Dalam beberapa tahun belakangan ini, startup di Indonesia makin berkembang pesat. Tidak hanya dalam bidang teknologi, pertanian dan mode, starup di Indonesia juga telah menghadirkan platform dalam bidang psikologi khususnya online konseling. Berikut beberapa startup konseling kejiwaan yang harus kamu ketahui. 

Save Yourselves

Save Yourselves merupakan startup yang menyediakan layanan sosial yang berbeda dengan yang lainnya. Platform ‘curhat’ ini dibuat oleh kakak beradik Indri Mahadiraka dan Riva Respati. Dikutip dari salah satu media lokal, ketika mereka sadar bahwa minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan mental, maka dari situ munculah ide bisnis dalam benak mereka. Save Yourselves  hadir sebagai wadah untuk konseling berbayar  melalui webchat bagi penderita mental illness, dan tidak hanya itu saja, Save Yourselves juga menyediakan  program free trial untuk  konseling di beberapa menit pertama. Save Yourselves berhasil meraih penghargaan sebagai startup dalam kategori Health and Lifestyle Vertica dan juga sebagai 6 teratas di Asia.

Riliv

Riliv merupakan salah satu startup dalam bidang konseling yang perlu kamu ketahui. Audrey Maximilian Herli adalah pendiri dari startup ini. Dilansir melalui salah satu media lain, Audrey mengatakan bahwa ia mendirikan Riliv sebagai wadah untuk orang-orang yang ingin curhat dengan nyaman. Tidak hanya itu saja, tetapi juga akan mendapat tanggapan positif dari psikolog. Riliv melakukan seleksi yang ketat dalam merekrut psikolog untuk Riliv agar bisa menciptakan profesionalitas dalam bekerja.

Kalm

Startup lain dalam bidang konseling yang perlu kalian ketahui adalah Kalm. Didirikan oleh Lukas Limanjaya, Angela Widjaja dan Karina Negara, startup ini merupakan platform kesehatan mental yang berfokus pada memberikan layanan konseling online melalui aplikasi smartphone. Selain itu, Kalm juga aktif dalam melakukan kegiatan lainnya seperti talkshow, B2B collaborations dan offline events. Lukas, selaku Co-Founder dan CMO dari Kalm, juga menegaskan bahwa sangat penting bagi setiap orang untuk bercerita dan mendapatkan tanggapan baik yang positif dari pakarnya langsung yang memiliki latar belakang psikologi. 

Oncom

oncom.png

Online Consultation and Mentorship (Oncom) adalah startup yang dibuat oleh Bima Sastra Gordhi dengan tujuan sebagai jembatan bagi orang-orang yang ingin berkonsultasi dalam berbagai bidang sesuai dengan kebutuhannya. Bidang kesehatan, psikologi, hobi, hokum dan lainnya bisa untuk melakukan proses konsultasi melalui Oncom. Dikutip dari salah satu media lokal, pihak Oncom mengatakan bahwa dasar utama dari dibentuknya startup ini adalah banyaknya masalah yang dapat diselesaikan dengan cepat dan praktis, tetapi permasalahannya adalah orang tidak tahu harus bertanya dan meminta saran kepada siapa yang sesuai dengan bidangnya.

Baca juga: Tatlergram Minggu Ini (3 Mei) : Celebrity Engagement and Travel 

Tags: Business, Startup, Konseling