IMG_0028.JPG

Foto: Dok. Unsplash

Industri fashion selalu menarik untuk diikuti perkembangannya. Dengan perkembangan media sosial, mempermudah akses bagi kita yang awam, untuk mendapatkan informasi terkini. Hanya saja, cara terbaik untuk mengenal industri ini dengan baik, adalah melalui sederet buku fashion, yang mengulas tak hanya tren, melainkan perjalanan sosok desainer dan brand yang dibangun. Namun, kini ada cukup banyak bacaan bagus terkait industri fashion yang beredar di pasaran. Sehingga akan sedikit menyulitkan untuk mengetahui mana yang benar-benar penting masuk dalam daftar baca.

Untuk mempermudah dirimu memilih, kami sudah membuatkan daftarnya dan alasan kenapa buku ini layak kamu baca. Mulai dari buku Christian Dior, hingga Iris Apfel, inilah 10 buku fashion penting untuk dibaca.

1/10 The Little Dictionary of Fashion

IMG_0027.JPG

Foto: Dok. weheartit.com

Sebelum banyak situs atau media yang membahas dunia fashion, ada buku kecil ‘ajaib’ yang selalu dibawa oleh para pecinta busana. Buku membahas tentang sudut pandang Christian Dior mengenai dunia mode. Tak hanya itu, buku kecil ini juga memberikan arahan terkait padu-padan busana yang cocok untuk perempuan masa kini.

Buku ini termasuk buku klasik, karena terbit pertama kali pada 1954. Namun, buku yang ditulis oleh karya Christian Dior tak pernah lekang oleh waktu. Kamu wajib punya buku The Little Dictionary of Fashion, kalau ingin mengetahui mode secara mendalam dari ahlinya langsung. 

2/10 The Woman I Wanted to Be

IMG_0026.JPG

Foto: Dok. www.pinterest.com

Ditulis oleh Diane Von Furstenberg, buku The Woman I Wanted to Be menceritakan kisah hidupnya yang paling pribadi dari masa kecilnya di Brussel, Belgia hingga menciptakan membangun kerajaan modenya.

Pandangan-pandangan unik Dian akan membuat kamu terhanyut di setiap lembarnya. Salah satu kutipan paling berkesan adalah “Saya tidak tahu, apa yang ingin saya lakukan. Tetapi, saya tahu seperti apa perempuan yang saya ingin,” Rasanya, sayang jika melewatkan begitu saja buku penuh inspirasi ini.

3/10 The End of Fashion

IMG_0025.JPG

Foto: Dok. https://thepinklookbook.com

Pertama kali diterbitkan pada Februari 199, buku non fiksi karangan Teri membahas poin-poin yang luput dari pecinta fashion seperti manufaktur, pemasaran ritel, lisensi, hingga pembiayaan yang semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Meski dari segi pembahasan cukup berat, The End of Fashion menjadi buku pedoman buat kamu yang ingin memasuki industri mode. Fashion tidak hanya terpaku soal busana, tetapi juga proses tentang pembuatan hingga sampai ke tangan pembeli.

4/10 Champagne Supernovas

IMG_0024.JPG

Foto: Dok. https://media.karousell.com

Berkontribusi banyak di majalah mode, Maureen Callahan memberanikan diri untuk menulis sebuah buku pada tahun 2014. Champagne Supernovas mengisahkan kebangkitan tiga ikon mode di era ’90 dengan model Kate Moss dan perancang busana, Alexander McQueen dan Marc Jobs.  

Narasi dari sang penulis bisa menjadi referensi tambahan buat kamu yang masih baru atau belum pernah menyelami kisah tentang sosok McQueen, Moss, atau Marc Jobs. Di buku ini pula, kamu bisa mengetahui lebih dalam mengenai meninggalnya sang perancang busana, Alexander McQueen.

5/10 Love Style Life

IMG_0023.JPG

Foto: Dok. https://www.pinterest.com

Buku yang tepat untuk mengenal Garance Dore, seorang fotografer dan penulis yang berbasis di Wellington, Selandia Baru. Saat membaca buku ini, kamu tidak akan bosan membalik setiap lembar halaman.

