Buku merupakan jendela dunia yang tidak pernah berhenti untuk memberikan ilmu. Buku yang erat kaitannya dengan sastra memiliki beberapa tipe seperti fiksi, non-fiksi, prosa dan sebagainya. Ada juga buku yang berisikan tentang kumpulan karya seperti puisi. Puisi terkadang terdiri dari beberapa kalimat yang sarat akan arti. Nah, berhubungan event buku terbesar Big Bad Wolf atau BBW akan kembali hadir di Indonesia dari 01 Maret - 11 Maret, mungkin baiknya kamu mencatumkan karya-karya ini di list kamu! 

Baca juga: Butuh Bacaan Penyemangat? Ini Dia Rekomendasi Buku Self Improvement Dari Chelsea Islan

Milk and Honey by Rupi Kaur

Milk and Honey adalah buku karya penulis asal Kanada, Rupi Kaur, yang termasuk dalam buku terlaris versi majalah New York Times yang berisikan kumpulan puisi tentang perjuangan hidup. Hal mengenai bagaimana menghadapi cobaan, luka, kehilangan dan kekerasan ditumpahkan dengan bijak oleh Rupi. Jika kamu penasaran, ini dia contoh dari sajak yang ada di buku ini.

“What is stronger

than the human heart

which shatters over and over

and still lives”

Memories by Lang Leav

Ditulis oleh pengarang buku asal Thailand bernama Lang Leav, Memories berisikan kumpulan puisi yang diambil dari buku Lang sebelumnya yang bernama Lullabies ditambah dengan tambahan 35 puisi baru. Terdapat pula gambar ilustrasi yang memberikan visual menarik. Kumpulan puisi dari Lang ini dapat membuat kamu merasa ikut terbawa perasaan saat membaca. Inilah contoh yang diambil dari Memories

“I want you to be happy. I want someone else to know the warmth of your smile, to feel the way I did when I was in your presence.”

Worlds of You: Poetry & Prose by Beau Taplin

Beau Taplin, penulis asal Australia ini berhasil membawa penggemarnya larut dalam perasaan dengan buku kumpulan puisi miliknya yang berjudul Worlds of You: Poetry & Prose. Buku ini juga mendapat rating yang tinggi dalam situs Goodreads.com yaitu sebesar 4.1/ 5. Kamu akan menemukan kumpulan puisi dengan kata-kata bijak yang dapat memberikan inspirasi dan ketenangan saat membacanya. Seperti salah satu kutipan seperti di bawah ini

“People are oceans. You cannot know them by their surface.”

Tidak ada New York hari ini: puisi dan foto Rangga untuk film Ada apa dengan Cinta? By M.Aan Mansyur

 bb3f500f-1596-4fcd-95ed-2b9c4bfd799e.jpg

Sumber: Dok. Goodreads.com 

Sesuai dengan judulnya, buku ini berisikan puisi yang dipersiapkan untuk menghidupkan karakter Rangga dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang tayang tahun 2016 lalu. Sehingga tidak heran jika kamu bisa terbawa perasaan layaknya karakter Rangga jika membaca buku ini. Seperti salah satu kutipannya ini:

"Tidak ada New York hari ini.

Tidak ada New York kemarin.

Aku sendiri dan tidak berada di sini.

Semua orang adalah orang lain."

The Book of Forbidden Feelings by Lala Bohang

Ilustrator asal Jakarta Indonesia, Lala Bohang juga menulis buku yang berisikan kumpulan puisi dengan judul The Book of Forbidden Feelings. Sesuai dengan judulnya, buku ini berisikan kumpulan puisi dengan tema mengenai perasaan yang terpendam yang tidak pernah tersampaikan. Sehingga siap-siap kamu bisa dibuat baper dengan sajaknya seperti ini:

“I’m

Gonna

Explode

Into pieces.

This is too much.”

Hujan Bulan Juni oleh Sapardi Djoko Damono

447828_5f54a906-0155-11e5-a2da-69c264efb121.jpgSumber: Dok. Goodreads.com 

Tidak lengkap jika membicarakan puisi tanpa sastrawan legendaris Indonesia, Sapardi Djoko Damono. Karyanya yang bernama Hujan Bulan Juni berisikan kumpulan puisi indah tentang romansa yang dapat membuat kamu tenggelam dalam perasaan dan kenangan. Kalimat yang digunakan juga sederhana sehingga dapat dipahami seperti di bawah ini:

“Aku mencintaimu.

Itu sebabnya aku takkan pernah selesai mendoakan

keselamatanmu”

Baca juga: Mulai Tayang Hari Ini, Siap-Siap Baper Lewat Beberapa Gombalan Terbaik Dari Dilan 1991

Tags: Big Bad Wolf 2019, Bbw 2019, Buku Puisi Indonesia, Kumpulan Puisi, Buku Indonesia