Mengingat bulan Ramadan hanya menghitung hari, tentunya bulan ini menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu, karena seluruh umat muslim melakukan kewajiban mereka, yaitu melakukan ibadah puasa. Selain menjadi bulan yang penuh berkah, pada bulan Ramadan ini kamu bisa mengambil peluang bisnis yang cocok saat bulan Ramadan yang bisa kamu jalankan untuk menambah penghasilan. Berikut ini peluang-peluang bisnis yang bersinar saat bulan Ramadan.

Menjual Takjil

food-1759336_960_720.jpg

Berbisnis takjil merupakan tradisi yang selalu ada dan tidak akan pernah terlewtakan ketika bulan Ramadhan. Peluang bisnis yang satu ini termasuk mudah, terlebih lagi jika lokasinya juga strategis. Ini merupakan kesempatan yang cukup bagus dalam bulan Ramadan, dan bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan, karena menu takjil sudah menjadi kebutuhan untuk berbuka puasa. Kamu juga bisa membuka jasa antar online untuk menjual berbagai macam makanan manis dan gurih. 

Menjual Kustom Kaftan
Screen Shot 2019-05-02 at 10.52.08 AM.png

Menjual busana muslim seperti kaftan bisa menjadi peluang untuk kamu yang menyukai atau bergerak dalam bidang fashion. Terlebih lagi kamu juga dapat memberi jasa seperti kustom kaftan dimana orang-orang dapat menentukan desain yang diinginkan dan memakai desain hasil dari kamu sendiri. Peluang bisnis ini juga bagus terutama saat pertengahan bulan Ramadan, karena banyak orang-orang yang akan mencari busana yang bagus agar mereka bisa tampil lebih fresh dengan penampilan barunya.

Menjual Parcel

20180606-d37f9b39ff9929da1cc14_resized_623x800.jpg

Parsel merupakan barang yang tidak asing lagi pada saat bulan Ramadan dan cukup banyak dijumpai pada hari raya. Sudah menjadi tradisi menjadikan parsel sebagai hadiah atau bingkisan pada lebaran yang dikirimkan kepada teman, kerabat, dan keluarga.

Mungkin kamu memiliki banyak ide kreatif dan memiliki bakat dalam seni, kamu bisa menggunakan bakatmu untuk mendekorasi parsel tersebut. Modal yang dibutuhkan pun cukup bervariasi tergantung dengan isi Parcel itu sendiri. Namun, kamu juga bisa menjalankan usaha khusus membuat atau merakit parselnya saja. Membuat dan menjual Parsel dalam bulan Ramadan ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis dengan keuntungan yang cukup besar, tentunya kamu juga harus bisa menghasilkan Parsel yang berkualitas.

Jasa Bengkel untuk Mengecek Mobil Sebelum Lebaran

tools-690038_960_720.jpg

Jasa yang satu ini mungkin akan menjadi salah satu jasa yang paling dicari-cari. Karena hari-hari menjelang lebaran akan banyak bengkel yang tutup dan akan banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadinya untuk pulang ke kampung halamannya yang cukup jauh. Dengan menyediakan jasa bengkel untuk mengecek kelayakan mobil sebelum berpergian jauh ini bisa membuat banyak orang tertarik dan menggunakan jasa yang sangat jarang ini. Untuk kamu yang bergerak dalam bidang teknik mesin, peluang bisnis ini bisa kamu gunakan untuk menambah penghasilanmu.

Membuat Bazaar dan Charity

Bazaar.jpg

Untuk kamu yang lebih suka dalam hal berorganisasi atau pembuatan event, di bulan Ramadan ini tidak menutup kemungkinan untuk kamu membuat event seperti bazar. Kamu dapat membuat event seperti Bazar Ramadan dimana keuntungan dari bazar tersebut dapat digunakan seperti membantu anak yatim piatu. Dalam bazar tersebut kamu bisa mengadakan workshop seperti membahas tentang tutorial hijab, atau diisi dengan talk show. Selain itu, kamu juga bisa menampilkan produk-produk makanan, pakaian hingga aksesoris. Dengan bazar ini tentunya kamu akan mendapat banyak keuntungan dan pengalaman unik membuat acara pada saat bulan Ramadan.

Menjual Kue Kering Lebaran

COOKIES.jpg

Bulan Ramadan dan lebaran selalu identik dengan kue kering. Pada hari-hari mendekati lebaran, akan banyak orang mulai memesan kue-kue kering sebagai cemilan untuk tamu-tamu pada hari lebaran nanti. Karena menyediakan hidangan terlebih lagi saat lebaran merupakan tradisi yang tidak bisa ditinggalkan, maka tidak akan heran jika saat bulan Ramadan nanti permintaan kue kering akan meningkat. Saat ini kue kering memang menjadi pilihan ketika Ramadhan dan lebaran, namun tidak ada salahnya jika kamu membuat sesuatu yang baru misalnya kue kering yang di kreasikan dengan berbagai macam filling dan dekorasi. 

 Baca juga: 5 Katering untuk Berbuka Puasa dan Sahur di Jakarta