Sepuluh tahun terakhir, bisnis startup sudah mulai berkembang cukup pesat di Indonesia. Kehadirannya pun sudah menjadi tren di kalangan milenial. Jika dulu pekerjaan selalu dikaitkan dengan suasana perkantoran yang konvensional dan kaku, kini kehadiran startup mengubah persepsi tersebut. Dengan lingkungan yang ramah anak muda, dinamis, dan kreatif, startup adalah tempat yang cocok bagi kamu yang baru saja lulus kuliah dan sedang mencari pengalaman kerja. Yuk, kita lihat apa saja keuntungan bekerja di startup bagi fresh graduate

Baca juga: Diela Maharanie Seorang Akuntan Yang Sukses Menjadi Ilustrator

Awal karir yang bagus

entrepreneur-593371_960_720.jpg

Keuntungan pertama yang akan kamu dapatkan dengan bekerja di startup adalah peluang dan kesempatan. Lingkungan yang dinamis pastinya dapat memacu kreativitasmu. Tidak hanya itu, lingkungan pekerjaannya pun tidak terlalu hierarkis dan dibatasi lapisan manajemen, diskusi ide pastinya akan mengalir lebih luwes dan kamu bisa lebih leluasa dalam proses eksekusinya.

Mendapatkan keahlian baru

hand-3190204_960_720.jpg

Bekerja di startup juga bisa menambah keahlianmu dalam berbagai bidang. Saat baru bergabung, kemungkinan besar kamu akan ditunjuk untuk bekerja sesuai dengan minat atau jurusanmu. Namun, tidak dapat dipungkiri jika suatu saat kamu akan diminta untuk cemplung ke bidang lain. Selain belajar banyak hal, kamu pastinya akan mendapatkan pengalaman bekerja yang berbeda. 

Belajar dari pebisnis sejati

Belajar dari pebisnis.jpg

Dalam startup, founder dan CEO akan terjun langsung menangani perusahaannya. Hal ini akan membuatmu belajar banyak dari mereka. Sebaliknya, di perusahaan besar, ada jarak yang jauh di antara pendiri atau direktur dengan karyawan, dan pembelajaraan tentang kepemimpinan hanya didapatkan melalui manajer. Sementara di startup pembelajaran bisa kamu dapatkan dari pebisnisnya langsung untuk mempraktikkan langsung bagaimana cara mengatasi masalah..

Lingkungan yang positif

startup-594090_960_720.jpg

Keuntungan lain adalah kamu akan mendapatkan lingkungan kerja yang positif. Orang-orang yang bekerja di startup memang dituntut untuk terus bergerak dan mengikuti perkembangan. Lingkungan seperti inilah yang membuat ritme kerja di startup bisa dikatakan lebih cepat dibanding perusahaan-perusahaan biasa. Hal ini juga sangat positif untuk perkembangan SDM yang ada. Meskipun ritme kerja cepat, bekerja di startup sangat menyenangkan karena pimpinan dan bawahan saling membaur dan bekerja bersama.

Suasana kekeluargaan 
team-3373638_960_720.jpg

Jumlah pegawai startup pada umumnya relatif kecil, terutama jika perusahaannya baru didirikan. Namun, hal tersebut dapat menumbuhkan keakraban antarpegawai dan sense of belonging yang kuat karena bekerja di startup membutuhkan kerja sama dan koordinasi yang intensif. Oleh karena itu, jangan heran kalau hubunganmu dengan teman kantor bisa semakin erat.

Baca juga: Fransiska Hadiwidjana, Perempuan Dibalik Kesuksesan Startup Prelo

Tags: Startup, Jobs, Fresh Graduate