1/5 Ikan

collagen 1.jpg

Foto: @jeremystewart/Unsplash

Dilansir dari situs resmi Cleveland Clinic, asam amino memiliki peranan yang penting dalam pembentukan kolagen dalam tubuh. Asam amino sendiri merupakan nutrisi yang didapatkan dari mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein, dan ikan adalah salah satunya. Contohnya adalah ikan salmon, yang berdasarkan data nutrisi Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram ikan salmon mengandung sebanyak 19.84 gram protein.

2/5 Jeruk

collagen 2.jpg

Foto: @moniqa/Unsplash

Salah satu komponen penting yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh adalah vitamin C, seperti dilansir dari healthline.com. Seperti yang sudah diketahui, jeruk merupakan salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan asupan vitamin tersebut. Selain jeruk, buah-buahan seperti jambu biji dan kiwi juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang bisa kamu baca selengkapnya di sini.

3/5 Kacang-kacangan

collagen 3.jpg

Foto: @tetiana_bykovets/Unsplash

Kacang-kacangan memang dikenal sebagai salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Namun, tidak hanya itu, berbagai jenis kacang juga kaya akan mineral copper yang juga merupakan komponen penting dalam produksi kolagen, seperti dilansir dari healthline.com. Beberapa contohnya adalah kacang cashew dan almond yang lezat dan juga bagus untuk tubuh.

4/5 Bawang putih

collagen 4.jpg

Foto: @asthetik/Unsplash

Siapa sangka jika selain memiliki khasiat yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, bahan masakan yang satu ini ternyata juga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh seseorang? Dilihat dari berbagai sumber, bawang putih adalah salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan sulfur yang tinggi, di mana sulfur merupakan komponen penting yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

5/5 Bayam

spinach-1522283_1280.jpg

Foto: MabelAmber/Pixabay

Sudah bukan rahasia lagi jika sayuran hijau merupakan sumber nutrisi yang penting bagi tubuh. Sayuran berwarna hijau seperti misalnya bayam mengandung kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga baik untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan menjaga kulit agar tetap tampak sehat dan muda.

Baca juga: 5 Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah

Tags: Kesehatan, Produksi Kolagen, Kolagen