Akhir-akhir ini Indonesia lebih gencar mendukung start-up mereka untuk menjadi the next unicorn. Dengan produk yang menarik dan pelayanan yang memudahkan, para start-up sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Nah, dengan sukses yang cukup besar di dalam negeri dan dukungan yang diberikan masyarakat dan pemerintah membuat para start-up ini berekspansi ke negara-negara lain. Siapa sajakah para start-up yang kamu bisa temui diluar negeri? 

GO-JEK

Siapa sih yang tidak kenal dengan start-up kesayangan Indonesia ini? Didirikan pada 2010 sebagai platform ojek online, kini GO-JEK telah melebarkan sayapnya dengan menawarkan fitur-fitur lain seperti Go-Food, Go-Mart, Go-Massage. Lebih dari itu, meraup keuntungan di 50 kota di Indonesia ternyata tidak cukup untuk start-up unicorn ini. Go-Jek sekarang telah berekspansi ke berbagai negara seperti Thailand, Vietnam, Filipina dan Singapura.

Traveloka

Sudah marak dan sukses sejak pertama kali didirikan pada 2012, Traveloka ternyata juga telah berekspansi ke mana negara lho! Start-up yang didirikan oleh wirausahawan brilian bernama Derianto Kusuma dan Ferry Unardi ini telah beroperasi di berbagai negara seperti Thailand, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Vietnam. Bukan hanya itu, telah dikabarkan minggu ini bahwa Traveloka juga sudah resmi diluncurkan di Australia minggu lalu.

Bridestory

Memiliki layanan yang eksentrik dan beda dari yang lain, bukan kejutan lagi kalau Bridestory dapat ekspansi ke beberapa negara. Didirikan oleh Kevin Mintaraga pada tahun 2014, Bridestory adalah platform yang akan membuat pernikahan idamanmu menjadi kenyataan. Kini Bridestory telah melebarkan sayapnya ke negara-negara lain seperti Singapura, Filipina, dan Australia.

Sweet Escape

Layanan start-up lokal yang menawarkan jasa fotografi profesional ini memang sudah sangat digemari oleh banyak orang. Didirikan pada 2015 oleh David Soong, start-up ini akan mengabadikan momen-momen terbaikmu dari lensa kamera. Kini Sweet Escape telah berekspansi ke Filipina.

Investree

Akan aneh rasanya kalau kami tidak mencatumkan start-up fintech ini mengingat maraknya bisnis tersebut akhir-akhir ini. Start-up yang menawarkan peer-to-peer lending ini sudah berekspansi ke Vietnam atas nama eLoan, dan juga berencana berekspansi ke Thailand lhoh!

Baca juga: Wow! 5 Mobil Mewah Ini Berharga Lebih Dari US$1 Juta

Tags: Indonesia, Bridestory, Sweet Escape, Start-up, Traveloka, GO-JEK, Go, Ekspansi, Investree, Internasional