Khusus untuk kamu yang gemar mengoleksi sepatu, atau lebih tepatnya sneakers. Mungkin kamu memiliki beberapa koleksi limited edition dari beberapa tipe sepatu seperti Nike Air Jordan, Nike Air Max, atau Adidas, jika kamu ingin memperluas koleksimu dan kamu menyukai sneakers yang limited bahkan langka, kamu harus mencoba lelang milik Sotheby’s ini yang sudah menarik banyak perhatian kolektor sneakers.

Lelang yang bernama “Stadium Goods: The Ultimate Sneaker Collection Online” ini merupakan kolaborasi antara toko sepatu yang sudah sangat terkenal dikalangan pencinta sneakers, Stadium Goods. Lelang ini terbatas hingga 23 Juli nanti dan akan ada banyak sepatu langka dan menghebohkan yang pernah diproduksi. Jika kamu tertarik, berikut ini lima sneakers yang harus kamu beli.

Nike Moon Shoe

nike-moon-shoe-sothebys-0001-bty-pair.jpgFoto: via. Sothebys

Sepatu ini merupakan sepatu pertama yang dibuat langsung dengan tangan dan didesain oleh co-founder dari Nike, Bill Bowerman. Bowerman terinspirasi untuk membuat sol yang memiliki pola waffle ini karena seterika milik istrinya yang kemudian menjadi inovasi terbesar pertama dari Nike sebagai sebuah brand. Nama “Moon Shoe” ini terinspirasi dari jejak yang ditinggalkan di bulan oleh para astronot di tahun 1969. Kebetulan, sepatu ini akan dilelang bersamaan dengan peringatan pendaratan para astronot di bulan yang ke-50. Sepatu ini merupakan satu-satunya sepatu yang tidak pernah dipakai dari 12 sepatu yang diproduksi, dan estimasi lelang dari sepatu ini dapat melebihi 100,000 AS. 

Nike Air Mag 2016

417744-001a-3.jpgFoto: via. Sothebys

Tidak mengejutkan jika sepatu ini masuk kedalam lelang, karena sepatu ini merupakan salah satu sepatu yang selalu dicari-cari oleh para kolektor sneakers. Pada tahun 2011, sneakers ini dirilis dengan total 1,500 pasang dan juga sempat dilelangkan, namun versi Air Mag tahun 2016 ini lebih langka dan berbeda. Hanya 89 pasang yang diproduksi, sneakers futuristik ini memiliki self-lacing system sama seperti adegan di dalam film Back to The Future Part II. Diperkirakan sneaker futuristik ini akan menyentuh harga 70,000 dollar AS.

Air Jordan 11 Jeter

351792-147-2.jpgFoto: via. Sothebys

Sneaker satu ini merupakan salah satu Jordan 11 terlangka yang pernah diproduksi, Jordan 11 edisi Jeter ini dibuat untuk mengingat pensiun pemain baseball terkenal, Derek Jeter pada tahun 2017 lalu. Sneaker yang memiliki warna navy dan putih ini terinspirasi dari jersey tim Jeter, yaitu New York Yankees bersamaan dengan angka 2 yang dijahit pada setiap tumit sepatu ini. Hanya lima sneakers yang diproduksi dan dirilis pada hari yang sama dengan upacara pensiun Jeter yang dijual secara acak. Sneaker langka ini diperkirakan akan mencapai harga 60,000 dollar AS.

Adidas x Pharrell x Chanel “Karl Lagerfeld” NMD HU

d98150-8.pngFoto: via. Sothebys

Sneakers dari Adidas ini dikenal menjadi salah satu sneakers paling langka. Sneakers dari kolaborasi antara Adidas, Pharrell, dan Chanel ini menjadi salah satu sneakers yang dicari-cari oleh kolektor sneakers. Sneaker ini dirilis dengan jumlah yang cukup terbatas pada Colette di Paris lalu. Namun, sneaker ini merupakan edisi dari “Karl Lagerfeld” dimana bagian atas sepatunya terdapat nama Karl. Ini merupakan sneaker satu-satunya yang ada, sneaker ini dibuat sebagai hadiah dari Pharrell untuk mendiang Karl. Sneaker ini diperkirakan akan mencapai harga 50,000 dollar AS.

Air Jordan 4 x Eminem x Carhartt

582314-879-2.jpgFoto: via. Sothebys

Sneaker satu ini merupakan sneaker legenda di dalam dunia sneakers. Salah satu sepatu yang juga dicari-cari oleh sebagian besar kolektor. Sneaker ini disebut-sebut sebagai “holy grail” karena kelangkaan dan indahnya sneaker ini. Pada awalnya, sneaker ini dirilis hanya untuk keluarga dan kerabat, kemudian dirilis sepuluh pasang lagi dimana hasil penjualan ini langsung didonasikan. Sepatu ini memiliki material yang premium dan terlebih lagi logo Eminem ‘E’ pada bagian belakangnya. Sneaker ini diperkirakan akan mencapai harga 30,000 dollar AS pada lelang nanti.

Baca juga: Kyrie Irving Akan Luncurkan Sepatu Edisi Spongebob Squarepants Hasil Kolaborasi Dengan Nike