Foto 1.jpgFoto: Dok. Samsung Electronics Indonesia

Pada tanggal 10 Oktober lalu, Samsung Electronics Indonesia secara resmi mengumumkan bahwa aplikasi dari Samsung yang bernama Samsung Pay kini bekerja sama dengan dua aplikasi pembayaran digital Indonesia yaitu DANA dan Go-Pay. 

Aplikasi Samsung Pay yang baru diperkenalkan pada awal tahun ini merupakan satu wadah untuk memudahkan para pengguna Samsung saat melakukan pembayaran dengan dompet digital. Berdasarkan riset dari Kadence Indonesia tahun ini, sebanyak 57% pengguna smartphone memiliki lebih dari satu aplikasi dompet digital. 

Bernard Ang, selaku Vice President IT & Mobile Business Samsung Electronics Indonesia mengungkapkan bahwa penggunaan dompet digital berkembang cukup pesat terutama di Ibu Kota, sehingga Samsung Pay hadir sebagai satu aplikasi untuk mempermudah konsumen saat ingin menggunakan dompet digital hanya dengan sekali swipe up pada layar. 

Ditemui pada acara peresmian, Vincent Iswara selaku CEO dari DANA menyebut bahwa kolaborasi ini menjadi satu momen penting bagi DANA yang dimana dipercaya oleh perusahaan sebesar Samsung untuk menjadi dompet digital pertama yang hadir di Samsung Pay. Vincent turut menambahkan jika kolaborasi ini menjadi satu pembuktian bahwa DANA merupakan aplikasi finansial yang memiliki sistem aman dan scalable

Foto 3.jpgFoto: Dok. Samsung Electronics Indonesia

Tidak hanya DANA, Samsung Pay juga bekerja sama dengan Go-Pay. Ditemui pada acara peresmian, Budi Gandasoebrata selaku Managing Director dari Go-Pay menyampaikan bahwa kolaborasi ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat Indonesia saat bertransaksi menggunakan Go-Pay. Beliau juga mengungkapkan bahwa Go-Pay baru akan hadir di Samsung Pay pada tahun 2020. 

Samsung Pay merupakan aplikasi yang menyediakan akses cepat ke berbagai dompet digital. Hanya dengan melakukan swipe up dari homescreen, pengguna langsung dapat memilih dompet digital yang akan digunakan. Bahkan saat handphone masih dalam keadaan terkunci, pengguna tetap bisa menggunakan aplikasi ini. Ditambah dengan teknologi QR Code, para pengguna Samsung Pay akan lebih dimudahkan saat melakukan transaksi. Cukup buka aplikasi kamera dan arahkan pada kode QR merchant untuk langsung melakukan transaksi.

Saat ini, aplikasi Samsung Pay dapat digunakan pada seri smartphone Samsung Galaxy A dan seri Galaxy Note 10.  

Baca juga: 7 Awesome Technology Gifts For Gadget Lovers In 2019

Tags: Arts, Samsung, Dana, Gopay, Samsung Pay