membangun lima stadion tambahan, maka dari itu Jakarta membutuhkan bantuan dukungan dari Jawa Barat atau Banten. Selain itu, perhitungan jarak tempuh perjalanan atlet atau ofisial peserta Olimpiade juga menjadi pertimbangan daerah sebagai tuan rumah penyelenggaraan.

Selain itu, Erick juga mengatakan Indonesia harus memulai mempersiapkan diri sebagai tuan rumah mulai tahun 2019 dengan membentuk tim persiapan. Terkait anggaran, Erick menyebut penyelenggaraan Olimpiade akan membutuhkan anggaran empat kali lipat dari anggaran penyelenggaraan Asian Games 2018.

Erick tetap mendorong Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 sebagaimana telah dinyatakan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

Baca: Cara Mengatur Keuangan Versi Youtuber Dan Komika Indonesia, Raditya Dika