It’s that time of the year again. Bulan Desember merupakan salah satu bulan yang identik dengan suasana festive yang penuh kebahagiaan Natal. Tentu saja, berhubung perayaan bahagia ini pun juga dirayakan hampir di seluruh negara di dunia, setiap negara pastinya memiliki cara dan tradisi yang berbeda-beda untuk menyambut dan merayakan hari Natal. Oleh karena itu, dalam #TatlerChristmas edisi kali ini, Indonesia Tatler sudah merangkum lima tradisi Natal menarik yang mungkin belum kamu ketahui di Eropa.

1/5 Irlandia

1.jpg

Foto: irishcentral.com

Merupakan salah satu negara Eropa yang merayakan hari Natal, tentu Irlandia juga memiliki beberapa tradisi Natal menarik yang dilakukan tiap tahun. Salah satu contohnya, pada malam Natal, beberapa penduduk Irlandia akan meletakan lilin-lilin berwarna merah di depan jendela rumah sebagai sambutan hangat yang ditujukan pada Mary dan Joseph. Tidak hanya itu, contoh lain meliputi permainan minum bernama “12 Pubs of Christmas”, di mana penduduk Irlandia akan berkumpul bersama teman-teman mereka untuk menjelajahi kota dan mengunjungi 12 bar. Tentu saja, dalam permainan ini para peserta harus mengikuti serangkaian peraturan yang ditentukan dan berbeda-beda di tiap bar atau mereka akan mendapatkan hukuman.

2/5 Ukraina

2 Radiolemberg.jpg

Foto:radiolemberg.com

Berbeda dari yang lainnya, penduduk Ukraina merayakan hari Natal pada bulan Januari tiap tahunnya, di mana malam Natal jatuh pada tanggal 6 Januari. Pada malam Natal, para penduduk Ukraina akan menikmati menu utama Natal yang disebut “Sviata Vecheria” atau Holy Supper, di mana hidangan ini tidak bisa dinikmati sebelum bintang pertama dapat terlihat di langit malam. Selain itu, pada hari Natal, beberapa kelompok penduduk akan berkeliling kota untuk menyanyikan lagu Natal.

3/5 Austria

3 travelandleisure.jpg

Foto: travelandleisure.com

Jika biasanya hari Natal merupakan perayaan yang identik dengan Santa, perayaan Natal di Austria rupanya sangat berbeda, bahkan bisa dibilang unik. Alih-alih menghadirkan Santa, suasana Natal di Austria lebih identik dengan Krampus, yaitu sosok menyeramkan yang hadir setiap hari-hari Natal untuk menculik dan menghukum anak-anak nakal. Oleh karena itu, pada malam sebelum perayaan St. Nicholas yang jatuh pada tanggal 6 Desember, kamu akan menemukan orang-orang yang mengenakan kostum Krampus dan berkeliling kota sebagai bagian dari tradisi Natal di Austria.

4/5 Spanyol

4 holidayextras.co.uk.jpg

Foto: holidayextras.co.uk

Salah satu tradisi Natal yang populer di Spanyol, tepatnya di Catalonia, adalah Tió de Nadal atau juga dikenal sebagai Caga Tió (pooping log). Tió de Nadal ini merupakan sebuah balok kayu yang didekorasi dan diberikan muka dan kaki, kemudian disimpan di dalam rumah atau taman keluarga-keluarga Catalonia. Pada waktu-waktu tertentu di bulan Desember, anak-anak akan memberi makan permen pada balok-balok ini dan menyelimuti mereka agar tetap hangat. Namun, pada malam Natal, anak-anak akan memukuli balok ini sembari menyanyikan lagu Natal tradisional dan setelah itu, Tió de Nadal akan mengeluarkan hadiah dan permen.

5/5 Swedia

5 thelocal.se.jpg

Foto:thelocal.se

Last but not least, Swedia merupakan salah satu negara Eropa yang memiliki beragam tradisi menarik. Salah satunya adalah tradisi menonton film kartun Donald Duck yang sudah berlangsung sejak lama. Pada hari Natal, jam 3 sore, banyak dari penduduk Swedia yang akan menghentikan segala aktivitas mereka dan menonton Donald Duck di depan televisi, di mana yang ditayangkan adalah episode spesial Donald Duck yang berjudul Donald Duck and his friends wish you a Merry Christmas.

Baca juga: #TatlerChristmas: 5 Rekomendasi Destinasi Liburan Untuk Pengalaman White Christmas Terbaik di Eropa

Tags: Christmas, Eropa, Natal, Tradisi Natal, Perayaan