Kementerian Lingkungan Jepang baru saja memperkenalkan Nano Cellulose Vehicle (NCV), sebuah mobil inovasi baru pada ajang Tokyo Motor Show 2019 yang lalu. Berbeda dari mobil-mobil lainnya, NCV terbuat dari bahan cellulose nanofiber yang berasal dari tanaman dan limbah pertanian, mulai dari bagian pintu, atap, hingga kap mobil. 

1 NCV.jpg

Sumber: Dok. Carscoops

Bahan tanaman yang menjadi material utama dari mobil ini disebut dapat mengurangi bobot mobil hingga 50% dan diharapkan dapat lebih mengurangi produksi emisi karbon dibandingkan mobil biasa. Dengan demikian, mobil ini diharapkan dapat menjadi mobil yang paling ramah lingkungan, bahkan melebihi mobil bertenaga listrik.

Desain yang diterapkan pada mobil ini pun tetap tidak bisa diremehkan meski terbuat dari bahan tanaman. Dirancang oleh Yuzo Niimi, mobil ini memiliki tampilan luar yang menawan dan tampak sporty, dengan butterfly doors dan sudut-sudut tajam di bagian depan dan belakang.

2 NCV.jpg

Sumber: Dok. Carscoops

Tidak kalah dari bagian luar, bagian interior mobil ini mengusung konsep yang elegan dan minimalis dengan dasbor yang terbuat dari bahan kayu ditambah dengan motif bunga di beberapa bagian dalam mobil.

Sementara itu, detail mengenai tenaga dan kekuatan dari mobil ini sendiri masih terbatas. Dilansir dari Medcom.id, mobil ini diperkirakan menggunakan sel bahan bakar hidrogen dan memiliki kecepatan maksimal yang terbilang rendah, yaitu 20 kilometer per jam. Namun, bukan tidak mungkin kekuatan mobil ini akan meningkat di kemudian hari.

Baca juga: Dari McLaren 720S Hingga Range Rover Berikut Sederet Mobil Mewah Di Film Fast & Furious: Hobbs & Shaw

Tags: Tokyo Motor Show 2019, NCV, Nano Cellulose Vehicle, Mobil Ramah Lingkungan