1/5 Musuh adalah guru terbaik

Musuh.pngFoto dok: JTBC

Pada serial 'Itaewon Class,' Saeroyi diceritakan sedang membangun sebuah perusahaan makanan, namun dengan umurnya yang masih muda ia pun memiliki pengalaman yang terbatas. Untuk menambah wawasannya di bidang bisnis kuliner, ia belajar secara mandiri dengan membaca buku biografi dari seorang pengusaha Korea nomor satu di bidang makanan sekaligus musuhnya di serial ini yaitu, Jang Dae Hee. Meskipun demikian, Saeroyi percaya bahwa belajar dari sosok terbaik adahal hal yang penting dilakukan saat membangun bisnis. Oleh karena itu, ia pun tak segan-segan untuk tetap belajar dari pengalaman hidup musuhnta tersebut untuk mewujudkan mimpinya memiliki usaha sendiri.

2/5 Sumber daya manusia sama pentingnya dengan keuntungan

SDM.jpgFoto dok: JTBC

Dalam berbisnis, terkadang banyak orang yang hanya berfokus pada laba atau keuntungan. Namun, Saeroyi menyadari bahwa berfokus pada sumber daya manusia merupakan salah satu hal terpenting untuk mendirikan bisnis yang sukses. Terlihat pada drama series ini bahwa Saeroyi sangat menghargai para karyawannta dan mendukung mereka secara penuh untuk bertumbuh. Berkat fokus ini, karyawannya pun juga sangat menghargainya. Sifat kekeluargaan dan rasa memiliki yang sangat tinggi juga ditunjukkan sehingga mereka dapat melakukan yang terbaik untuk kelangsungan dan kesuksesan bersama.

3/5 Pentingnya Berinvestasi

tujuan panjang.jpgFoto dok: JTBC

Ketika Ayah Saeroyi menutup usia, ia pun mendapat uang asuransi jiwa dalam jumlah yang besar. Alih-alih menghabiskannya untuk membangun usaha yang ia impikan, Saeroyi pun menggunakan uang tersebut untuk bervinvestasi. Hasil dari investasinya ini pun dapat ia rasakan setelah delapan tahun kemudian di mana ia mendapatkan untung yang sangat besar.

4/5 Membaca peluang tren pasar

tren.pngFoto dok: soompi.com

Gadis bernama Yi Seo, seorang gadis yang pindah dari New York untuk melanjutkan studinya di Korea Selatan ini merupakan seorang manager di pub milik Saeroyi, Danbam. Sebagai seorang manager dan influencer ternama di media sosial, ia menyadari bahwa pub merupakan bisnis yang sangat umum di Korea. Oleh karena itu, perlu strategi yang tepat untuk menarik pengunjung ke Danbam. Ia juga sadar bahwa anak muda di era saat ini aktif menggunakan media sosial dan senang berfoto sehingga ia pun mengubah dekorasi pub tersebut menjadi lebih agar instagramable. Ia pun aktif juga mpromosikan pub tersebut lewat media sosialnya. Berkat Yi Seo, Danbam yang semula sepi menjadi ramai dikunjungi.

5/5 Memiliki tujuan jangka panjang

jangka pjg.jpgFoto dok: origin.koreaboo.com 

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pengusaha pada umumnya adalah keinginan untuk mendapatkan untung besar dalam waktu cepat. Namun hal tersebut bersifat jangka pendek saja. Pada drama Korea ini, Saeroyi mempersiapkan perusahaannya selama bertahun-tahun. Bermula dari pub kecil di Itaewon, Saeroyi pun memiliki tujuan jangka panjang yaitu ia ingin bisnisnya sesukses Jangga Co yaitu perusahaan milik musuhnya Jang Dae Hee. Tujuan jangka panjang inilah yang selalu menjadi penyemangat Saeroyi untuk pantang menyerah dalam mewujudkan mimpinya.