2020 sudah tiba, tidak dapat dipungkiri jika tren teknologi akan berganti pula dari tahun sebelumnya. Seperti contohnya 6 tren teknologi di bawah ini yang diperkirakan akan menguasai tahun 2020. Cek di sini untuk mengetahui list lengkapnya. 

1/6 AI untuk pabrik 

ai oixabay.jpgFoto: Dok. Pixabay

AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan seperti Siri di IoS atau Google Assistant secara tidak sadar sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Namun di tahun 2020, AI ditaksir akan banyak dipergunakan dalam kegiatan manufaktur pabrik. AI dinilai akan dilengkapi dengan teknologi pengenal emosi (emotion recognition) dan computer vision. Di AS, sudah terdapat banyak usaha rintisan atau startup yang mengguakan AI sebagai penggerak manufaktur pabrik, seperti Kindred, yang membantu memfakturkan brand fashion GAP dan Vicarious, yang berhasil menarik perhatian pengusaha sekelas Elon Musk, Mark Zuckerberg dan Jeff Bezos untuk berinvestasi. 

2/6 5G dan Starlink Broadband 

forbes 5g.jpgFoto: Dok. Forbes

Era baru Internet akan semakin terlihat jelas di tahun 2020. Teknologi 5G yang menjadi panggung perlombaan antara Amerika dan China ditaksir akan menjadi salah satu trend paling besar bagi smartphone. Tidak hanya 5G, bisnis Starlink Broadband yang dikembangkan SpaceX juga menjadi perhatian. SpaceX sendiri sudah berhasil meluncurkan sekitar 2.500 satelit sampai hari ini dan akan meluncurkan hingga 12.000 satelit lagi hingga tahun 2023. Sehingga tidak heran jika kecepatan Internet di 2023 akan akan sangat cepat berkat SpaceX. 

3/6 IoT 

iot pixabay.jpgFoto: Dok. Pixabay 

IoT atau Intenet of Things memang sudah tidak terdengar asing lagi dan di tahun 2020, eksistensi IoT ditaksir akan semakin berkembang. Contohnya seperti Amazon Go. Produk dari raksasa e-commerce AS, Amazon ini menggunakan teknologi IoT dan computer vision yang membuat para penggunanya dapat berbelanja tanpa harus mengantri untuk membayar. Dengan IoT ini para pengguna Amazon Go hanya tinggal melakukan scan QR Code saat masuk dalam toko Amazon Go untuk membeli apapun yang mereka butuhkan. Serupa dengan Amazon Go, berbagai perusahaan lain seperti Accel Robotics dari AS, Trigo dari Israel juga mengaplikasikan IoT untuk membantu lingkungan dan masyarakat.

4/6 Teknologi penerbangan (Roket) 

inverse star.jpgFoto: Dok. Inverse

Sepertinya di tahun 2020, manusia akan memiliki akses lebih mudah untuk menuju luar angkasa. Sebut saja perusahaan roket ternama seperti SpaceX yang mengemabangkan roket Starship yang memiliki sistem transportasi yang bisa digunakan kembali (reuse), sehingga bisa membawa manusia terbang ke bulan, Mars dan orbit bumi dalam waktu 20 hingga 30 menit lebih cepat.

5/6 AI untuk Analisa Genome 

dorbes med.jpgFoto: Dok. Forbes 

Dunia medis juga akan mengalami dampak dari kemajuan teknologi. Di tahun 2020, teknologi AI akan membantu para pelaku medis untuk memprediksi penyakit di level Genome Analysis. Nantinya, perkembangan dari teknologi ini akan mampu mempelajari penyakit sehingga bisa dicari pencegahannya. Di US sendiri, beberapa startup seperti 23andMe dan Color sudah mengembangkan teknologi di level analisa Genome. Tidak hanya itu, berbagai alat penunjang medis seperti MRI, CT Scan dan X-Rays juga akan menggunakan teknolgi AI. 

6/6 Computer Vision untuk pertanian

plant enginerringnews.co.za.jpgFoto: Dok. Engineeringnews.co.za 

Tidak hanya di dunia media, dunia pertanian juga akan menggunakan teknologi terdepan di tahun 2020. Menggunakan teknologi computer vision, para petani akan lebih mudah untuk memonitor pertumbuhan padi. Contoh perusahaan yang memiliki teknologi ini adalah Ceres Imaging dan Farmwise dari Amerika hingga Taranis dari Israel. Tidak hanya itu, Abundant Robotics, robot yang bisa menanam sayuran dan buah hingga teknologi untuk meningkatkan efisiensi pertumbuhan padi dari Bowery Farming turut ditaksir akan masuk dalam trend di 2020.

Baca juga: 3 Simple Steps To Practicing Gratitude For A Happier 2020

Tags: Tech, Tatler Guide, Teknologi, 2020