Love Style Life menyuguhkan ilustrasi menarik untuk memanjakan pembaca yang tertarik dengan dunia fashion. Di buku ini, kamu dapat melihat kebebasan Garance berekspresi. Ia menjadikan busana sebagai wadah untuk menjadi dirinya sendiri. Ada bagian dalam buku yang memperlihatkan cara memakai tuksedo untuk perempuan.  

Tuksedo sendiri memang diidentikan sebagai busana kaum laki-laki, tetapi Garance berusaha mengubah stigma tersebut. Bahkan, Ia menyarankan tuksedo untuk dipakai perempuan sebagai pengganti gaun. Sebuah pemikiran yang kreatif dan brilian, bukan?

6/10 Alexander McQueen: Savage Beauty

IMG_0022.JPG

Foto: Dok. https://www.burford.co.uk

Dalam dunia mode, siapa yang tak mengenal sosok Alexander McQueen? Karyanya seringkali disebut sebagai terobosan, karena nyentrik dan imajinatif. Ia juga menyabet berbagai penghargaan bergengsi yang membuat McQueen disegani oleh para pecinta fashion.

Melalui buku bernuansa gelap ini, kamu dapat menyelami kisah sang perancang busana ternama dari masa kecil hingga kemenangannya di London, Inggris. Tak hanya itu, isinya juga menyuguhkan berbagai foto busana rancangan dari Alexander McQueen.

7/10 Women in Clothes

IMG_0021.JPG

Foto: Dok. anuschkarees.com

Berawal dari survei dan bantuan Mary Mann, Sheila Heti mengolah data mentah tersebut menjadi narasi indah dalam sebuah buku berjudul Women in Clothes. Lebih dari 600 perempuan terlibat dalam proyek besar ini.

Buku setebal 515 halaman ini mengisahkan perayaan para perempuan di seluruh dunia dari berbagai suku, agama, status mengenai apa yang mereka rasakan saat mengenakan pakaian sehari-hari. Buku ini juga disertai dengan beragam koleksi busana perempuan.

8/10 Iris Apfel: Accidental Icon

IMG_0020.JPG

Foto: Dok. https://www.pinterest.com

Ini adalah memoar dari ikon mode New York berusia 97 tahun, sosok perempuan unik dengan gaya busana yang mempunyai ciri khas Buku penuh warna, anekdot, kisah, dan kutipan bijak untuk diselami oleh para pecinta fashion.

Iris Apfel menceritakan kisah hidupnya bersama sang suami dari awal menikah pada tahun 1948 hingga ditinggalkan suami tercinta. Ia juga membagikan perjalanannya membangun perusahaan manufaktur Internasional. Buku Iris Apfel: Accidental Icon sangat sedap untuk dipandang dan dibaca, karena dilengkapi oleh 180 foto dan ilustrasi. Benar-benar menggambarkan ciri khas dari Iris Apfel!

9/10 Elsa Schiaparelli: A Biography

IMG_0019.JPG

Foto: Dok. https://www.carousell.sg

Bergenre biografi, Elsa Schiaparelli: A Biography ditulis oleh Meryle Secrest mengangkat kisah salah satu perancang busana paling luar biasa di abad ke-20. Ia kerap berkolaborasi dengan deretan artis ternama seperti Salvador Dali, Man Ray, hingga Jean Cocteau.

Elsa pernah dianggap sebagai ratu mode dan disandingkan dengan perancang busana sekelas Coco Chanel, saingan terberatnya. Benarkah demikian? Kamu bisa menemukan jawaban atas sosok Elsa Schiaparelli sebenarnya di buku ini. Jadi, wajib banget punya buku fashion satu ini untuk menjawab rasa penasaranmu.

10/10 The Beautiful Fall

IMG_0018.JPG

Foto: Dok. https://modametiers.com

Melalui penggabungan biografi dan fiksi, Drake membongkar dunia mode Paris yang glamor di tahun 1970-an. Ia berfokus pada salah satu pesaing terbesarnya, yaitu Karl Lagerfeld versus Yves Saint Laurent.

Kepiawaian Drake dalam menggali latar belakang setiap desainer membuat buku The Beautiful Fall setebal kurang lebih 400 halaman ini layak untuk kamu koleksi. Buku tersebut sangat detail dan kaya akan cerita dari dua pesohor di dunia mode tersebut.