Seiring perkembangannya, kini industri mode berkomitment untuk tidak menggunakan bulu (fur free) dalam setiap koleksi mereka. Namun hal tersebut masih menjadi pro dan kontra, pasalnya beberapa berpendapat bahwa bulu asli jauh dapat digunakan untuk waktu yang berkelanjutan karena penggunaan bahan bulu hewan asli dinilai mudah terurai. Bulu palsu juga dinilai sama-sama menjadi masalah karena pembuatannya yang sering menggunakan plastik daur ulang. Sekalipun begitu tidak dapat dipungkiri jika bebas bulu hewan menjadi suatu perubahan yang positif bagi lingkungan, terutama ketika pembeli menjadi sadar tentang pemilihan bahan pada pakaian yang dikenakan. Bebas bulu sendiri sudah mulai diterapkan, kini beberapa rumah mode ternama dunia mulai menghadirkan berbagai macam koleksi bebas bulu hewan demi menjaga kesejahteraan hewan dalam koleksi-koleksinya. Berikut ulasannya. 

 Prada

Menjadi salah satu rumah mode yang berkomitmen untuk tidak lagi menggunakan bahan dasar bulu pada koleksinya, Prada akan memperlihatkan perubahannya ini pada spring/summer 2020 mendatang. Sebelumnya rumah mode asal Italia ini diketahui menggunakan bulu kelinci dan rubah sebagai bahan dasar untuk beberapa koleksinya. Namun setelah munculnya pernyataan dari sang direktur kreatif Miuccia Prada untuk tidak lagi menggunakan bahan dasar bulu untuk turut menjaga kesejahteraan hewan.

 Burberry

Turut berkomitmen untuk bebas bulu, label mewah Burberry menampilkannya pada debut koleksi Riccardo Tisci sebagai direktur terbaru Burberry pada 2018 lalu. Mengurangi penggunaan bulu hewan secara perlahan, sang direktur kreatif mencoba meyakinkan masyarakat dengan unggahan di sosial media yang menyatakan perubahan tersebut sebagai era baru bagi label asal Inggris tersebut.

 Chanel

Melalui pengumuman yang dirilis oleh People for Ethical Treatment of Animals (PETA), Chanel secara resmi meninggalkan penggunaan kulit dan bulu hewan pada koleksinya. Mengikuti gerakan label-label lainya yang sudah terlebih dahulu bebas bulu, rumah mode asal Perancis itu berkomitmen untuk tidak lagi meluncurkan koleksi baju dan aksesoris dengan menggunakan kulit buaya atau ular lagi.

 Versace

Sebagai direktur kreatif, Donatela Versace mengungkapkan pada 1843 Magazine bahwa dirinya akan menghentikan penggunaan bulu pada tahun ini, hal tersebut diungkapkannya pada 2017 lalu dengan mengatakan  ''Bulu? Aku tidak mengerti. Aku tidak ingin membunuh hewan untuk membuat busana. Itu tidak terasa benar.'' Sebelumnya rumah mode yang kental dengan nuansa glamor ini memiliki sejarah yang cukup panjang dengan bulu, sempat menggunakan bulu racoon dog dan mink selama bertahun-tahun, kini Versace berkomitmen dengan menghentikan penggunaan bulu pada koleksinya.

 Maison Margiela

Pertemuan yang terjadi antara direktur kreatif Masion Margiela John Galliano dengan PETA, membuat label mewah asal Perancis tersebut turut masuk kedalam deretan label mode high end yang berkomitmen untuk menghentikan penggunaan bulu pada koleksinya.

 Victoria Beckham

Label mewah milik istri dari mantan pesepakbola legendaris David Beckham, turut bergabung untuk menghentikan penggunaan kulit eksotis dalam koleksinya. Victoria Beckham menghentikan penggunaan kulit eksotis pada AW19. Label milik Victoria beckham diketahui memang tidak pernah menggunakan bulu dalam koleksi pakaian maupun aksesorisnya hal tersebut sudah dikonfirmasi oleh sang desainer dan berlaku untuk seterusnya.

 Tommy Hilfiger

Tommy Hilifiger, label ternama dunia ini sebagian besar menggunakan bulu pada bagian kerah pakaiannya. Namun setelah pertemuannya dengan PETA, mereka mengumumkan bahwa tidak akan ada lagi produksi selanjutnya untuk penggunaan bahan bulu pada koleksinya. Mengingat pada 2007 silam banyak label mewah yang beralih dan tidak lagi menggunakan bulu ataupun kulit hewan.

 Giorgino Armani

Mulai mengehentikan penggunaan bulu pada koleksi Fall 2016 setelah kerjasamanya dengan Humane Society of the United States, Giorgino Armani dan tujuh label lainnya dibawah Armani Group seperti Giorgio Armani Privé, Armani Collezioni, Emporio Armani (termasuk EA7), Armani Jeans, Armani Junior dan Armani Exchange berkomitmen untuk tidak lagi memproduksi potongan pakaian yang mengunakan bahan dasar bulu dan kulit.

Baca Juga: Label Mewah Dunia, Chanel Dan Fendi Gelar Acara Untuk Menghormati Sang Desainer Karl Lagerfeld

Tags: High End, Fur Free, Label Mewah, PETA