remb.jpgFoto dok: Sotheby's Twitter 

Baru-baru ini, balai lelang Sotheby’s London mengumumkan bahwa salah satu lukisan potret diri karya Rembrandt akan dilelang pada Juli 2020 dengan harga panduan 12 – 16 juta Euro, 15-20 juta Euro dan 13-18 juta Euro.

Pihak Sotheby’s menerangkan bahwa saat ini hanya ada tiga potret diri karya seniman lukis legendaris asal Belanda yang tersisa di tangan pribadi. Salah satunya, ditemukan dan dijual di Sotheby’s London pada 2003 lalu yang sekarang dipamerkan di Leiden Collection di New York, kedua yang dipinjamkan secara jangka panjang ke Galeri Nasional Skotlandia dan ketiga adalah ‘Self-potrait wearing a ruff and black hat’ yang rencananya akan mulai di lelang di Sotheby’s London pada 28 Juli mendatang.

Lukisan yang masuk ke dalam seri “Self-Portrait” tersebut merupakan salah satu dari 80 karya potret diri yang diciptakan oleh legenda lukis asal Belanda ini dan dilukis menjelang akhir tahun 1632. Lukisan ini juga dibuat pada momen terpenting dalam karirnya, lebih tepatnya pada usianya yang ke-26 tahun di mana ia baru saja melebarkan sayapnya di Amsterdam dan menikmati kesuksesan komersial pertamanya.

 twi.png

 

Berbeda dari karya self-portrait yang pernah ia lukis, Rembrandt terlihat mengenakan pakaian hitam yang dilengkapi dengan ruffles berwarna putih pada bagian lehernya dan topi dengan hiasan berwarna emas. ‘Self-potrait wearing a ruff and black hat’ ini juga merupakan salah satu dari dua potret dirinya di mana Rembrandt menunjukkan dirinya dengan pakaian formal. 

Dilansir dari artdependence, Rembrandt sengaja memilih pakaian tersebut untuk menunjukkan bahwa ia memiliki kesetaraan sosial dengan kliennya yang pada masa itu berasal dari kalangan atas.

Selain itu, ada kemungkinan kedua yang disimpulkan yang sifatnya lebih personal. Bertepatan dengan lukisan yang dibuatnya tersebut, Rembrandt sedang berpacaran dengan kekasihnya yang juga merupakan muse terbesarnya, yaitu Saskia van Uylenburgh. Melalui analisanya, artdependence menyebutkan bahwa sang legenda menggunakan potret dirinya untuk dikirimkan kepada kerabatnya yang jauh dari Leeuwaerden dan untuk membuktikan kepada mereka bahwa kekasih Saskia yang berpakaian rapih adalah calon suami yang makmur dan tepat untuk kekasihnya.