Indonesia merupakan negara kedua penghasil plastik terbesar di dunia. Dan jaman sekarang, tidak sedikit masyarakat yang telah sadar akan betapa pentingnya untuk menjaga ekosistem alam dalam negeri, yaitu salah satunya dengan mengurangi penggunaan barang yang terbuat dari plastik.  Di Jakarta sendiri, terdapat beberapa brand yang telah menerapkan gaya zero waste yaitu dengan menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan. Yuk kita tengok apa saja produk-produk ramah lingkungan yang ada di Jakarta.

Naked Inc.

Naked Inc merupakan sebuah toko yang menjual banyak barang yang ramah lingkungan serta bahan makanan lokal, serta beberapa di antaranya adalah dari berbahan baku organik dan buatan tangan. Naked Inc. sendiri berlokasi di COMO Park Building, Kemang, Jakarta Selatan. Pengunjung biasanya datang dengan membawa wadah sendiri untuk dapat berbelanja disini. Namun, bagi mereka yang tidak membawa wadah atau kekerungan wadah, Naked Inc. menyediakan botol dan jar kosong. Disini juga pelanggan dapat mengisi wadah yang dapat digunakan kembali dengan produk ini  sesuai dengan kebutuhan mereka. Dan tentu nya setiap produk diberi harga berbeda sesuai volume pembelian.

Avani Eco

Avani Eco merupakan sebuah perusahaan berbasis sains yang memproduksi barang plastik sekali pakai. Barang tersebut dibuat dengan bahan yang dijamin 100% dapat diurai kembali. Menariknya, bahan baku yang digunakan berasal dari dalam negeri, yaitu seperti singkong, jagung dan juga tebu. Adapun bahan plastik ini dapat terurai selama kurang dari 90 hari, bahkan dapat larut dalam air hangat.  Hal ini bertujuan untuk mengganti plastik berbahan yang berbahan dasar petroleum dengan plastik yang berbahan alami. Perlu diketahui juga bahwa produk Avani Eco ini telah menerima sertifikasi dari Eropa dan Amerika sebagai produk kemasan yang ramah lingkungan.

Zero Waste

 zerowaste- whatsnewsindonesia.jpg

foto: Dok. What'sNewsIndonesia

Zero waste merupakan platform pertama di Indonesia, yang bertujuan untuk mengajak masyarakat agar dapat menerpakan gaya hidup  zero waste. Zero Waste ini menyediakan serta menjual produk ramah lingkungan seperti sedotan berbahan stainless

Haku

Tidak hanya pakaian, sepatu juga dapat diproduksi dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Haku merupakan salah satu brand yang memprodukasi alas kaki menggunakan bahan yang ramah lingkungan  dengan menggunakan proses yang bebas animal cruelty. Bahan-bahan yang digunakan oleh Haku adalah bahan yang menggantikan penggunaan kulit asli seperti vegan suede, vegan leather. Sehingga produknya sendiri disebutkan sebagai vegan shoes.

Osem

Osem merupakan merek fashion berkelanjutan yang hanya menggunakan warna alami yang dihasilkan dari tumbuhan Indigofera Tinctoria. Bahan kain yang digunakan juga berasal dari bahan yang menggunakan serat alami, seperti katun, linen, dan juga rami. Serta dirancang dengan perencanaan tanpa limbah. Selain itu meminimalkan limbah, Osem tidak menggunakan resleting dan kancing yang terbuat dari plastik. Karena menerapkan sistem less plastic, apabila ada terdapat sisa bahan kain, maka kain tersebut akan digunakan lagi untuk memproduksi barang yang lebih kecil.

Baca juga : 5 Cara Mudah Dan Kreatif Untuk Mendekorasi Meja Kerjamu 

Tags: Jakarta, Eco-Friendly, Products