Pagelaran busana telah menjadi acara yang dinantikan oleh banyak orang, terutama para pecinta fesyen. Setelah vakum cukup lama para perancang mode kebanggaan tanah air mulai kembali mengepakkan sayapnya dengan rancangan terbaru mereka. Beberapa diantara mereka mengeluarkan koleksi terbaru hingga menggelar peragaan busana fesyen khas masing-masing desainer tersebut. Dari perpaduan kain nusantara dengan warna-warna cerah hingga gaun dengan tema ‘dreamy’, berikut 3 desainer lokal pilihan dengan tema baju dan show paling memukau versi Tatler!
1/3 Biyan Womenswear Spring/Summer 2023 Renjana Collection Screen Shot 2022-07-26 at 1.52.36 AM.png

Foto: Dok. Biyan

Setelah lebih dari 2 tahun vakum, Biyan Wanaatmadja akhirnya kembali menggelar peragaan fesyen pertamanya secara langsung untuk koleksi Spring/Summer 2023 yang digelar pada Senin, 11 Juli 2022 di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta Selatan. 

Dirinya mengungkapkan bahwa ia mengangkat tema ‘Renjana’ pada koleksi kali ini sebagai bentuk cinta & kerinduan hatinya terhadap nusantara, tempat dimana pada akhirnya dirinya berlabuh. Selain itu, koleksi yang dipamerkannya juga terinspirasi dari penemuan Biyan akan sejarah, wastra, & peradaban Indonesia pada saat dirinya melakukan perjalanan ke kota-kota baru, yang sangat tercermin dalam rancangan busana koleksinya ini.
Biyan.jpg

Foto: Dok. Biyan

Dalam koleksinya yang kali ini, penggunaan tenun sumba juga masih menjadi highlight dari rancangan Biyan tersebut, dimana kerinduannya kemudian membawa Biyan untuk melihat koleksi lamanya, dan memodifikasi tenun sumba dengan motif ikat “Motifnya didaur ulang dengan sulaman sehingga dapat menimbulkan semangat baru” ucap Biyan pada konferensi pers Senin lalu.

Selain itu dalam peragaan ini hadirin akan dimanjakan dengan ‘keberagaman’ yang dituangkan kedalam rancangan-rancangannya. Dimana Biyan memadukan motif/corak lainnya seperti motif tampan Lampung, corak polkadot, dan motif garis dengan berbagai material lainnya; linen, katun, berbagai kain silk, kain tulle & lame jacquard. 

Keberagaman tersebut kemudian dileburkan dengan warna dengan earthy tone hingga cerah seperti biru tua, cokelat, hijau emerald, lalu warna fuschia pink, kuning terang, lime green retro yang penuh semangat dan menyala, membuat keseluruhan koleksinya seimbang antara kontemporer dan modern yang pas. Biyan juga dengan leluasa mengekspresikan dirinya melalui berbagai potongan pakaian yang luar biasa beragam!
2/3 Sebastian Gunawan Signature 2022/2023 Annual Show SNS_6995.jpg

Foto: Dok. Sebastian Gunawan

Sebastian Gunawan dalam shownya ‘Golden Muse’ kali ini mempersembahkan busana mewah dan glamor kolaborasinya dengan Cristina Panarese. Koleksi Sebastian Gunawan Signature 2022/2023 yang bertempat di Hotel Mulia selasa lalu itu terinspirasi dari ‘muse’, sosok dibalik bersinarnya para seniman, termasuk desainer sepertinya. Sebastian dan partnernya itu mendapatkan ide busana rancangannya dari dua sosok ‘muse’ seniman legendaris Gustav Klimt; Adele Bloch-Bauer & Emilie Flöge.

Pada koleksi signature kali ini Sebastian ingin menonjolkan gaun yang glamor tetapi tetap wearable. Dimana dirinya membuat siluet pakaian-pakaian tersebut  tetap relevan dengan taraf pemikiran fashion saat ini.
Seba.jpg

Foto: Dok. Sebastian Gunawan

Keindahan berbagai macam bahan dan motif rancangan Sebastian membuat siapapun yang melihatnya akan terpana. Penggunaan material seni sequins, feathers, beads dan sebagainya ditaruh tepat di atas bahan-bahan seperti crepe, tulle, taffeta dan jacquard menyempurnakan keseluruhan gaun rancangannya tersebut.

Selain itu dari tema yang diangkatnya, Sebastian Gunawan juga ‘memodernisasi’ pakaian-pakaian desainnya dengan menambahkan unsur-unsur kerah tinggi, crop top, crop jacket, serta mini dress. Pakaian rancangannya kali ini memiliki unsur siluet yang tampak bertumpuk-tumpuk, selimut berjuntai, berbahu terbuka, hingga berkilau. 
3/3 Didi Budiardjo Bedtime Stories 2022 Annual Show JOE_4483.JPG

Foto: Dok. Didi Budiardjo

Didi Budiardjo, salah satu desainer paling ternama di Indonesia kembali menggelar pagelaran busana koleksinya yang bertemakan ‘Bedtime Stories’, an array of dreams pada Rabu, 20 juli 2022 lalu di Hotel Mulia Senayan, Jakarta. Didi menyuguhkan 56 set koleksi rancangan pakaian menawan miliknya untuk dipamerkan pada peragaan busana bergengsinya itu. Koleksi dengan tema  ‘Bedtime Stories’ itu telah ia persiapkan dari sebelum pandemi, dimana dirinya ingin menciptakan pakaian ‘untuk segala aktifitas travel dalam mimpi’ yang penuh dengan kreatifitas dan tak terbatas!
didi.jpg

Foto: Dok. Didi Budiardjo

Pakaian-pakaian rancangan Didi kali ini sesuai dengan temanya terlihat amat anggun dan ‘dreamy’. Kebanyakan dari pakaian dalam koleksinya ini berupa dress yang akan membuat para penikmat fesyen merasa dimanjakan. Gaun rancangan Didi Budiardjo disini terdiri dari daywear, eveningwear, cocktail dress, dalam suasana pakaian bergaya androgyny dan juga ultra-feminine, didukung dengan bahan-bahan seperti velvet, chinoiserie, guipure, & jacquard serta tambahan ornamen beading, fringe, & diamante membuat rancangannya terlihat seperti ‘bercerita’ dan lebih dramatis!

“Pada prinsipnya semua wanita memiliki mimpi dan berbeda. Lewat koleksi ini, saya ingin menggarisbawahi diversity. Semoga yang saya tawarkan ini bisa menjawab setiap wanita yang memiliki kebutuhan berpakaian yang berbeda-beda,” Ucapnya. Hanya dengan melihat koleksi ini kamu akan merasa seperti sedang berada di negeri dongeng, potongan gaun, pemilihan warna, hingga detail dari rancangannya terlihat presisi dan amat sempurna.

Selain itu, Didi juga menggunakan bahan yang sustainable seperti deadstock fabric pada koleksinya kali ini, ia berharap melalui penggunaan bahan yang lebih berkelanjutan ini dapat membangkitkan dorongan terhadap gaya sustainable di ranah fesyen agar dapat mengurangi emisi karbon.

Taste and style are art, they are broad, so choose where you feel like you belong.