Ditengah pandemi Covid-19, pekan mode Paris Men’s Fashion Week, terpaksa dilakukan secara virtual. Namun hal tersebut tidak menyurutkan kreativitas para desainer dari rumah mode luxury ini untuk menunjukkan karya terbarunya. Mulai dari koleksi kolaborasi dengan seniman ternama hingga koleksi pakaian pria yang marak akan motif dan warna, berikut lima highlight dari Paris Men’s Fashion Week S/S 2021.

1/5 Hermès

Berbeda dengan brand mode lainnya, rumah mode asal Prancis Hermes menggunakan platform live streaming untuk pagelaran fashion-nya dalam perhelatan Paris Men’s Fashion Week. Merek mewah tersebut mempersembahkan koleksi pria terbarunya dalam sebuah pertunjukan langsung yang digelar Minggu (5/7) di Paris. Disebut Hors Champs (belakang layar), pertunjukan ini merupakan kolaborasi antara direktur artistik pakaian pria Hermes, Veronique Nichanian dan sutradara teater serta pembuat film, Cyril Teste. Dalam pagelaran tersebut, penonton diajak berkeliling ke belakang panggung saat pemotretan buku tampilan perusahaan, yang jarang terekspos publik. Koleksi pria teranyar ini menampilkan deretan pakaian pria kasual dan santai yang dibuat dari bahan kulit rusa, sutra, kulit kambing, kain poplin dan linen. Beberapa fashion items yang ditunjukan antara lain kemeja, celana panjang, t-shirt, jaket, turtle neck, sweater rajut dan beberapa aksesories seperti ikat pinggang, sepatu dan tas.
 
2/5 Berluti

Untuk koleksi musim semi 2021-nya, direktur kreatif Berluti, Kris Van Assche, berkolaborasi dengan seorang seniman keramik asal Amerika Serikat, Brian Rochefort. Memadukan gaya artistik khas Brian, koleksi pria teranyar ini terinspirasi dari gunung berapi dan fragmen kaca yang didominasi oleh warna-warna terang seperti kuning, biru, merah, hijau dan violet serta motif yang semarak. Van Assche juga mengambil inspirasi dari bakat visual alami yang dimiliki Rochefort untuk koleksi alas kakinya. Koleksi ini juga merilis berbagai item mode seperti celana panjang berpinggang elastis, aksesoris, tas bahu, t-shirt dan kacamata khas Berluti.
 
3/5 Louis Vuitton 

Untuk koleksi pria musim semi 2021, Virgil Abloh selaku direktur artistik pakaian pria dari rumah mode asal Prancis, Louis Vuitton, mempersembahkan konsep “The Adventures of Zoooom with Friends ” pada koleksi teranyarnya. Berbeda dengan peragaan busana yang tradisional, kali ini Virgil mensimulasikan perjalanan virtual untuk menyajikan koleksi barunya, “Message in a Bottle.” Mulai dari rumah leluhur Louis Vuitton di Asnières, film ini akan mengikuti para traveller yang mengemas kontainer pengiriman dan memuatnya ke sebuah kapal tongkang (barge) yang kemudian berlayar menyusuri Sungai Seine, melewati Paris. Koleksi bertema kasual ini menampilkan elastic-waist trousers, denim dan shearling jacket dalam warna pastel crayon rubbing monogram print, a down jacket, button-down, cigarette pants dan berets.
 
4/5 Rhude 

Koleksi pakaian Rhuigi Villaseñor, Rhude, dikatakan telah sukses secara komersial dengan berbagai selebriti papan atas yang memakai mereknya. Musim lalu, desainer berkebangsaan Filipina ini sukses membawa koleksinya ke panggung runway di Paris. Tahun ini menandakan kali keduanya di mana ia akan mempertunjukan koleksi pria musim semi 2021. Namun, di tengah pandemi Covid-19, perhelatan tersebut terpaksa dilakukan secara virtual. Hal ini juga memberikan inspirasi terhadap karyanya. Terinspirasi oleh kiasan Americana, koleksi bertajuk “The Audicity to Dream,” mempersembahkan berbagai pakaian ringkas yang didominasi oleh warna lembut. Perancang yang baru saja mendapatkan U.S citizenship ini juga mengambil inspirasi gaya tahun 50an ala James Dean, Steve McQueen dan Paul Newman. Koleksi bergaya American Style ini menampilkan corduroy varsity jacket dengan motif segitiganya yang khas, Loose shorts, leather trousers, cashmere pants dan sepatu loafers.
 
5/5 Dries Van Noten

Pada koleksi pakaian pria musim semi 2021 kali ini, rumah mode asal Belgia, Dries Van Noten, akan membawa penonton ke dalam dunia psikedelik. Dalam video yang kental akan nuansa trippy berdurasi satu menit dua puluh detik, Dries Van Noten, menunjukan koleksi teranyarnya pada model Jonas Glo öer dalam setelan oversized suit yang kasual.