Kawasan Asia Pasifik cukup terkenal dengan hidangan yang lezat dan sektor teknologi yang maju, jadi tidak heran jika kawasan Asia Pasifik banyak memiliki startup yang bergerak dibidang FoodTech. Inilah beberapa wilayah yang memiliki startup FoodTech yang sedang berkembang dan bisa lebih maju di 2019 ini.

MakanLuar, Indonesia

 

MakanLuar adalah startup yang berasal dari Indonesia yang berfokus pada booking dan reservasi restoran online yang berada di Indonesia. Fitur-fitur juga terdapat e-menu, foto-foto dari restoran yang ada, promosi, dan 24/7 booking online. Didirikan pada tahun 2013, MakanLuar juga memiliki review dan rekomendasi pada restoran dari pengguna lainnya. Pada 2016, MakanLuar diakuisisi oleh startup online reservasi yang berasal dari Singapura, Chope.

Clubvivre, Singapura

clubvivre-logo.pngSource: clubvivre.com

Clubvire adalah layanan pengantar makanan berasal dari Singapura yang memberikan pelayanan chef datang ke rumah untuk pelanggan yang menyukai makanan berkelas. Apapun acaranya, para pelanggan bisa memilih lebih dari 50 chef yang tersedia. Pelanggan bisa memilih jenis makanan apapun, mulai dari Western, Japanese, fusion dan masih banyak lagi dengan memilih profil chef yang diinginkan dan menu yang disediakan. Chef yang pelanggan pilih akan datang ke tempat yang sudah dipilih pada waktu yang sudah ditentukan.

FoodStorm, Australia

social-logo.pngSource: foodstorm.com

Startup FoodTech yang berasal dari Australia ini berfokus pada industri katering. Startup ini memberikan banyak fitur untuk memuaskan pelanggan mereka, seperti CRM (Customer Relationship Management), pemesanan makanan online, tracking pesanan, marketing, software laporan untuk katerer, pembayaran dan invoicing pada satu platform. Dengan fitur self-service pelanggan dan sistem tracking pesanan, sistem dari FoodStorm ini memberikan kemudahan bagi pelanggan dan pemilik bisnis katering.

Signature Snack, Malaysia

Startup yang berasal dari Malaysia ini berfokus pada mengantar snack, tidak hanya memuaskan keinginan untuk memakan snack, SignatureSnack juga memberikan solusi kesehatan. Dengan menawarkan layanan berlangganan bulanan untuk pengguna, SignatureSnack memberikan pilihan 50 snack yang menyehatkan, dan setiap bulannya akan ada snack baru.

OneCrop, Australia

One-Crop.pngSource: onecrop.com

Untuk startup FoodTech, pertanian menjadi salah satu hal yang cukup unik, karena kebanyakan startup berfokus pada pengantaran makanan, namun tetap saja tanaman merupakan awal dari makanan. OneCrop adalah startup yang berasal dari Australia yang membuat degradable film untuk pertanian. Film-film ini didesain untuk meningkatkan hasil panen dan disaat yang bersamaan mengurangi penggunaan plastik dalam pertanian. Film ini membantu petani menghemat air, meningkatkan ketahanan tanaman dan meningkatkan hasil panen.

Meicai, RRC

Meicai.pngSource: meicai.cn

E-commerce yang menjual produk-produk segar yang berbasis di Beijing ini sudah meraih status Unicorn pada tahun 2018 kemarin, walaupun perusahaan ini baru-baru saja didirikan 4 tahun yang lalu. Bernilai sebesar 7 miliar dollar AS, Meicai membantu restoran kecil dan sedang di Cina untuk mencari produk segar dari petani yang berada di negara tersebut. Didirikan oleh mantan ilmuwan roket, Meicai melayani hampir 100 kota di Cina. Selain untuk mencari produk segar, para pemilik restoran bisa menggunakan aplikasi Meicai untuk membeli produk tersebut langsung dari para petani yang menjualnya.

DouxMatok, Israel

DouxMatok_300x300.pngSource: douxmatok.com

Dengan banyaknya startup yang berfokus pada pengantaran dan pengiriman makanan, startup yang berasal dari Israel ini memiliki konsep yang sama, namun hanya berfokus pada rempah-rempah. DouxMatok ini berfokus membantu produsen makanan untuk mencapai rasa yang sempurna tanpa menggunakan banyak garam atau gula. Didesain untuk makanan dan minuman, teknologi DouxMatok ini bergantung pada mineral yang bisa bertahan pada indera perasa manusia lebih lama dan memberikan rasa seperti gula atau garam.

Baca juga: 4 Startup Dalam Bidang Konseling Kejiawaan Di Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui