Berbisnis atau menjadi entrepreneur akhir-akhir ini banyak digandrungi oleh anak muda. Mulai dari bisnis online shop, membuka gerai makanan kekinian, baju impor dan lain sebagainya. Namun di balik dunia bisnis, tidak jarang anak muda merasa minder atau takut untuk memulai dagang di usia muda. Padahal ada beberapa keuntungan yang bisa didapat jika kamu memulai bisnis di usia muda sekitar 20an. Jika kamu masih merasa takut atau enggan untuk memulai bisnis, berikut alasan mengapa kamu harus memulainya sekarang.

Kesempatan yang masih panjang

kesempatan.jpgFoto: Dok. freepik.com 

Salah satu alasan mengapa kamu perlu memulai bisnis di usia 20 tahun adalah kesempatan kamu yang masih panjang dan banyak. Maksudnya adalah jika kamu mulai dengan satu bisnis dan ternyata tidak menghasilkan seperti yang diinginkan, kamu tidak perlu berkecil hati karena masih banyak kesempatan yang dimiliki. Kamu bisa memulai kembali dengan konsep yang berbeda atau bahkan dengan bidang bisnis yang berbeda. Terus gali ide, potensi dan ilmu tentang bisnis sebanyak mungkin sebagai bagian dari pembelajaran.

Lebih mudah beradaptasi

business-3421076_960_720.jpgFoto: Dok. flickr 

Apakah kamu pernah mendengar quote dari ahli geologi yang berkata bahwa bukan yang terkuat yang bisa bertahan namun yang bisa beradaptasi. Ya, sama halnya dengan merintis bisnis. Seiring dengan perkembangan zaman, dunia bisnis juga turut berkembang. Bagi kamu yang bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut, peluang kamu untuk meraih kesuksesan.

Di usia muda masih memiliki banyak energi dan stamina

9024332521_54e0b93dd6_b.jpgFoto: Dok. freepik 

Salah satu hal yang menjadi andalan anak muda adalah energi yang mereka miliki. Ya, para anak muda masih memiliki stamina yang kuat untuk membangun bisnis dibanding dengan mereka yang sudah memiliki umur. Merintis bisnis tentu menuntut kamu untuk melakukan banyak hal mulai dari pekerjaan dalam hingga turun ke lapangan. Yuk mumpung masih muda dan badan masih fit, mulai membangun relasi dan bisnis kamu.

Lebih bisa menerima resiko kegagalan

resiko.jpgFoto: Dok. pixabay

Sudah menjadi suatu resiko dalam membangun bisnis tidak ada jaminan akan 100 persen sukses. Tidak semua startup yang dijalankan memiliki akhir sukses seperti yang sudah direncanakan. Nah menghadapi resiko kegagalan tersebut dinilai masih bisa dan lebih bisa ditoleransi oleh kamu yang berusia muda. Melihat bahwa kamu masih dalam masa pembelajaran sehingga tidak salah untuk belajar dari kegagalan dan kembali bangkit.

Baca juga: 5 Keuntungan Bekerja di Startup Bagi Fresh Graduate

 

 

Tags: Entrepreneur, Entrepreneurship, Bisnis, Pengusaha Muda, Tips Berbisnis